Rekomendasi Kuliner Malam Bandung yang Tidak Boleh Dilewatkan – Part 2

0
103
Sumber: Pegimakan

Liburan ke Bandung tidak hanya sekedar berkunjung ke pusat perbelanjaan atau tempat wisata alam saja. Kamu juga bisa berkuliner ria di Bandung, tepatnya pada malam hari karena pada saat itu adalah momen yang pas untuk bersantai dan ada banyak pilihan makanan yang jarang ada pada siang hari. Ada yang gurih, manis, ringan, berat, hingga menghangatkan tubuh di tengah udara dingin.

Tertarik untuk berkuliner malam di Bandung? Catat daftarnya berikut ini!

Ronde Alkateri

Jika pada artikel sebelumnya kita sudah membahas sekoteng Singapore, maka rasanya kurang afdol jika tidak ada ronde. Salah satu penjual ronde yang nikmat di Bandung adalah Ronde Alkateri di Jalan Alkateri nomor 8, Braga. Di sini ada 2 pilihan kuah ronde yaitu kuah dengan gula putih dan gula merah. Satu porsi ronde dihargai sekitar 17 ribu rupiah. Sambil menikmati semangkuk ronde, kamu akan ditemani dengan pertunjukan live music.

Warung Tutug

Pernahkah kamu mendengar tentang nasi tutug? Nasi tutug adalah salah satu menu tradisional khas Sunda. Nasi ini ditumbuk dan dicampur dengan oncom goreng atau bakar. Kalau tidak suka dengan nasi tutug oncom, tenang saja karena ada menu lain seperti nasi tutug tuna pedas dan nasi sambel goang. Menu nasi ini hanya berkisar 5 ribuan saja per porsinya. Oh ya, jangan lupakan aneka lauk tambahan seperti telur semur, ayam goreng, dan sambal kentang. Lokasi Warung Tutug ini ada di Jalan Pasir Kaliki nomor 67 dan buka dari jam 10 malam hingga 3 pagi.

Iga Bakar Si Jangkung

Sumber: Kuliner Bangsakoe

Di tengah malam yang dingin, rasanya sangat tepat jika kamu menikmati hidangan bakar-bakaran seperti iga bakar. Jika kamu ingin mencicipi iga bakar di Bandung, berkunjunglah ke Iga Bakar Si Jangkung yang ada di Jalan Cipaganti nomor 75G, Pasteur. Tempat ini buka dari jam 11 siang hingga 11 malam. Harga per porsinya hanya 40 ribu rupiah saja. Kalau kamu malas beranjak dari hotel, manfaatkan saja jasa delivery.

Nasi Kuning Pungkur

Nasi kuning yang biasanya menjadi menu syukuran atau tumpeng, saat ini sudah mudah ditemukan di berbagai tempat. Jika pada umumnya nasi kuning disajikan bersama bihun dan taburang kacang kedelai, maka Nasi Kuning Pungkur yang ada di Jalan pungkur 216 ini tidak memilikinya.

Rumah makan yang buka dari jam 9 malam hingga 3 pagi ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Alasannya adalah rasa nasi kuningnya yang nikmat dan memiliki tekstur pas. Nasi kuning di sini disajikan bersama dengan jengkol, rendang daging, telur balado, dan ati ampela. Untuk menikmati menu nasi kuning ini, kamu perlu mengeluarkan uang sekitar 50 ribu rupiah per orang.

Perkedel Bondon

Bagi kamu yang merasa lapar namun tidak mau makan berat karena sudah malam, cobalah mencicipi Perkedel Bondon yang ada di Jalan Kebon Jati nomor 43, Kebon Jeruk. Rumah makan ini buka dari jam 10 malam hingga jam 1 pagi.

Perkedel andalannya sangat nikmat dan khas karena dimasak menggunakan arang. Perkedel ini bisa kamu gado atau santap bersama nasi dan aneka lauk lainnya. harga per perkedelnya hanya seribu rupiah. Dijamin kamu akan senang, kenyang, dan hemat.

Kerang Ajaib

Sumber: Dealoka

Kerang Ajaib adalah sebuah rumah makan yang menyajikan aneka menu dari aneka kerang. Beberapa jenis kerang yang bisa kamu temui di sini adalah kerang batik, kerang bambu, kerang dara, hingga kerang ijo. Kerang-kerang pilihanmu bisa dimasak dengan cara rebus, goreng, atau tumis.

Selain memilih cara masaknya, kamu juga bisa memilih sausnya mulai dari asam manis, garlic butter, kecap, dan blackpepper. Rumah makan ini ada di Jalan Cibadak nomor 52-54 dan buka dari jam 6 sore hingga 11 malam.

Soto Bandung Pak Simon

Jika soto pada umumnya memiliki warna yang kental dan pekat karena menggunakan santan atau kunir, maka soto yang ada di Soto Bandung Pak Simon ini kuahnya bening. Kuah bening ini dibuat menggunakan lobak. Rasanya tidak kalah gurih dengan soto lainnya.

Satu porsi Soto Bandung Pak Simon ini terdiri dari nasi putih, potongan daging sapi, babat, lobak, kacang tanah, seledri, dan daun bawang. Porsinya cukup besar sehingga akan membuatmu kenyang di malam hari. Agar semakin nikmat, jangan lupa untuk menambahkan kecap, sambal, dan perasan jeruk nipis sesuai selera masing-masing.

Satu porsi soto ini dikenai harga 30 ribu rupiah. Mengenyangkan dan cukup terjangkau ya harganya. Soto Bandung Pak Simon ini bisa kamu temukan di Jalan Cibadak nomor 149, Jamika, Bojongloa Kaler. Tempat makan ini buka dari jam 6 sore hingga tengah malam atau soto habis. Kalau tidak mau kehabisan, jangan datang pada tengah malam ya.

Selamat berkuliner malam di Bandung!

Baca Juga: Butuh Bunga-bunga Selagi di Bandung? Ini Tempat yang Pas Untukmu

83

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here