Para Penggemar Ikan, Yuk Kunjungi Aquarium Terbesar di Dunia Berikut Ini!

0
158

Jakarta, Tamasya – Melihat ikan-ikan dan binatang lautnya berenang ke sana kemari di dalam air, merupakan kegiatan yang menyenangkan dan bisa membuat pikiran lebih rileks. Sayangnya, tidak semua orang yang ingin menyaksikan ikan dan binatang laut lainnya ini berani untuk menyelam ke bawah laut. Hal ini tentu membatasi harapan mereka.

Untungnya, di berbagai belahan dunia ini sudah ada banyak tempat wisata akuarium yang memungkinkan kamu bisa bertemu ikan dan binatang laut lainnya tanpa harus menyelam ke bawah laut. Tidak hanya ikan-ikan kecil, kamu juga bisa bertatap wajah langsung dengan ikan berukuran besar seperti hiu dan pari, serta binatang laut lainnya seperti gurita, bintang laut, hingga ubur-ubur.

Penasaran akuarium mana saja di dunia ini yang berukuran besar dan bisa mewujudkanmu impianmu untuk melihat ikan-ikan bagaikan di habitat aslinya? Yuk, simak daftarnya berikut ini!

  1. Aquarium of Western Australia (AOWA), Perth – Australia

Akuarium terbesar yang ada di Australia ini memiliki sebuah kolam besar yang bisa menampung lebih dari 4 juta liter air. Di kolam ini kamu bisa menyaksikan buaya, hiu, paus, ikan pari, dan masih banyak lagi. Jika ingin menyelam dan berenang bersama ikan-ikan ini, kamu bisa mendaftarkan diri ke bagian administrasi dan menyelam ditemani oleh para profesional.

  1. AquaDom, Berlin – Jerman

Sumber: Mashable

AquaDom adalah salah satu akuarium berukuran raksasa yang ada di dalam Radisson Blue Hotel di Berlin-Mitte. Tidak seperti akuarium pada umumnya yang berbentuk persegi, akuarium besar ini berbentuk silinder dengan ukuran panjang mencapai 25 meter. Di tengah silinder akuarium ini terdapat sebuah lift transparan sehingga para tamu bisa merasakan sensasi berenang bersama ikan tanpa membasahi pakaian saat ingin berpindah lantai. Di akuarium ini kamu bisa menemukan 1.500 ikan dari 97 spesies ikan.

  1. Ushaka Marine World, Durban – Afrika Selatan

Ushaka Marine World di Durban merupakan sebuah akuarium terbesar yang ada di benua Afrika. Akuarium ini memiliki 32 kolam yang menjadi tempat tinggal bagi binatang laut mulai dari hiu, lumba-lumba, ubur-ubur, hingga kuda laut. Akuarium ini dibangun dengan desain menyerupai kapal karam di dasar laut. Puas bermain dengan binatang laut, sempatkan diri untuk menyantap hidangan di restorannya yang memiliki dinding kaca berbatasan langsung dengan akuarium tempat hiu berenang.

  1. TurkuaZoo, Istanbul – Turki

Akuarium besar yang berada di Istanbul ini terbilang cukup baru di dunia wisata. Meski demikian, kualitasnya tidak boleh dipandang sebelah mata. Akuarium yang dibangun di tengah pusat perbelanjaan ini memiliki koleksi sejumlah 10.000 spesies binatang laut. Di dalamnya ada sebuah terowongan akuarium yang berukuran 80 meter. Sangat cocok untuk dinikmati sambil berjalan santai bersama keluarga.

  1. Okinawa Churaumi Aquarium, Okinawa – Jepang

Okinawa Churaumi Aquarium ini merupakan bagian dari Ocean Expo Park yang dibangung pada tahun 2002 silam. Selain menjadi akuarium terbesar, akuarium ini juga merupakan salah satu akuarium yang canggih di dunia. Di dalamnya terdapat berbagai binatang laut mengagumkan seperti hiu putih, ikan paus, ikan sarden, pari, dan masih banyak lagi. Atraksi utama dari akuarium ini adalah kolam utama yang bernama Kuroshio Sea. Kolam utama ini mampu menampung lebih dari 2 juta gallon air.

  1. Shanghai Ocean Aquarium, Shanghai – Cina

Sumber: Crossley Architects

Shanghai Ocean Aquarium merupakan akuarium terbesar yang ada di Asia. Ada beberapa hal yang menjadi daya tarik wisata di akuarium ini. Pertama adalah kehadiran sejumlah binatang laut yang hampir punah dan langka. Berikutnya adalah kehadiran terowongan bawah laut yang terpanjang di dunia dengan panjang sekitar 155 meter. Akuarium raksasa ini juga dibagi dalam 9 zona yang berbeda seperti zona Australia, zona China, zona Kutub, zona ASEAN, dan masih banyak lagi.

  1. Monterey Bay Aquarium, Monterey – California

Akuarium raksasa ini memiliki 2 kolam utama yang menjadi tempat tinggal bagi 35.000 binatang laut dari 600 spesies. Binatang laut yang bisa kamu temui di sini adalah beragam jenis ikan, paus, hiu, ubur-ubur, hingga anjing laut. Salah satu kolam utama di Monterey Bay Aquarium ini diklaim mampu menampung 1,2 juta gallon air.

  1. Georgia Aquarium, Atlanta – Georgia

Akuarium yang terakhir adalah akuarium terbesar di dunia yang memiliki sebuah kolam besar tempat mengalirnya 6.3 juta gallon air. Di dalam kolam raksasa ini, kamu bisa melihat paus dan hiu bergerak dengan lincah di dalam air. Akuarium yang berada di Atlanta ini memiliki koleksi binatang laut mencapai 120.000 binatang yang tersebar dalam 60 bagian kolam dan 5 zona akuarium.

Seru ya, bisa melihat ikan-ikan tersebut berenang ke segala penjuru tanpa harus menyelam ke bawah laut! Dari ke delapan akuarium di dunia tersebut, akuarium mana yang ingin kamu kunjungi?

121

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here