Mengunjungi Kota Terlarang di China, Ini yang Perlu Kamu Ketahui

0
958
Sumber: World Atlas

Selain Tembok Besar China, tempat wisata bersejarah lainnya yang perlu kamu kunjungi selagi di Beijing adalah Kota Terlarang alias Forbidden City. Kota Terlarang ini sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia pada tahun 1987 silam. Dengan berkunjung ke Kota Terlarang, kamu bisa mempelajari sejarah dinasti Ming hingga Qing dan merasakan kemegahan istana kerajaan di masa lampau. Rasanya bagaikan terlempar ke masa lampau dan menjadi bagian dari kerajaan.

Bagi kamu yang akan berkunjung ke China dalam waktu dekat, tidak ada salahnya untuk membekali sedikit pengetahuan terkait Kota Terlarang yang ada di Beijing ini. Yuk, simak poin-poin berikut ini!

Sejarah Kota Terlarang

Sumber: Hua Umf

Berhubung Kota Terlarang adalah tempat wisata bersejarah, maka kamu harus mengetahui sejarah singkat mengenai tempat ini. Kota Terlarang adalah kawasan bekas istana China pada masa pemerintahan Dinasti Ming hingga Dinasti Qing, kira-kira sudah digunakan selama 500 tahun sebagai kediaman para anggota kerajaan. Lokasinya sangat strategis karena berada di pusat kota Beijing.

Istana yang dibangun pada tahun 1406 hingga 1420 ini sangat luas. Totalnya ada 980 bangunan di atas lahan seluas 720.000 meter persegi. Kawasan istana ini dibatasi oleh tembok yang masih berdiri kokoh hingga saat ini untuk membatasi wilayah dengan pemukiman penduduk.

Pemberian nama Kota Terlarang

Pemberian nama Kota Terlarang atau Forbbiden City ini bukan tanpa alasan. Menurut fakta yang beredar secara turun temurun, istana ini cukup ketat untuk urusan para pengunjung yang keluar dan masuk. Konon untuk keluar masuk kawasan istana ini, seseorang harus mendapatkan ijin terlebih dahulu dari raja. Tidak heran, karena istana ini harus selalu aman bagi seluruh anggota kerajaan. Orang yang mau datang harus mendapat ijin dari raja, orang yang mau meninggalkan istana pun harus mendapatkan ijin dari raja. Itulah mengapa istana ini diberi nama Kota Terlarang.

Sekilas informasi mengenai Kota Terlarang

Bagi kamu yang mau menikmati kemegahan istana kerajaan China di masa lampau, harus mengetahui jam operasional terlebih dahulu. Pada bulan April hingga Oktober, Kota Terlarang dibuka untuk umum mulai dari jam 8.30 hingga 17.00 (loket tutup jam 16.00). sedangkan pada bulan November hingga Maret, Kota Terlarang dibuka untuk umum mulai dari jam 8.30 hingga 16.30 saja (loket tutup jam 15.30).

Pada umumnya, para wisatawan yang berkunjung ke sini membutuhkan waktu 3 hingga 4 jam untuk mengelilingi seluruh kawasan Kota Terlarang. Jika kamu ingin puas berkeliling, pastikan datang dari pagi ya.

Alamat pastinya berada di 4 Jingshan Front St, Dongcheng Qu, Beijing Shi. Untuk bisa tiba di Kota Terlarang, kamu bisa menggunakan bus umum atau naik subway line 1 dan turun di Tiananmen East Station.

Menikmati objek wisata di Kota Terlarang

Sumber: Wikipedia

Sekarang kamu sudah tahu kalau Kota Terlarang ini adalah bekas kawasan istana di masa pemerintahan Dinasti Ming hingga Dinasti Qing. Lalu apa saja sih yang bisa kamu temukan di kawasan ini?

Yang pertama tentunya adalah kemegahan istana di jaman dulu karena usaha pemugarannya tidak mengubah bentuk asli istana. Arsitekturnya sangat khas China, lengkap dengan warna merah dan kuning yang mendominasinya. Setelah itu kamu bisa menyaksikan sisa-sisa peninggalan Dinasti Ming dan Dinasti Qing berupa patung-patung yang bersejarah dan bernilai seni tinggi.

Masih di kawasan Kota Terlarang, kamu bisa mengunjungi Government Tea House di mana kamu bisa menikmati teh yang disajikan dengan cara tradisional sama seperti cara menyajikan teh kepada raja di jaman dahulu. Rasanya berbeda dengan minum teh biasa. Kamu juga bisa berfoto di beberapa tempat sebagai kenang-kenangan.

Terakhir, mampirlah ke deretan toko penjual makanan untuk mengenyangkan perut dan toko souvenir untuk membeli oleh-oleh.

Tips mengunjungi Kota Terlarang

Semua orang ingin liburannya terasa menyenangkan dan nyaman, oleh karena itu cobalah menerapkan beberapa tips berikut selagi berkunjung ke Kota Terlarang. Pertama adalah siapkan tubuh dalam kondisi fit berhubung area Kota Terlarang ini begitu luas dan sayang jika dilewatkan beberapa bagiannya karena kamu sudah kelelahan. Selain itu, gunakanlah pakaian yang nyaman dan menyerap keringat. Jika berkunjung di musim dingin, gunakan jaket agar suhu tubuh tetap terjaga.

Jangan lupa untuk mematuhi segala peraturan yang ada supaya untuk menciptakan kenyamanan bersama para pengunjung lain. Jangan pernah menyentuh barang bersejarah karena bisa membuatnya rusak. Terakhir, usahakan untuk tidak berpencar terlalu jauh dari rombongan karena jika sudah ketinggalan jauh akan sulit untuk bertemu dengan rombonganmu lagi.

Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk kunjunganmu ke Kota Terlarang bersama keluarga tercinta ya!

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Populer di Mesir

199

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here