Traveling Sambil Menjelajahi Gunung: Yuk, ke Swiss!

0
100

Jakarta, Tamasya – Bagi wisatawan yang menggemari olahraga alam, tentu tidak akan melewatkan kesempatan untuk menjajal olahraga tertentu saat berkunjung ke suatu negara. Bisa jadi selama liburan ke luar negeri tersebut, jadwalnya didominasi untuk melakukan olahraga tersebut daripada berkunjung ke objek wisata yang mainstream di kalangan wisatawan.

Olahraga alam yang bisa dilakukan saat liburan ke luar negeri di antaranya adalah paralayang, arung jeram, selancar, panjat tebing, dan mendaki gunung. Kegiatan ini sering dilakukan di luar negeri bukan karena di Indonesia tidak ada tempat yang sesuai, tapi karena pemandangan dan tingkat kesulitannya tentu berbeda dengan yang ada di Indonesia. Pastinya, kamu ingin mencoba melakukan olahraga alam ini di berbagai tempat untuk menambah pengalaman bukan?

Kali ini kita akan membahas mengenai kegiatan mendaki gunung di Swiss. Swiss sudah tidak asing lagi dengan keindahan alamnya dan gunung-gunungnya yang menjulang tinggi, terutama Pegunungan Alpen. Bagi kamu wisatawan pecinta alam atau penggemar berat olahraga alam, yuk simak daftar gunung di Swiss yang wajib kamu jelajahi berikut ini!

  1. Matterhorn

Sumber: Switzerland Tourism

Matterhorn adalah salah satu dari banyak puncak Pegunungan Alpen yang berada di perbatasan Swiss dan Italia. Tinggi puncak gunung ini sekitar 4.478 meter di atas permukaan laut. Puncak yang sering juga disebut sebagai Mountain of Mountains ini menjadi ikon dari Swiss dan Pegunungan Alpen.

Yang membuat Matterhorn begitu populer adalah puncaknya yang berbentuk piramida 4 sisi. Keempat sisi puncak ini memiliki namanya masing-masing yaitu Hornli, Furggen, Leone, dan Zmutt. Meski sangat cantik, puncak gunung ini juga menjadi puncak yang mematikan karena sudah tercatat ada 500 pendaki yang meninggal dalam pendakian ke sana.

Bagi pengunjung yang ingin ke sini, kamu harus menuju kota terdekat yaitu Zermatt yang bisa ditempuh menggunakan kereta pada jalur Matterhorn Gotthard Bahn dan Glacier Express.

  1. Gunung Titlis

Gunung Titlis berada di wilayah tengah Swiss, lebih tepatnya di perbatasan canton Obwalden dan Berne. Gunung ini merupakan bagian dari Uri Alps dengan puncak yang tingginya 3.238 meter di atas permukaan laut. Puncak gunung Titlis biasanya didaki melalui jalur Engelberg yang berada di canton Obwalden.

Bagi pengunjung yang tidak ingin melakukan pendakian, silahkan gunakan fasilitas cable car yang jalurnya melingkar. Jalur cable car ini menghubungkan Engelberg dengan puncak gunung Titlis. Area yang akan dilalui adalah Gerschnialp, Trubsee, dan Stand. Seusai menaiki cable car, para pengunjung bisa mengunjungi gua gletser yang cantik. Fasilitas di gunung ini juga terbilang lengkap. Ada restoran dan toko souvenir. Selain berkunjung ke gua gletser, jangan lupa mampir ke jembatan gantung tertinggi di dunia, Titlis Cliff Walk. Dari sana, kamu bisa menikmati pemandangan Pegunungan Alpen secara keseluruhan.

  1. Jungfrau

Jungfrau merupakan salah satu puncak gunung yang cukup populer di deretan Pegunungan Bernese Alps. Puncak Jungfrau ini berada pada ketinggian 4.158 meter di atas permukaan laut. Gunung yang berada di antara canton Bern dan Valais ini membentuk tembok alam raksasa di deretan Pegunungan Alpen sepanjang 10 km membatasi lembah Lauterbrunnen dan Grindelwald.

Pemandangannya sangat cantik dan mempesona bagi siapa pun yang melihatnya secara langsung. Berkat pemandangannya tersebut, Jungfrau dinobatkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 2001 yang lalu dengan nama Jungfrau-Aletsch.

Untuk tiba di Jungfrau, para pengunjung bisa menggunakan kereta Jungfraubahn yang menghubungkan Kleine Scheidegg dan Jungfraujoch. Stasiun keretanya berada pada ketinggian 3.454 m dan merupakan stasiun kereta paling tinggi yang ada di Eropa.

  1. Rigi

Sumber: Rigi

Gunung Rigi berada di wilayah bagian tengah Swiss. Gunung ini dikelilingi oleh Danau Luzern, Danau Zug, dan Danau Laurez. Jika gunung-gunung lainnya di Swiss identik dengan salju dan cuaca yang sangat dingin, gunung Rigi justru bisa dinikmati wisatawan pada musim panas dan dingin. Jika ingin berkunjung ke sini, gunakanlah kereta pada jalur Rigi Bahnen yang merupakan jalur kereta pegunungan tertua di Eropa. Jika tidak ingin naik kereta, kamu bisa mencoba gondola dan cable car.

  1. Pilatus

Masih di sekitar Gunung Rigi, Gunung Pilatus yang berada di tepi Danau Luzern ini terbagi dalam 3 wilayah canton sekaligus yaitu Obwalden, Nidwalden, dan Luzern. Gunung Pilatus memiliki 3 puncak utama yaitu Tomlishorn yang tingginya 2.128 meter di atas permukaan laut, Esel yang tingginya 2.118 meter di atas permukaan laut, dan Oberhaupt yang tingginya 2.105 meter di atas permukaan laut.

Jika ingin mengunjungi gunung ini, kamu harus menggunakan kereta dari Stasiun Kereta Pilatusbahn yang lokasinya cukup curam atau cable car yang berada di Kriens.

Itulah 5 gunung cantik di Swiss yang bisa kamu kunjungi. Sudah siap untuk memesan tiket pesawat dan terkagum-kagum dengan kecantikan gunung tersebut?

97

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here