9 Gua Cantik yang Wajib Dijelajahi Tahun Depan

0
86

Jakarta, Tamasya – Bagi para pecinta alam, mengunjungi tempat wisata alam adalah sebuah kesenangan tersendiri. Selain pantai dan gunung, gua adalah salah satu wisata alam yang tidak kalah mengagumkan dan indah. Meski gua tergolong tempat yang gelap dan lembab, ternyata ada beberapa gua di dunia yang terbentuk alami dan sangat mengagumkan. Penasaran? Coba simak daftar beberapa gua yang indah dan wajib kamu kunjungi di tahun depan!

  1. Mammoth Cave National Park di Kentucky

Mammoth Cave atau Gua Mammoth berlokasi di Kentucky, Amerika Serikat. Gua ini merupakan gua yang paling panjang di dunia. Saat menjelajahi gua ini, para pengunjung dapat menemukan jalan bercabang yang panjanganya mencapai 579 km. Saat berkunjung ke sini, pastikan kamu menggunakan jasa pemandu profesional agar tidak tersesat di dalam ya. Gua Mammoth yang diperkirakan memiliki panjang asli 1.600 km oleh para peneliti ini, sudah menjadi bagian dari Taman Nasional sejak 1 Juli 1941 dan masuk dalam daftar situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1981.

  1. Fingal’s Cave di Skotlandia

Fingal’s Cave adalah sebuah gua laut yang terletak di sebuah pulau tak berpenghuni, Staffa di Skotlandia. Daya tarik utama dari gua ini adalah suara-suara aneh yang dihasilkan oleh batu basalt berbentuk segi enam yang membingkai gua ini. Karena merupakan gua laut, Fingal’s Cave ini digenangi oleh air laut. Gua ini hanya bisa diakses menggunakan kapal. Waktu terbaik untuk mengunjungi gua ini adalah pada bulan April hingga September.

  1. Reed Flute Cave di China

Reed Flute Cave berada di kota Guilin, China. Salah satu gua tertua di duni ini pertama kali ditemukan dan dijelajahi pada 792 SM. Daya tarik dari gua ini adalah formasi batu-batuan dan mineral yang mengagumkan, serta endapan karbon dan pilar batu yang terlihat mempesona. Ditambah lagi dengan pencahayaan yang warna-warni, pemandangannya semakin indah.

  1. Marble Caves di Patagonia

Sumber: Feel The Planet

Gua yang sungguh mengagumkan ini terbentuk akibat terjangan gelombang laut yang terus-menerus menabrak dinding marmer. Marble Caves yang berada di Patagonia ini memiliki kesan yang berbeda dibandingkan gua lainnya karena tidak memiliki nuansa gelap melainkan terang karena didominasi warna putih dan biru. Gua ini terlihat semakin mengagumkan saat sinar matahari menyinari bagian dalamnya.

  1. Batu Cave di Malaysia

Batu Cave merupakan salah satu tempat wisata yang populer di Malaysia. Berada di area Gombak, gua yang terbentuk alami sekitar 400 juta tahun lalu ini dilewati oleh Sungai Batu. Gua yang menjadi kuil untuk ibadah umat Hindu ini berada di puncak bukit, sehingga untuk tiba di sana para pengunjung perlu menaiki anak tangga sejumlah 272. Tidak hanya menyaksikan keindahan gua, para pengunjung juga bisa menjajal berbagai olahraga ekstrim di sini.

  1. Thurston Lava Tube di Hawaii

Hawaii terkenal memiliki banyak gunung berapi yang aktif. Gua yang satu ini pun merupakan salah satu karya dari gunung berapi yang meletus. Thurston Lava Tube ini terbentuk akibat cairan lava yang mengalir di sepanjang lorong dalam waktu lama sehingga menghasilkan sebuah gua panjang.

  1. Krubera Cave di Abkhazia

Jika sebelumnya kita sudah mengetahui gua yang panjang, kali ini kita akan beralih ke gua yang dalam. Krubera Cave di pegunungan Caucasus, Abkhazia merupakan gua terdalam di dunia dengan kedalaman mencapai 2.190 meter. Tidak hanya dalam, gua ini juga cukup sulit dijelajahi. Jika ingin pergi ke sana, pastikan ada pemandu profesional yang menemanimu.

  1. Waitomo Caves / Glowworm Caves di Selandia Baru

Waitomo Caves atau biasa dikenal sebagai gua cacing berkilau ini berada di Selandia Baru dan merupakan tempat tinggal para glowworms. Glowworms sendiri adalah spesies cacing yang bisa bersinar di dalam kegelapan. Cacing yang berukuran kecil ini menempel di langit-langit gua dan menerangi gua dengan cahaya bioluminescent. Para pengunjung seakan-akan sedang berada di area terbuka dengan bintang-bintang yang bersinar terang.

  1. Cave of Crystals di Meksiko

Sumber: Guardian

Meski identik dengan tempat yang gelap dan lembab, ternyata tidak semua gua memiliki keadaan demikian. Salah satunya adalah Cave of Crystals yang ada di Chihuahua, Meksiko. Gua ini dipenuhi oleh batu kristal. Batu-batu kristal di dalam gua ini terbentuk akibat pemanasan ruang magma di bagian bawah gua. Kemudian air tanahnya pun bercampur dengan mineral sehingga memberikan kilauan kristal yang indah. Kristal-kristal di gua ini memiliki ukuran terbesar di dunia yakni setinggi 30 kaki dengan diameter 4 kaki.

Itulah 9 gua cantik dan mengagumkan yang wajib kamu kunjungi saat liburan di tahun depan. Yuk, mulai cari tiket pesawat untuk menuju negaranya!

103

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here