Spot Terbaik di Yogyakarta untuk Menikmati Matahari Terbit

0
88
Sumber: Tour & Travel Jogja

Salah satu fenomena alam yang paling digemari oleh masyarakat adalah matahari terbit. Fenomena alam yang satu ini selalu terjadi setiap hari, hanya saja kamu perlu memilih spot dan waktu yang tepat untuk bisa menikmati pesonanya.

Matahari yang perlahan muncul menyinari dunia ini memiliki sinar yang hangat dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dari sisi psikologi sendiri, sinar matahari pagi ini bisa membuat orang lebih bersemangat untuk beraktivitas.

Bagi kamu para pemburu matahari terbit yang sedang liburan di Yogyakarta, pasti ingin tahu dong di mana saja kamu bisa menyaksikan fenomena alam yang mempesona tersebut? Oleh karena itu, kami sudah menyiapkan daftar spot terbaik untuk menikmati matahari terbit di Yogyakarta yang dilengkapi dengan pemandangan alam nan indah. Disimak ya!

Puncak Suroloyo

Sumber: Klik Hotel

Puncak Suroloyo dikenal sebagai tempat yang mistis karena dipercaya sebagai tempat pertapaan Raden Mas Rangsang yang diangkat menjadi Sultan Agung Hanyokrokusumo dan memiliki ambisi untuk menguasai Tanah Jawa.

Namun di balik mitos tersebut, Puncak Suroloyo adalah spot yang cantik untuk menyaksikan matahari terbit. Lokasinya lebih tinggi dari Puncak Punthuk Setumbu sehingga para pengunjung bisa juga melihat megahnya Gunung Merbabu, Gunung Merapi, dan Candi Borobudur dari kejauhan.

Untuk tiba di lokasi ini, para pengunjung harus mengeluarkan keringat terlebih dahulu. Pasalnya ada 286 anak tangga yang harus dinaiki. Tapi kami yakin keringat dan rasa lelah menaiki tangga ini akan terbayar dengan pemandangan matahari terbit yang begitu indah.

Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran memang tidak sepopuler gunung lainnya yang ada di Yogyakarta. Meski demikian, gunung yang menyerupai bongkahan batu raksasa ini memiliki spot untuk menikmati matahari terbit.

Mulailah mendaki gunung ini pada pagi buta supaya bisa tiba tepat waktu di puncak dengan kemunculan matahari pagi. Ketika sinar matahari sudah mulai muncul dari balik gunung, kamu pasti akan sangat bersyukur dan merasa tentram.

Candi Borobudur

Candi Borobudur tidak hanya menarik untuk dieksplorasi, tapi juga menjadi salah satu spot terbaik di Yogyakarta untuk menyaksikan matahari terbit. Untuk bisa menikmatinya, kamu perlu membayar tiket khusus menyaksikan matahari terbit.

Jika selama ini kamu hanya berkunjung ke Candi Borobudur pada siang hari, lain kali cobalah datang pada saat matahari terbit ya. Pemandangannya sungguh luar biasa karena sinar matahari menyeruak masuk di antara stupa-stupa yang megah. Candi Borobudur di pagi hari tersebut bisa jadi objek foto yang dramatis juga nih.

Baca Juga: Keliling Yogyakarta Mengunjungi Candi-candi Anti Mainstream

Puncak Punthuk Setumbu

Puncak Punthuk Setumbu atau biasa disebut sebagai Nirwana Sunrise adalah spot khusus untuk menyaksikan matahari terbit. Keunikan yang ada di Puncak Punthuk Setumbu ini adalah mataharinya muncul dari balik gunung seakan sedang membelah wilayah Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Jika kamu mau ke sini, gunakan jasa ojek untuk naik ke atasnya dan bayarlah tiket masuk per orangan.

Gunung Merapi

Gunung Merapi adalah salah satu gunung berapi yang cukup aktif di Indonesia. Meski demikian, tidak sedikit para pendaki yang tetap bersemangat untuk mendakinya dan menyaksikan matahari terbit di sini.

Jalur pendakian menuju puncak Gunung Merapi terbilang cukup sulit, apalagi setelah sempat meletus di tahun 2010 silam. Oleh karena itu, pergilah berkelompok dengan pendaki yang sudah profesional. Kalau perlu, berkemahlah di sana untuk menghindari tertinggal momen matahari terbit.

Kebun Buah Mangunan

Menikmati pesona matahari terbit tidak selalu harus dilakukan di spot yang tinggi. Kamu juga bisa menikmatinya dari kebun buah, salah satunya adalah Kebun Buah Mangunan yang ada di kawasan Bantul. Pergilah menuju ke bagian bukitnya menjelang matahari terbit dan nikmati indahnya mentari pagi yang menyeruak masuk di antara deretan pepohonan.

Pantai Sundak

Sumber: Catatan Perjalanan Outdoor Travelling

Biasanya pantai identik dengan spot untuk menyaksikan matahari terbenam. Namun di Pantai Sundak, kamu bisa juga menyaksikan momen matahari terbit. Pantai ini tidak terlalu populer dan ukurannya kecil.

Keunikan yang dimiliki oleh pantai ini adalah adanya 2 buah batu berukuran besar di kedua sisi pantai yang bisa menjadi bingkai pemandangan matahari terbit. Ditemani dengan deburan ombak dan angin laut yang sejuk, rasanya sangat tentram deh. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen tersebut ya.

Candi Prambanan

Selain Candi Borobudur, ternyata Candi Prambanan juga bisa menjadi spot untuk menyaksikan matahari terbit. Bisa kamu bayangkan tidak, betapa cantiknya candi-candi ini ketika disirami sinar matahari pagi? Ketika difoto, hasilnya tentu akan menjadi lebih dramatis juga.

Dari ke 8 spot terbaik di Yogyakarta untuk menyaksikan matahari terbit tadi, spot mana saja yang sudah pernah kamu kunjungi atau akan kamu jadikan destinasi perburuan matahari terbit berikutnya?

76

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here