Tips Merencanakan Liburan Bersama Keluarga Lintas Generasi

0
94

Jakarta, Tamasya – Pergi liburan banyak manfaatnya. Selain menambah pengalaman, kamu akan merasa senang dan semakin akrab dengan teman seperjalanan. Jika selama ini kamu hanya pergi berlibur bersama teman sebaya, mengapa untuk liburan mendatang tidak dilewatkan bersama seluruh anggota keluarga mulai dari orang tua hingga anak-anak?

Berlibur bersama anggota keluarga memang menyenangkan dan bisa mempererat tali persaudaraan, hitung-hitung sebagai bentuk hadiah juga untuk orang tua. Ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan sebelum melakukan liburan tersebut. Tampaknya persiapan liburan akan cukup merepotkan dan menguras tenaga, meski demikian liburan ini dijamin akan meninggalkan kenangan yang tidak terlupakan.

Pergi bersama seluruh anggota keluarga berarti ada lintas generasi mulai dari yang tua, dewasa, muda, dan anak-anak. Untuk liburan ini, kamu tidak boleh egois memaksakan kehendak melainkan mempertimbangkan hal-hal yang cocok untuk semua anggota keluarga.

Agar liburan bersama keluarga yang lintas generasi ini menyenangkan dan berkesan bagi semua anggotanya, yuk simak tips untuk merencanakannya berikut ini!

  1. Tentukan destinasi yang disukai semua anggota

Meski kamu yang bertanggung jawab untuk merencanakan liburan, bukan berarti destinasinya dipilih berdasarkan keinginanmu. Tentukan destinasi yang ramah terhadap anak dan lansia agar liburan berjalan lancar. Misalnya negara dengan fasilitas umum yang mudah dicapai, transportasi umum yang ramah lansia, bisa membawa stroller atau kursi roda, atau jarak antar tempat wisata tidak terlalu jauh. Bisa juga melakukan diskusi dan pemungutan suara bersama seluruh anggota keluarga.

  1. Tentukan negara yang memiliki banyak atraksi

Selain memutuskan destinasi yang ingin dikunjungi oleh semua anggota keluarga, kamu juga perlu mempertimbangkan atraksi dan tempat wisata apa saja yang ada di sana. Supaya bisa lebih puas berkeliling suatu negara, pilihlah negara yang memiliki beragam taman bermain, pantai, tempat bersejarah, pusat budaya, dan tidak ketinggalan wisata kuliner. Dengan demikian, semua generasi dalam anggota keluarga bisa menikmati tempat wisata yang sesuai dengan umurnya. Misalnya para anak-anak bisa puas bermain di taman bermain dan pantai, sedangkan para orang tuanya bisa santai menikmati suasana tempat bersejarah atau wisata kuliner. Beberapa negara yang bisa kamu pertimbangkan adalah Singapura, Jepang, atau Hong Kong.

  1. Berikan waktu bebas

Liburan bersama seluruh anggota keluarga bukan berarti harus selalu bersama setiap waktu dari awal hingga akhir liburan. Beberapa anak muda tentu ingin mengunjungi tempat kekinian yang belum tentu orang tua suka. Solusinya adalah memberikan waktu bebas selama beberapa waktu atau hari untuk para anggota mengunjungi tempat wisata yang mereka inginkan tersebut.

  1. Istirahat yang cukup

Bagi anak muda, pergi seharian dari pagi hingga malam hari mungkin sudah biasa. Apalagi jika ke luar negeri yang harga tiket pesawatnya mahal, tentu kamu ingin mengunjungi banyak tempat dalam satu hari agar puas liburannya. Tapi kamu harus ingat kalau ada orang tua dan anak kecil yang ikut dalam rombongan kali ini. Ingatlah kesehatan dan stamina mereka.

Hindari pergi terlalu pagi atau pulang terlalu malam. Jika menggunakan transportasi umum seperti subway yang perlu menggunakan banyak anak tangga, jangan terburu-buru dan berikan waktu istirahat sebentar agar rombongan bisa mengistirahatkan kakinya. Dalam satu hari sebaiknya cukup mengunjungi 3-4 tempat wisata saja. Selain itu pastikan untuk tidak melewatkan jadwal makan.

  1. Bawalah bekal makan dan minum

Saat berlibur ke luar negeri, terkadang kamu akan berjalan jauh mengelilingi berbagai tempat wisata. Saat tidak menemukan rumah makan, kamu bisa memakan bekal yang sudah disiapkan sebelumnya. Dengan demikian tubuh akan tetap berenergi dan anak-anak tidak akan mudah rewel. Bekal ringan ini bisa kamu beli di minimarket dekat penginapan, misalnya roti, biskuit, susu, atau jajanan khas setempat.

  1. Liburan menggunakan jasa tur? Mengapa Tidak?

Tidak mau pusing mengatur anggota keluarga yang jumlahnya banyak dan selalu memiliki perbedaan pendapat? Gunakan saja jasa tur. Dengan jasa tur ini, kamu hanya perlu membayar biaya yang ditentukan kemudian rombongan kamu akan diantar ke berbagai tempat wisata yang menarik. Semua urusan hotel, makan, tiket masuk tempat wisata, jadwal, hingga transportasi sudah diatur oleh pihak tur. Keunggulan dari menggunakan jasa tur ini adalah para orang tua dan lansia tidak perlu kelelahan karena harus menggunakan transportasi umum yang jaraknya cukup jauh dari tempat tujuan. Jika tidak ingin gabung dengan rombongan lain, saat ini sudah tersedia banyak tur private untuk rombongan keluargmu saja. Bahkan kamu bisa mengajukan permintaan untuk mengunjungi beberapa tempat wisata tertentu.

Jika tubuh sehat, stamina terjaga, dan emosi terjaga selama berlibur, liburan bersama anggota keluarga lintas generasi ini pasti akan menjadi kenangan yang tidak terlupakan. Jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan momen-momen ini ya. Selamat berlibur!

94

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here