12 Tips Penting dan Aman Bagi Cewek Yang Ingin Traveling Sendiri

0
2518
Sumber: herpackinglist.com

Jakarta, Tamasya – Istilah solo traveling atau traveling seorang diri memang tengah populer belakangan ini. Alih-alih mengajak teman dalam perjalanan, belakangan ini banyak orang yang memilih untuk melakukan perjalanan seorang diri alias solo traveler.
Meskipun traveling beramai-ramai memang terlihat lebih asyik dan menyenangkan, beberapa orang justru memilih untuk melakukan perjalanan seorang diri meskipun jarak yang mereka tempuh terbilang cukup jauh dan memakan waktu berhari-hari.

Fenomena solo traveller tak hanya dilakukan oleh kaum pria saja loh. Ternyata banyak juga kaum hawa yang punya keberanian lebih, untuk melakukan solo traveling ini. Memang bagi sebagian perempuan melakukan solo traveling terbilang penuh resiko dan juga bahaya. Perempuan lebih rawan jadi korban kejahatan dan juga kekerasan. Apalagi jika ia melakukan perjalanan di kota dan negara asing, yang terkenal kurang ramah pada wisatawan wanita. Meskipun begitu, bukan berarti perempuan tidak punya kesempatan untuk melakukan solo traveling bahkan hingga keliling dunia.

Bahkan banyak perempuan yang sukses melakukan perjalanan seorang diri keliling dunia, dengan selamat dan juga tanpa halangan yang berarti. Nah jika kamu punya keinginan untuk melakukan solo traveling alias jalan-jalan seorang diri, ada 12 tips aman bagi wanita yang ingin jadi solo traveler seperti dikutip dari adventurouskate.com.

Kenali dulu destinasi yang kamu tuju

Sumber: flipkey.com

Pertama sebelum memutuskan untuk melakukan solo traveling, sebaiknya kamu mengenali dahulu destinasi yang bakal kamu tuju ini. Lakukan research dan kumpulkan info mengenai tempat-tempat yang bakal kamu tuju nantinya. Kenali mengenai keadaan alam, kultur budaya dan juga masyarakatnya.

Carilah info apakah negara atau tempat tersebut, cukup ramah pada wisatawan perempuan. Jika tidak, sebaiknya kamu urungkan diri untuk pergi ke tempat tersebut. Namun jika kamu nekat ingin pergi ke sana, ketahui bagaimana meminta pertolongan dari penduduk lokal jika suatu masalah terjadi pada kamu nantinya.

Cari info selengkap-lengkapnya, sebagai bekal informasi bermanfaat saat kamu melakukan perjalanan seorang diri nantinya. Cari informasi mengenai penginapan, tempat wisata dan juga jalur transportasi aman yang bisa kamu lalui nantinya.

Jangan gunakan perhiasan berlebihan atau mencolok

Sebagian perempuan memang tak bisa lepas dari yang namanya perhiasan bling bling dan berkilau. Tapi sebaiknya lepaskan dan tinggal dirumah saja semua perhiasan yang kamu kenakan, saat memutuskan untuk melakukan solo traveling ini. Perhiasan yang kamu pakai akan mengundnag orang untuk berbuat jahat nantinya. Apalagi perempuan memang tekesan lemah dan juga tak akan melawan saat harta bendanya dirampas.

Bawa barang seperlunya, dan jangan tinggalkan bawaan kamu sembarangan

Perempuan dikenal lebih ribet saat berpergian. Banyak benda yang harus dibawa masuk ke dalam koper atau ranselnya. Namun untuk kamu yang memutuskan menjadi solo traveler, sebaiknya pilih saja barang penting yang akan bermanfaat nantinya. Tinggalkan peralatan make up atau sepatu high heels kamu di rumah.

Kamu masih bisa membawa make up, tapi seperlunya saja dan sesuaikan dengan tempat yang jadi tujuan kamu nantinya. Selain itu, jangan ceroboh dan pastikan barang-barang kamu bawa selalu dekat denganmu. Saat ini, banyak traveler yang membawa smartphone, kamera DSLR, tripod dan bahkan laptop yang tak bisa dibilang murah haragnya. Hal itu cukup dimengerti, sebab siapa saja ingin mengabadikan perjalanan mereka. Karena itulah jika kamu membawa peralatan tersebut, pastikan barang-barang yang kamu bawa ini tidak diletakkan sembarangan dan lepas dari pengawasan kamu.

Selain itu pastikan dokumen penting seperti passport dan kartu identitas, dimasukkan dalam tas yang tak pernah lepas dari tubuh kamu. Selain itu, kamu juga bisa menyimpan passport atau dokumen penting dalam bentuk file di smartphone. Artinya jika kemungkinann terburuk surat-suratmu itu hilang, maka kamu masih punya copy file yang bisa digunakan dalam keadaan darurat.

Lakukan penarikan uang secukupnya

Berbekal ATM berlogo MasterCard, tentu saja kamu bisa melakukan penarikan uang dimana saja di berbagai belahan dunia ini. Namun sebaiknya, lakukan penarikan uang secukupnya saja. Jangan berlebihan menyimpan uang tunai, karena bisa jadi ini akan mengundang orang untuk berbuat jahat padamu. Selain itu jangan masukan semua uang tunai dalam dompet kamu. Pisahkan uang tunai di berberapa bagian dalam ransel sehingga jika dompetmu dicopet, maka kamu masih punya cadangan uang yang bisa digunakan nantinya.

Jangan mudah percaya pada orang asing yang baru kamu kenal

Memang benar biasanya para traveler yang melakukan perjalanan seorang diri, akan dekat dengan rekan senasib yang mereka temui dalam perjalanan. Meskipun merasakan nasib yang sama, bukan berarti kamu bisa percaya begitu saja dengan orang asing yang baru dikenal.

Dewasa ini banyak orang jahat yang berpura-pura menjadi traverel, untuk merampok atau mengambil barang berharga milik wisatawan. Jangan sekali-kali kamu membagi informasi pribadi atau menitipkan barang-barang kamu, pada orang yang baru dikenal. Bukanya bermaksud tidak sopan, namun sebagai wanita kamu memang perlu lebih berhati-hati pada orang asing yang baru dikenal.

Perhatikan makanan dan minuman yang kamu konsumsi

Ada dua alasan mengapa kamu perlu memperhatikan makanan dan minuman yang kamu konsumsi selama perjalanan. Pertama makanan dan minuman yang kamu konsumsi di perjalanan, tentu tidak bsia terjamin kebersihanya. Karena itu pilihlah makanan dan minuman yang memiliki kemasan yang masih sempurna dan juga rapat. Jika ingin icip-icip street food, maka pastikan lambungmu kuat atau kamu tidak memiliki alergi pada makananan dan minuman yang kamu coba.

Alasan kedua sebagai wnaita, kamu rawan jadi korban kejahatan seksual. Bukanya tak mungkin ada pria iseng yang memasukan semacam obat, pada makanan dan minuman yang kamu konsumsi. Karena itu seperti poin sebelumnya, jangan mudah percaya pada orang asing apalagi menerima makanan dan minuman yang diberikan oleh mereka. Jangan minum alkohol jika kamu tidak biasa mengkonsumsinya. Saat diajak makan atau minum bersama teman seperjalananmu, pastikan kamu memilih sendiri makanan atau minuman yang akan kamu santap nantinya.

Perhatikan pakaian yang kamu kenakan

Di beberapa negara barat sana, wanita yang memakai pakaian terbuka memang hal biasa dan wajar-wajar saja. Namun hal itu tidak berlaku jika kamu melakukan perjalanan di beberapa negara di Asia. Pakaian sopan yang tidak terlalu terbuka, wajib untuk kamu kenakan. Apalagi jika kamu melakukan perjalanan di negara yang mayoritas adalah Muslim, maka mengenakan pakaian tertutup wajib untuk kamu pakai. Selain untuk menghormati budaya lokal, mengenakan pakaian yang tertutup akan membuat kamu lebih aman dari ancaman kejahatan dan kekerasan seksual.

Sebisa mungkin, berbaurlah dengan penduduk sekitar

Ungkapan Íždimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung menjadi salah satu kunci agar solo traveling kamu lebih nyaman dan juga menyenangkan. Artinya kamu wajib untuk menghormati dan mengikuti adat serta kebiasaan tempat yang kamu tuju saat traveling ini.

Sebisa mungkin berbaurlah dengan penduduk sekitar, dan belajar sedikit-sedikit mengenai budaya mereka. Bersikap ramah dan santun dengan penduduk lokal, akan membuat kamu lebih diterima oleh masyarakat sekitar. Selain itu penduduk lokal tak akan sungkan untuk menolong kamu, jika sesuatu atau hal buruk terjadi selam perjalanan.

Bersikaplah percaya diri

Apa yang membuat seorang wanita rawan menjadi korban kejahatan? Ya karena wanita tersebut menunjukkan sisi lemah dalam diri mereka sendiri. Karena itulah selama perjalanan, sebaikanya tunjukkan sikap percaya diri dan juga berani dari diri kamu. Dalam perjalanan, angkat kepalamu dan tegakan bahumu.

Berjalanlah dengan mantap namun santai, seolah kamu tahu lokasi mana yang bakal kamu tuju nantinya. Jangan hiraukan jika ada orang yang menggodamu di jalanan, namun jangan pula bersikap kasar pada mereka. Jika tersesat, jangan tunjukkan wajah panik atau ketakutan.

Tetaplah bersikap tenang, dan jangan sembarangan menerima bantuan dari orang asing. Kamu bisa menyingkir sementara dalam kafe pinggir jalan untuk membaca peta yang kamu bawa. Kamu juga harus menayakan alamat pada orang yang dapat dipercaya seperti polisi atau petugas keamanan.

Jangan lupa kabari orang terdekat mengenai keberadaanmu

Sebagian orang memilih untuk melakukan perjalanan sendirian, karena ingin menenangkan diri mereka dari suatu masalah. Misalnya kamu baru putus dari cowokmu, maka kamu memutuskan untuk jalan-jalan sendiri ke Bali untuk menenangkan diri.

Meskipun begitu bukan berati kamu memutus dirimu dengan orang-orang disekitarmu. Memutuskan komunikasi sama sekali saat kamu traveling seorang diri bukanlah hal yang bijak. Setidaknya, selalu kabari keluarga atau teman dekatmu mengenai keberadaanmu saat ini. Beri tahu mereka mengenai lokasimu saat ini.

Hal ini penting sebab seandainya terjadi hal buruk misalnya bencana, orang terdekatmu bisa tahu dimana keberadaanmu dan mereka tidak was-was untuk menanti kabar dari kamu.

Asuransi perjalanan itu penting

Sumber: upgradedpoints.com

Sebelum memutuskan untuk melakukan perjalanan seorang diri, sebaiknya pilihlah asuransi perjalanan yang terpercaya dan juga tepat. Apalagi jika kamu melakukan perjalanan ke tempat yang terbilang rawan dan juga ekstrem. Asuransi perjalanan itu penting untuk melindungi kamu nantinya.

Misalnya jika koper atau barang yang kamu bawa hilang, maka kamu tak merasa terlalu merugi sebab kehilangan telah ditanggung oleh perusahaan asuransi yang kamu pilih. Atau jika kemungkinan terburuk kamu mengalami luka parah hingga meninggal dunia, maka perusahaan asuransi akan membantu keluarga dan ahli waris untuk membawa jenazahmu kembali ke rumah.

Kini banyak sekali perusahaan yang menawarakan asuransi bagi mereka yang melakukan perjalanan keliling dunia. Pilihlah perusahaan asuransi yang terpercaya dan juga memiliki reputasi bagus. Baca setiap detail perjanjian, sebelum kamu menanda tangani polis asuransi perjalanan tersebut.

Selalu simpan nomor darurat untuk dihubungi

Terakhir jangan lupa untuk menyimpan nomor-nomor penting, jika hal buruk terjadi pada kamu selama dalam perjalanan ini. Jika melakukan traveling ke luar negri, nomor kedutaan atau Konjen Indonesia di negara tujuan wajib untuk kamu simpan. Pihak Konsulat Jendral akan melakukan pendampingan, jika ada wisatawan Indonesia yang mengalami masalah di suatu negara asing yang masih punya hubungan diplomatik dengan negara ini. Selain itu nomor-nomor darurat seperti kepolisian dan juga rumah sakit wajib pula untuk kamu miliki. Kamu bisa menagkses nomor-nomor penting tersebut dengan mencarinya di internet.

1084

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here