Ingin Menikmati Festival Songkran? Simak Dulu Tipsnya!

0
926
Sumber: thaitravelblogs.com

Salah satu negara Asia Tenggara yang sering menjadi tujuan para wisatawan adalah Thailand. Ada banyak hal yang bisa dijumpai di negeri gajah putih ini. Beberapa di antaranya adalah tempat wisata seru, alam yang indah, kuliner khas, dan tidak ketinggalan surga belanja bagi kaum hawa.

Thailand juga merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang masih menjunjung tinggi tradisinya. Salah satu tradisi yang terkenal adalah Festival Songkran. Festival Songkran adalah perayaan untuk menyambut tahun baru tradisional. Biasanya Festival Songkran ini berlangsung pada 13-15 April setiap tahunnya. Tidak heran banyak sekali wisatawan yang pergi mengunjungi Thailand untuk bisa merasakan suasana festival tersebut.

Festival yang berlangsung serentak di sejumlah kota besar di Thailand ini penuh dengan unsur keagamaan, spiritual, keluhuran, dan kebersamaan. Pada pagi hari, masyarakat akan sembahyang di kuil dan memberi makan para biksu. Momen ini juga digunakan untuk berbuat baik dan saling memaafkan satu sama lain.

Hal yang paling menonjol dari Festival Songkran ini adalah bermain air. Masyarakat akan menyiram atau menyemprotkan air satu sama lain. Air sendiri merupakan simbol untuk membersihkan diri dari kesalahan dan pikiran negatif, sekaligus menyingkirkan nasib sial.

Bagi kamu yang tertarik untuk menikmati Festival Songkran tahun depan, simak dulu beberapa tips dari kami supaya mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan.

Pilih lokasi yang ramai

Sumber: thethaitiger.com

Sebelum pergi ke Festival Songkran, pastikan kamu memilih lokasi yang ramai dengan wisatawan agar semakin seru saat menyemprotkan air. Beberapa lokasi yang bisa kamu pilih adalah Bangkok dan Chiang Mai. Tidak hanya terlihat cantik karena bangunan-bangunan tua, kota Chiang Mai memiliki pinggiran kanal. Lokasi ini sangat tepat karena mereka akan mudah menemukan air.

Booking tiket pesawat dan hotel

Hari-hari menjelang dan sesudah Festival Songkran merupakan peak season di Thailand. Kalian harus bersaing dengan wisatawan lainnya. Pastikan untuk memesan tiket pesawat dan hotel dari jauh-jauh hari jika ingin mendapatkan tiket harga murah dan lokasi hotel yang strategis.

Hari kedatangan dan kepulangan

Sebaiknya kamu datang ke Thailand sebelum tanggal 13 April dan pulang dari Thailand setelah tanggal 15 April. Kamu bisa berkeliling Thailand beberapa hari sebelum atau sesudah berpartisipasi dalam Festival Songkran. Kenapa harus pada tanggal tersebut? Karena beberapa warga sudah mulai melemparkan air pada H-1 dan H+1. Bukan tidak mungkin tas dan koper kamu akan basah karena air saat berjalan keluar hotel menuju bandara.

Simpan peralatan elektronik

Sumber: blanja.com

Karena akan main air, simpan semua peralatan elektronikmu di dalam kantong anti air atau zipper plastic bag yang mudah ditemui di pasaran. Festival ini sayang jika tidak diabadikan lewat video atau gambar. Untuk itu sebaiknya gunakan ponsel atau kamera yang anti air. Perlu diketahui, selama perang air mereka tidak akan peduli apakah kamu sedang membawa peralatan elektronik atau tidak.

Siapkan pistol air

Rasanya kurang seru jika kamu hanya menerima air saja. Kamu tentu harus menyemprotkan air juga. Untuk itu pilihan pistol air yang banyak dijual di sana. Jangan lupa ditawar atau membandingkan harga dengan pedagang lain ya, karena pedagang setempat akan menaikkan harga kepada wisatawan. Jika kamu ada kenalan orang Thailand, mungkin bisa titip dia untuk membelikannya agar mendapat harga murah.

Jaga kesehatan tubuh

Ingin menikmati festival ini sampai puas berarti kamu harus menjaga kesehatan tubuh. Festival biasanya dimulai sejak 9:00 pagi hingga 6:00 sore. Selama waktu tersebut kamu dipastikan akan basah kuyup. Jika tubuh kamu kurang sehat, maka kamu akan rentang terkena masuk angin atau flu. Ayo, siapkan vitamin dan obat-obatan! Ga seru kan kalau tidak bisa menikmati Festival Songkran karena sakit?

Pakai sunblock

Thailand merupakan negara beriklim tropis seperti Indonesia. Terkadang cuaca di sana bisa terasa lebih panas pada bulan April. Kamu tidak akan sempat membuka payung untuk menghalau panas di sana. Jadi gunakan sunblock yang sifatnya waterproof agar tidak luntur saat terkena air dan kulit tidak perih terbakar sinar matahari.

Main aman

Para wisatawan diminta untuk menjaga keselamatan diri sendiri saat bermain air di Festival Songkran ini. Ada baiknya pergi bergabung dengan tim. Selain itu gunakan sepatu yang nyaman dan tidak licin karena jalanan akan dipenuhi air sehingga kamu akan mudah terpeleset saat berlarian. Jika ingin ikut arak-arakan menggunakan mobil bak terbuka, hati-hati karena mobil pun bisa tergelincir.

Tidak boleh emosi

Festival Songkran adalah momen untuk saling memaafkan dan bersenang-senang. Saat ada yang melakukan kesalahan saat perang air, kamu tidak boleh marah. Begitu juga ketika sedang berjalan dan tidak berpartisipasi dalam perang air, kamu tidak boleh marah ketika seseorang menyiramkan air ke arahmu.

Selamat menikmati Festival Songkran!

200

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here