Beberapa Negara Punya Bunga Nasional, Ini Daftarnya!

0
594
Sumber: HD Wallpapers

Bunga nasional adalah sebuah bunga yang digunakan sebagai simbol suatu negara karena memiliki keistimewaan tersendiri. Misalnya saja Indonesia yang memilih bunga melati, anggrek, dan rafflesia arnoldi sebagai bunga nasionalnya. Lalu, bagaimana dengan negara lainnya? Yuk, cari tahu lewat daftar di bawah ini!

Jepang

Bunga nasional Jepang adalah bunga sakura, tidak jarang Jepang disebut juga sebagai Negeri Sakura. Bunga sakura ini hanya mekar pada musim semi dan bertahan selama kurang lebih 2 minggu sebelum bunganya berguguran. Di Jepang sendiri ada 300 jenis sakura, salah satunya adalah yama sakura yang merupakan sakura murni tanpa persilangan dengan jenis bunga apapun. Bunga sakura ini tidak hanya bisa dinikmati saat musim semi sambil berpiknik di taman, tapi juga bisa dinikmati dalam bentuk makanan atau minuman.

Belanda

Iklim dingin di Belanda membuat bunga tulip tumbuh subur di sana. Tulip adalah sebuah tanaman tahunan berumbi yang bisa tumbuh tinggi hingga 70 cm. Daunnya berlilin, sempit memanjang dan berwarna hijau. Bunganya berukuran besar dan terdiri dari 6 helai daun mahkota yang mengatup ke atas.

Rusia

Rusia memilih bunga matahari sebagai bunga nasionalnya. Bunga matahari ini diminati sebagai tanaman hias dan tanaman penghasil minyak. Bunga yang selalu menghadap ke arah matahari ini dapat tumbuh tinggi hingga 4,5 meter. Diameter bunganya yang berukuran 15 cm dan berwarna kuning ini sangat cantik dipandang.

Brunei Darussalam

Sumber: Paparapi

Brunei Darussalam memilih bunga simpor sebagai bunga nasionalnya. Bunga simpor adalah bunga berwarna kuning yang tumbuh di pohon besar. Daun bunga ini sangat besar. Jika kelopak bunga sudah bermekaran semua, bentuknya akan menyerupai payung. Sebagai bunga nasional, kamu bisa menemukan gambar bunga simpor di lembaran uang lokal dan beberapa kerajinan tradisional khas Brunei Darussalam.

Kamboja

Kamu pasti pernah mendengar bunga kamboja, meski namanya sama dengan negara kamboja ternyata bunga ini bukan bunga nasional mereka. Bunga nasional Kamboja adalah bunga rumbul. Bunga ini memiliki warna kuning keputihan yang baunya sangat harum di sore hari. Bunga rumbul ini bermekaran di pohon rumbul yang bisa tumbuh tinggi hingga 12 meter.

Laos

Laos menyebut bunga kamboja dengan nama dor champa dan memilihnya sebagai bunga nasional mereka. Bunga nasional Laos ini dijadikan simbol ketulusan dan kebahagiaan hidup. Selain itu, bunga ini juga sering dijadikan dekorasi saat upacara keagamaan atau upacara penyambutan tamu.

Malaysia

Bunga sepatu dipilih Malaysia sebagai bunga nasional sejak tahun 1960. Lima kelopak dari bunga sepatu ini melambangkan 5 prinsip kekuatan nasional Malaysia. Bunga sepatu ini sering digunakan untuk pengobatan tradisional, minuman, dan bahan kosmetik.

Myanmar

Sumber: BTPN Kedah

Bunga nasional milik Myanmar adalah bunga angsana yang tumbuh di pohon angsana. Warna bunganya kuning keemasan dan biasa bermekaran pada bulan April saat Myanmar New Year Festival. Saat bunga-bunga ini mulai bermekaran, pohon angsana akan terlihat cantik seperti dilapisi emas. Pohon angsana ini sendiri melambangkan kekuatan dan pertahanan bagi masyarakat Myanmar.

Filipina

Filipina memilih bunga melati sebagai bunga nasionalnya. Bunga yang juga menjadi salah satu bunga nasional Indonesia ini selalu berbunga sepanjang tahun. Bagi masyarakat Filipina, bunga melati melambangkan kesucian, kesederhanaan, kemanusiaan, dan kekuasaan.

Singapura

Pada tahun 1981, Singapura memilih bunga anggrek vanda Miss Joaquim sebagai bunga nasionalnya. Selain di Singapura, bunga anggrek vanda ini juga bisa ditemukan di Indonesia.

Thailand

Sumber: Dewita Riska

Thailand memilih bunga Cassia Fistulla Lina atau biasa dikenal sebagai bunga tengguli untuk bunga nasionalnya. Bunga yang bermekaran pada Februari hingga Mei ini memiliki warna kuning. Warna kuning sendiri dianggap masyarakat Thailand sebagai bagian dari Buddha dan merupakan lambang kejayaan. Bunga tengguli ini dipilih karena melambangkan keharmonian.

Vietnam

Vietnam memilih bunga lotus atau teratai sebagai bunga nasionalnya. Bunga teratai ini dikenal oleh sebagian besar masyarakat timur sebagai lambang kesucian, komitmen, dan optimisme untuk masa depan.

Indonesia

Indonesia tidak hanya memiliki 1 bunga nasional, tapi 3 sekaligus. Bunga-bunga tersebut adalah bunga melati putih sebagai bunga  puspa bangsa, bunga anggrek bulan sebagai bunga pesona, dan bunga Rafflesia Arnoldi sebagai puspa langka.

Amerika Serikat

Amerika Serikat memilih bunga mawar sebagai bunga nasionalnya. Mawar merah ini pertama kali disebut sebagai bunga nasional sejak dimulainya perang sipil “Perang Mawar” di Inggris pada 1455. Namun, resmi menyandang status bunga nasional pada tahun 1986.

Swiss

Bunga edelweiss dipilih oleh Swiss sebagai bunga nasional mereka. Bunga ini juga sering disebut sebagai bunga gunung karena tumbuh di wilayah pegunungan. Bunga yang berukuran kecil dan berwarna putih ini mampu bertahan dalam waktu yang lama, sehingga sering dijadikan lambang keabadian.

415

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here