Tips  Aman Membawa Kamera DSLR Saat Traveling

0
688
Sumber: home.bt.com

Sebagai salah satu perlengkapan fotografi, kamera memang tak bisa begitu saja dipisahkan dari aktivitas traveling Anda. Meskipun saat ini sudah banyak sekali ponsel canggih dengan kualitas kamera yang luar biasa, namun tetap saja yang namanya kamera apalagi jenis DSLR tetap menjadi alat yang tak bisa dipisahkan dari aktivitas traveling. Bahkan banyak orang yang membawa tak hanya satu jenis kamera saja ketika traveling. Selain membawa ponsel dengan resolusi kamera yang sangat memadai, mereka juga masih membawa pocket kamera dan juga DSLR kamera. Apalagi jika Anda adalah traveller yang suka mengabadikan hal unik atau pemadangan indah selama traveling. Kamera handphone apapaun yang canggih dengan resolusi memukau, sepertinya tak cukup memuaskan untuk mengabadikan moment-moment spesial saat traveling ini. Karena itulah jenis kamera DSLR wajib dibawa oleh Anda yang memang menggemari atau menggeluti bisnis di bidang travel fotografi ini.

Kamera berjenis DSLR atau digital single-lens reflex camera harganya memang tidak semurah kamera saku pada umumnya. Meskipun begitu, kualitas gambar yang dihasilkan memang tak pernah mengecewakan orang yang menggunakannya. Karena itulah kamera DSLR ini wajib dibawa jika Anda melakukan traveling atau berwisata ke suatu tempat tertentu. Pemandangan alam yang indah, festival-festival seru, keragaman budaya masyarakat dan masih banyak hal unik yang menarik yang akan semakin mantap jika diabadikan menggunakan kamera DSLR ini. Tak heran untuk sebagian orang, kamera DSLR jadi gadget wajib yang harus dibawa saat traveling. Namun ternyata membawa kamera DSLR ini tak semudah seperti membawa kamera kecil pada umumnya. Ukurannya yang terbilang besar, mau tak mau memang akan menambah bobot barang bawaan Anda.

Tak hanya itu, harga kamera jenis ini yang cukup mahal membuatnya jadi incaran orang jahat. Maling atau bahkan penodong, acapkali mengincar traveller yang kedapatan membawa kamera DSLR ini. Karena itulah kamera jenis ini wajib untuk dimasukkan dalam tas yang tak terpisah dari tubuh Anda. Bukan hanya itu saja kerepotan yang harus dihadapi saat membawa kamera DSLR ketika traveling. Seperti gadget lain pada umumnya, kamera DSLR pun mungkin akan rusak, tergores atau bahkan hancur jika tak dipacking dengan baik ketika traveling. Hal inilah yang membuat banyak traveller merasa bingung bagaimana cara membawa kamera DSLR ini ketika dalam perjalanan.

Meskipun cukup beresiko, bukannya tak mungkin Anda tetap membawa kamera DSLR ini ketika traveling. Ada beberapa tips yang mungkin bisa dicoba untuk menjaga kamera DSLR Anda ini aman saat dibawa traveling. Apa saja itu?

Gunakan tas khusus untuk gadget

Sumber: hexbrand.com

Sebelum traveling, ada baiknya Anda membeli tas khusus yang bisa digunakan untuk traveling. Tas jenis ini cocok sekali untuk membawa gadget seperti kamera, laptop atau tablet ketika traveling. Model tas yang tebal dan kuat, menjadikannya tak mudah robek ketika diisi oleh kamera DSLR Anda beserta dengan akseorisnya. Pastikan tas yang Anda beli ini memiliki pelindung yang cukup tebal seperti bantalan, yang akan menjaga kamera dari benturan dan juga goresan.

Bantalan tebal ini juga bermanfaat untuk melindungi body kamera, lensa, filter, dan masih banyak lagi perlengkapan DSLR Anda ini. Selain itu, pastikan tas yang Anda beli ini waterproof alias anti air. Apalagi untuk Anda yang sering traveling, tas waterproof sangat penting untuk melindungi kamera ini dari air hujan yang bisa saja turun sewaktu-waktu tanpa diduga. Harga tas jenis ini memang terbilang lebih mahal, namun hal ini setara dengan perlindungan yang akan diberikan untuk gadget Anda ini.

Sebelum dimasukkan dalam tas, bungkus kamera dengan bubble wrap

Untuk perlindungan ekstra, jangan lupa bungkus kamera DSLR Anda beserta dengan aksesoris lainnya dengan menggunakan plastik bubble wrap. Plastik gelembung ini memang sering digunakan untuk membungkus barang elektronik, karena mampu menjaga dari benturan dan juga goresan. Plastik jenis ini mudah dibeli di toko-toko plastik di kota Anda, atau dibeli melalui online shop. Saat traveling, bungkus kamera, lensa, filter dan aksesoris lainnya dengan bubble wrap dengan rapat. Kemudian masukkan ke dalam tas khusus yang digunakan untuk menyimpan gadget ini ketika traveling.

Jangan packing kamera secara sekaligus

Beda dengan kamera saku yang kecil dan mudah dimasukkan ke dalam tas atau bahkan kantong, kamera DSLR punya ukuran cukup besar dan terdiri dari beberapa bagian. Karena itulah sebelum traveling, sangat dianjurkan untuk melepaskan bagian-bagian kamera tersebut sebelum dibungkus bubble wrap dan dimasukkanya ke dalam tas. Jangan sekali-kali memasukkan kamera begitu saja, tanpa melepaskan bagian-bagian yang ada di dalamnya sebelum traveling.

Tutupi logo kamera Anda

Bukan hal aneh jika maling atau rampok, mengincar traveler dengan kamera DSLR karena harganya yang memang cukup mahal. Bahkan jika Anda traveling ke luar negeri, ada maling yang hanya mengkhusukan target mereka pada jenis kamera DSLR tertentu saja. Jenis Nikon atau Cannon menjadi yang difavoritkan untuk dicuri karena harganya relatif lebih mahal daripada kamera biasa pada umumnya. Karena itulah untuk mengecoh maling atau pencuri yang mengincar kamera Anda selama traveling, tutupi logo pada kamera Anda dengan lakban berwarna hitam. Hal ini akan membuat pencuri mengira Anda menggunakan kamera DSLR murah yang kurang terkenal. Meskipun begitu, cara ini punya kekurangan yakni lakban yang digunakan akan berbekas pada kamera Anda.

Gunakan filter lensa

Jika Anda punya rencana untuk melakukan pemotretan di luar ruangan saat traveling, maka ada baiknya membawa filter lensa untuk kamera DSLR Anda ini. Saat traveling, mungkin Anda akan mengunjungi tempat-tempat seperti pegunungan atau daerah pantai dan laut. Filter lensa ini sangat bermanfaat untuk melindungi kamera Anda dari angin, air, debu, ataupun air hujan. Filter ini bermanfaat untuk melindungi lensa Anda dari goresan yang akan merusak dan mempengaruhi kualitas gambar yang dihasilkan.

Hati-hati dengan tali gantungan kamera Anda

Kamera DSLR memang dilengkapi dengan tali atau strap yang bisa digantungkan di leher Anda. Mengantungkan kamera di leher memang terasa lebih praktis, dan akan mengurangi beban tas bawaan Anda. Namun tahukah Anda bahwa jika lengah, maka strap kamera ini bisa jadi sangat berhaya untuk Anda? Banyak kisah traveller yang terluka lahernya, lantaran orang jahat menggunakan pisau untuk memotong tali kamera dan membawa kabur gadget Anda ini.

Jika tak ingin hal mengerikan itu terjadi, Anda bisa membalikkan tali kamera ini dengan logo yang biasanya tampak di bagian depan kini berada di belakang. Atau jika Anda uang lebih, Anda bisa menggunakan strap kamera berwarna hitam polos saja. Jika masih merasa was-was, kini ada strap dengan rantai kecil di dalamnya yang tak akan mudah terpotong jika ada orang jahat yang mengincar kamera DSLR yang Anda bawa ini. Namun tentu saja hal ini masih beresiko karena maling tetap nekat menarik kamera Anda itu

Jangan sembarangan mengeluarkan kamera Anda

Jangan hanya dengan alasan gaya-gayaan, Anda sembarangan mengeluarkan kamera DSLR Anda atau mengalunginya ke mana saja. Jadilah traveller dan photographer pintar yang hanya akan menggunakan dan memperlihatkan kamera DSLR di tempat yang pastinya aman. Sebagai manusia, Anda tentu diberikan insting untuk mengetahui apakah suatu tempat itu aman atau tidak. Sembarangan mengeluarkan kamera di mana saja akan mengundang orang jahat untuk mengincar barang bawaan Anda ini. Karena itulah sebaiknya simpan saja kamera DSLR Anda di tas yang aman dan hanya digunakan jika tempat tersebut benar-benar aman dan mendukung.

Simpan kamera dalam kamar hotel yang terkunci

Anda tak harus selalu mmebawa kamera kemana saja ketika travelling. Saat  nongkrong bersama teman, beribadah, atau mandi-mandi di laut, ada baiknya kamera Anda tingalkan saja di kamar hotel. Namun pastikan kamar hotel tersebut aman dari orang jahat yang mengincar kamera DSLR Anda ini ya. Saat traveling, kewaspadaan perlu untuk ditingkatkan meskipun Anda tinggal dan menginap di hotel yang sangat mewah sekali pun. Karena itu jika merasa tak akan menggunakan kamera ini, cukup masukkan kamera dalam tas, kemudian taruhlah dalam lemari yang terkunci rapat, dan kemudian kuncilah pintu kamar hotel Anda ini.

Asuransikan kamera Anda

Memutuskan untuk mengasuransikan kamera DSLR sebelum traveling bukan tindakkan yang berlebihan kok. Sebagaimana telah disinggung di atas, kamera DSLR harganya tak bisa dibilang murah. Paling tidak, Anda membutuhkan belasan hingga puluhan juta untuk membeli kamera DSLR yang bermerk dan berkualitas baik.

Karena itulah mengasuransikan kamera DSLR sebelum traveling adalah hal yang wajar dan bahkan mungkin harus Anda lakukan. Dengan adanya asuransi, paling tidak Anda akan mendapat jaminan jika kamera rusak atau hilang dicuri. Asuransi untuk kamera biasanya juga termasuk dalam asuransi perjalanan atau travel insurance Anda. Namun sebelum membeli polis, tanyakan ketentuan apa yang akan Anda dapatkan dan juga perlindungan seperti apa untuk menjamin keamanan kamera DSLR Anda.

Jangan lupa untuk membawa set pembersih kamera Anda

Untuk menjaga kamera tetap awet dan gambar yang dihasilkan sempurna, Anda tidak boleh lupa untuk membawa perlengkapan untuk memberishkan kamera DSLR ini. Set perlengkapan untuk kamera ini sangat bermanfaat untuk membersihkan DSLR Anda dari debu, kotoran, dan hal-hal lain yang mungkin bisa mempengaruhi performa kamera Anda ini.

Bawa yang penting saja

Sumber: digitaltrends.com

Sesuaikan aksesoris atau perlengkapan kamera yang diperlukan saja saat traveling ini. Anda tak perlu untuk membawa tripod jika dirasa tidak dibutuhkan sama sekali. Dua lensa versatile zoom sudah cukup untuk dibawa, daripada Anda harus packing 6 lensa prime untuk DSLR Anda. Intinya, Anda lebih baik memasukkan perlengkapan kamera yang perlu saja untuk menghindari kerepotan yang mungkin akan ditimbulkan. Selain itu, tentu tak semua lensa akan digunakan untuk mengabadikan gambar selama traveling ini. Karena itulah, perkirakan serta pilihlah kamera DSLR beserta aksesorisnya yang sesuai untuk dibawa traveling.

Waspadai kelembaban yang akan merusak kamera Anda

Sama seperti gadget lain kelembaban yang terlalu tinggi juga beresiko untuk merusak dan mengganggu performa kamera Anda. Karena itulah Anda wajib mewaspadai kelembaban yang mungkin bisa merusak kamera DSLR selama traveling ini. Tak ada salahnya untuk memasukkan silica gel dalam tas untuk menyerap kemebaban pada barang bawaan Anda itu. Meskipun aman disimpan dalam tas, ada baiknya saat dikamar hotel kamera DSLR Anda dikeluarkan saja untuk mencegah kelembaban merusak performanya.

560

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here