Jajanan Kaki Lima di Bandung yang Populer

0
170
Sumber: Panduan Wisata Kuliner

Ingin pergi wisata kuliner dengan budget pas-pasan namun ingin menikmati cita rasa yang berkualitas? Jawabannya ya wisata kuliner jajanan kaki lima di Bandung. Meski hanya jajanan kaki lima, kamu tidak boleh meragukan cita rasanya. Beberapa di antara jajanan kaki lima ini bahkan sudah ada sejak lama dan melegenda di kalangan masyarakat.

Tidak percaya? Buktikan saja sendiri dengan berkunjung ke Bandung untuk wisata kuliner jajanan kaki lima di akhir pekan nanti! Ini daftar jajanan yang perlu kamu cicipi.

Cuanki Serayu

Sumber: Bakso Guide

Cuanki pada dasarnya bukan nama sebuah makanan melainkan singkatan dari “cari uang jalan kaki”. Kuliner bakso yang satu ini pada awalnya dijual menggunakan gerobak keliling. Saat ini, pedagang cuanki tidak lagi menggunakan gerobak melainkan membuka warung kaki lima. Salah satu pedagang cuanki yang terkenal adalah yang ada di kawasan Serayu sehingga sering disebut juga sebagai Cuanki Serayu.

Cuanki ini terdiri atas bakso, siomay, tahu, dan batagor kemudian disiram dengan kuah bening. Uniknya, jika hidangan bakso disajikan menggunakan kuah tulang sapi maka cuanki ini menggunakan kuah rebusan tulang ikan yang rasanya gurih. Harganya pun murah meriah, hanya 15 ribu rupiah per porsi.

Bebek Ali Borromeus

Tidak semua orang bisa mengolah daging bebek dengan benar sehingga dagingnya sering terasa amis dan alot. Untungnya ada warung kaki lima Bebek Ali Borromeus yang pintar mengolah daging bebek. Rasanya nikmat, dagingnya empuk, dan tidak berbau amis.

Satu porsi nasi bebek goreng ini hanya dihargai sekitar 20 ribu rupiah saja. Tambahkan lalapan dan sambal supaya semakin nikmat rasanya. Jika kamu tidak suka bebek, tenang saja karena di sini juga ada nasi ayam goreng yang tidak kalah nikmat. Warungnya berada di seberang RS Santo Borromeus dan buka pada pukul 10:00 hingga 23:00.

Seblak Bunda

Kamu pasti sudah tahu kan kalau seblak berasal dari Bandung. Nah, ketika berkunjung ke Bandung rasanya kurang pas ya kalau belum menyantap seblak yang khas ini. Untuk menemukan seblak di Bandung tidaklah sulit. Hampir di seluruh sudut kota Bandung ada penjual seblak. Namun yang paling populer adalah Seblak Bunda di Jalan H. Kurdi II Gang 10.

Seblak sendiri adalah jajanan kaki lima yang terdiri dari kerupuk basah dengan aneka topping yang disiram dengan kuah gurih nan pedas. Keunggulan dari Seblak Bunda ini adalah pilihan topping seblak yang sangat beragam.

Ada kerupuk, makaroni, kwetiau, mie, bihun, bakso sapi, ceker ayam, tahu kering, siomay, bakso ikan, hingga cimol. Harga per porsinya dimulai dari 8 ribu rupiah tergantung dari aneka topping yang kamu pilih.

Baca Juga: Trik Sehat Mencicipi Street Food atau Jajanan Pinggir Jalan Ketika Traveling

Sate Anggrek

Malam-malam di tengah udara dingin enaknya makan sate. Setuju? Di Bandung, ada penjual sate yang terkenal di Jalan Anggrek yaitu Sate Mirah Bandung atau lebih akrab disebut sebagai Sate Anggrek.

Pilihan satenya cukup beragam mulai dari sate ayam, sate kambing, sate sapi, hingga sate telur. Ada juga soto sulung khas Madura yang cocok disantap bersama sate. Selain rasanya yang nikmat, ada lagi hal yang membuatnya Sate Anggrek terkenal yaitu tempat pembakaran satenya yang panjang hingga muat seratus tusuk sate. Pengunjung pun tidak perlu menunggu lama hingga satenya matang.

Satu porsi sate di sini berisi 10 tusuk dan nasi. Harganya hanya sekitar 15 ribu hingga 20 ribu rupiah.

Kupat Tahu Gempol

Jajanan kaki lima berikutnya yang perlu kamu cicipi adalah Kupat tahu Gempol yang sudah melegenda sejak tahun 1975.  Warung yang ada di Jalan Gempul Kulon ini selalu ramai pada saat pagi hari karena kuliner yang satu ini cocok untuk sarapan.

Satu porsi kupat tahu ini terdiri dari potongan ketupat dan tahu goreng yang disajikan bersama dengan bumbu kacang gurih serta taburan kerupuk dan bawang goreng. Rasanya nikmat, mengenyangkan, dan hanya 15 ribu rupiah per porsi.

Nasi Campur 88

Sumber: Qraved

Salah satu kawasan kuliner yang hits di Bandung adalah Sudirman Street. Di kawasan tersebut ada Nasi Campur 88 yang rasanya sangat nikmat dan membuat orang rela mengantri panjang. Satu porsi nasi campur ini terdiri dari nasi putih, babi merah, ayam panggang, samcan, telur kecap, bakso goreng, dan otak-otak. Ditambah dengan sambal, rasanya semakin maknyus! Harga per porsinya sekitar 40 ribu rupiah. Warung ini buka dari pukul 18:30 hingga 24:00.

Batagor Hanjuang

Selain seblak, kamu juga wajib makan batagor kalau pergi ke Bandung. Salah satu batagor yang terkenal adalah Batagor Hanjuang di Jalan Astina. Porsinya pas untuk mengisi perut. Tidak banyak, juga tidak sedikit. Cocok untuk kamu yang masih berencana untuk melahap makanan berat sesudahnya. Rasa batagornya sangat nikmat dan gurih karena dibuat menggunakan ikan tenggiri.

Baru membaca daftarnya saja sudah merasa tergoda, kan? Yuk, ah kulineran murah dan enak di akhir pekan nanti!

161

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here