20 Tips Bermanfaat Buat Kamu yang Baru Pertama Kali Traveling ke Luar Negeri

0
181
Sumber: aviationcv.com

Siapa sih yang tidak ingin jalan-jalan atau traveling ke luar negeri? Meskipun negeri kita ini memiliki ribuan destinasi wisata yang indah dan mempesona, namun tentu saja keinginan untuk bisa traveling ke luar negeri ada di benak setiap orang. Apalagi ada beberapa hal di luar negeri yang jarang atau nyaris tak bisa kita jumpai di negeri ini. Seperti fenomena melihat salju misalnya. Sebagai negara tropis, mustahil memang untuk melihat salju di Indonesia kecuali jika kita melakukan pendakian ke puncak Jaya, Irian Jaya. Karena itulah perjalanan melihat salju, menjadi impian banyak orang yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia.

Alasan lain melakukan tarveling ke luar negeri, kadang kala berhubungan dengan nilai spriritual juga. Sebagai contoh, umat Muslim akan melakukan umroh dan perjalanan haji ke Mekkah Al Mukaromah. Atau umat Nasrani yang melakukan perjalanan religi ke Bethlehem atau Vatikan, sebagai tempat suci untuk agama mereka. Biasanya selain beribadah, perjalanan ini juga disertai kegiatan wisata dan jalan-jalan mengasyikan bagi mereka yang menjalaninya.

Selain mengasyikan, perjalanan keluar negeri juga membuat banyak orang menjadi tegang dan juga gugup. Apalagi jika ini adalalah kali pertama Anda melakukan perjalanan ke luar negeri. Perasan tegang, was-was, takut dan tak tahu apa yang dilakukan saat sampai di negara tujuan tak jarang dirasakan oleh mereka yang baru pertama kali melakukan perjalanan internasional ini. Nah jika Anda baru pertama kali melakukan traveling ke luar negeri, 20 tips perjalanan internasional seperti dikutip dari travelzoo.com ini akan sangat bermanfaat untuk Anda.

Pastikan Anda dalam keadaan yang fit dan prima saat melakukan perjalanan

Periksa kesehatan dan dapatkan vaksin, untuk mencegah Anda tertural virus atau penyakit saat sedang traveling ke negara asing. Jika Anda memiliki penyakit bawaan, jangan lupa membawa obat secukupnya untuk perjalanan Anda ini.

Bawa foto copy passport, kartu identitas dan dokumen penting lainnya

Sumber: cruiseable.com

Passport menjadi dokumen penting bagi Anda yang melakukan perjalanan ke luar negeri. Karena itulah jangan lupa untuk membawa foto copy passport dan surat-surat penting lainnya. Kemungkinan terburuknya jika passport Andah hilang atau dicuri, maka Anda masih memiliki copy yang akan membantu proses imigrasi berjalan lancar dan tanpa hambatan.

Tinggalkan juga foto copy passport Anda di rumah

Selain dibawa traveling, Anda juga sebaiknya meninggalkan foto copy pasport di rumah atau ditangan orang yang Anda percayai. Hal ini bermanfaat untuk menjadi cadangan jika passport asli atau fotocopy milik Anda hilang saat traveling. Selain hard copy, Anda juga bisa menyimpan copy pasport dan dokumen penting ini dlalam betuk file yang bisa disimpan di email atau Dropbox smartphone Anda.

Beritahu kedutaan mengenai kepergian Anda

Tak ada salahnya untuk menjalin komunikasi dengan kedutaan tentang perjalanan Anda ini keluar negeri. Hal ini akan bermanfaat untuk membantu Anda, jika negara yang dituju ternyata mengalami konflik atau bencana.

Perhatikan nilai tukar uang di negara tujuan

Sebelum berangkat traveling ke luar negeri, sebaiknya Anda mengetahui mengenai nilai tukar mata uang di negara tujuan. Informasi mengenai nilai tukar bisa dengan mudah Anda temui di Internet. Hal in penting sebab setiap negara, tentu punya nilai tukar mata uang yang berbeda dengan negara kita.

Pastikan kartu kredit atau ATM Anda berfungsi di luar negeri

Untuk mencegah Anda membawa banyak uang tunai saat traveling ke luar negeri, kartu keredit dan ATM bisa untuk digunakan. Namun pastikan kartu kredit dan ATM Anda bisa digunakan di luar negeri atau di negara tujuan. Anda bisa mendatangi Bank langganan terlebih dahulu, untuk memastikan apakah kartu kredit dan ATM bisa digunakan secara internasional.

Pilih bank atau ATM untuk menarik uang tunai

Saat sedang di luar negeri, Anda tentu wajib untuk menggunakan mata uang setempat. Namun disarankan untuk memilih ATM atau bank saja untuk melakukan penarikan tunai, sebab jika memilih money changer; Anda akan dikenakan sejumlah potongan yang bisa jadi memberatkan diri Anda sendiri.

Siapkan uang cash lokal

Saat traveling ke luar negeri, Anda wajib memiliki sejumlah uang cash atau tunai lokal untuk bertransaksi di sana. Ini karena tidak semua tempat menerima pembayaran dengan kartu kredit. Karena itulah untuk berjaga-jaga, jangan lupa memiliki sejumlah uang tunai untuk keperluan Anda selama berada di negara tujuan.

Hubungi bank Anda sebelum traveling ke luar negeri

Beberapa bank akan menduga terjadi kecurangan jika mendadak Anda melakukan sebuah transaksi di luar negeri. Karena itulah untuk menghindari masalah dan kesalah pahaman, tak ada salahnya untuk menghubungi bank langganan agar transkasi yang terjadinya nantinya tetap ilegal dan tanpa hambatan.

Ketahui apakah negara tujuan menerapkan pajak masuk atau tidak

Sebagian negara di dunia ini menerapkan bea pajak masuk untuk wisatawan yang datang berkunjung. Nilainya pun bervariasi tergantung kebijakan negara itu sendiri. Karena itulah cari informasi apakah negara yang Anda kunjungi ini menerapkan pajak masuk atau tidak, sehingga budgetnya bisa Anda sesuaikan sebelum berangkat.

Reservasi tiket jauh-jauh hari

Tak ada salahnya bagi Anda untuk reservasi tiket jauh-jauh hari sebelum berangkat. Ini untuk menghindari Anda kehabisan tiket jika booking secara mendadak beberapa hari sebelum keberangkatan. Apalagi jika musim liburan tiba, maka tak jarang tiket penerbangan ke luar negeri pun akan habis terjual. Jika Anda tak mau ribet mengantri, kini banyak sekali aplikasi yang menawarkan kemudahan untuk booking tiket bahkan hotel untuk kenyamanan traveling Anda ke luar negeri.

Miliki juga buku panduang perjalanan

Untuk yang baru pertama kali jalan-jalan ke luar negeri, memiliki buku panduan perjalanan adalah wajib hukumnya. Buku panduan ini juga dilengkapi dengan peta yang akan memudahkan Anda untuk menjelajah. Buku panduan juga akan memberikan informasi mendetail, tentang negara yang Anda kunjungi ini. Selain itu, download pula aplikasi yang bermanfaat untuk traveling, seperti aplikasi penerjemah untuk memudahkan komunikasi dengan penduduk lokal.

Cari informasi mengenai event seru di negara tujuan

Untuk yang baru pertama kali ke luar negeri, jangan sampai melewatkan event-event seru di negara yang Anda kunjungi ini. Cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai event seru yang bisa Anda kunjungi baik secara gratis atau berbayar, saat Anda tengah travelling di negara tujuan ini.

Jangan lupa perlengkapan komunikasi dan elektronik Anda

Tentu Anda tak ingin bukan laptop dan smartphone mati saat sedang traveling ke luar negeri? Mungkin bisa membeli charger atau earphone di negara tujuan, tapi tentu harganya tak akan murah. Karena itulah jangan lupa bawa peralatan dan perlengkapan komunikasi serta gadget Anda saat sedang traveling ini.

Pastikan gadget yang Anda bawa bisa digunakan di luar negeri

Beberapa orang membagi pengalaman mereka, saat barang elektronik tak bisa di-charger sebab penginapan di negara tujuan memiliki daya listrik yang terlalu rendah . Karena itu, pastikan gadget yang Anda bawa punya adapter sehingga tetap bisa digunakan dan dicas saat traveling.

Pastikan juga gadget Anda bisa dipakai di luar negeri

Anda harus mematsikan smartphone yang Anda miliki bisa digunakan atau diaktifkan ke luar negeri. Karena itulah Anda bisa memilih kartu dari provider lokal, atau menggunakan jaringan WiFi untuk tetap membuat smartphone Anda bisa digunakan di negara tujuan. Namun kini banyak pula provider dari Indonesia yang kartunya bisa tetap diaktifkan di luar negeri, tentu dengan biaya yang lebih mahal daripada ketika Anda menggunakanya saat sedang berada di dalam negeri.

Download aplikasi traveling yang bermanfaat

Sumber: slashgear.com

Kini banyak sekali aplikasi yang membantu Anda saat melakukan traveling ke luar negeri. Mulai dari aplikasi booking tiket, kamar hotel, terjemahan dan banyak hal lain ditawarkan oleh aplikasi perjalanan ini. Pilih salah satu dengan review terbaik, agar Anda bisa nyaman menggunakannya saat traveling secara internasional.

Bawa barang seperlunya

Untuk yang baru pertama traveling ke luar negeri, mungkin bingung dengan barang-barang apa yang musti Anda bawa dan siapkan. Prinsipnya, sebaiknya Anda membawa barang seperlunya saja untuk menghindari pembengkakan pembayaran cargo di pesawat. Selain itu barang yang simple akan memudahkan Anda untuk mengawasinya. Anda juga harus menyiapkan pakaian sesuai dengan negara tujuan. Misalnya mantel dan jaket tebal saat liburan ke Eropa, atau baju yang nyaman dan mudah menyerap keringat saat Anda traveling ke negara beriklim tropis.

Sesuaikan barang yang Anda bawa dengan biaya cargo di pesawat

Setiap maskapai penerbangan punya kebijakan berbeda-beada mengenai biaya cargo yang dibawa penumpang. Ada yang menggratiskan hingga 20 kg, namun ada juga yang kurang dari itu cargo dipungut biaya per-kilonya. Karena itulah jika Anda tak mau kehilangan banyak uang saat pertama traveling ke luar negeri, usahakan untuk tak membawa barang atau oleh-oleh yang berlebihan. Cari tahu pula berapa bea cargo dari maskapai penerbangan yang Anda pilih, agar budget bisa diatur dan juga disesuaikan.

Bawa bekal makanan secukupnya

Anda pernah melihat calon jemaah haji membawa banyak lauk pauk kering sebelum terbang ke Mekkah atau Madinah? Ya orang Indonesia memang dikenal dengan lidah mereka yang terbiasa dengan hidangan dengan rempah-rempah yang kuat. Karena itulah tak ada salahnya saat traveling, Anda bisa membawa bahan makanan untuk menghindari ketidak cocokan kuliner di negara tujuan dengan lidah Anda. Makanan yang dimasak kering seperti rendang, abon atau sambal goreng; bisa dibawa untuk bekal perjalanan ke luar negeri. Namun ingat jangan berlebihan sebab nantinya akan membuat bengkak biaya cargo barang bawaan Anda di pesawat.

Bagaimana sudah siap melakukan perjalanan ke luar negeri untuk pertama kali, setelah mengetahui dan membaca 20 tips tersebut di atas? Jangan khawatir Anda bisa mendapatkan banyak informasi bermanfaat mengenai negara yang baru Anda kunjungi ini di internet. Namun jika Anda masih ragu untuk jalan-jalan ke luar negeri untuk pertama kali, Anda bsia mengajak teman atau kerabat yang sudah pernah traveling sebelumnya untuk menbuat Anda merasa nyaman saat menjelajah di negara tujuan.

158

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here