Fakta Unik Kota Macao!

0
61

Macao dikenal sebagai kota yang menggabungkan 2 budaya yaitu, perpaduan antara budaya barat dan budaya timur. Tidak banyak yang tahu tentang Kota Macao, kebanyakan hanya sebatas liat di film-film saja. Yuk Kita simak fakta unik di Kota Macao!

1. Kuliner Khas

Sejarah Macao telah membuat masakannya menjadi khas dengan sendirinya. Jangan lupa bahwa selama abad ke-16 dan 17, Portugal menjadi jawara rempah-rempah yang diambil dari Nusantara dan sekitarnya. Membawa rempah-rempah ke Eropa jelas tidak semudah sekarang dan untuk itu perlu hub. Itulah fungsi Macao.

Dengan demikian, faktor rempah-rempah telah menjadi kekayaan mendasar kuliner di Macao. Ditambah dengan asimilasi ke timur alias Tionghoa, menjadikan gaya Tionghoa berpadu dengan hidangan khas Eropa tetapi kuat rempah-rempah, maka jadilah kuliner Macao sebagai salah-satu kuliner tiada duanya. Gastronominya bahkan telah masuk dalam the Macao Intangible Cultural Heritage List tahun 2012.

2. Benteng Guia

Dibangun antara tahun 1622 hingga 1638, di dalam benteng ini terdapat Kapel Guia yang didirikan oleh para biarawati Klaris sebelum kemudian mereka mendirikan biara. Dalam kapel ini terdapat lukisan rumit yang merupakan pencampuran tema barat dan tionghoa sebagaimana kekhasan dari Macao. Di tempat yang sama juga ada mercusuar Guia, yang merupakan mercusuar modern pertama yang berdiri di pantai Tiongkok.

3. Bebas Visa untuk WNI

Menurut skyscanner.co.id, Warga Negara Indonesia (WNI) bebas melakukan kunjungan ke Las Vegas-nya Asia ini selama 30 hari tanpa visa. Hal ini menjadikan Macao setara dengan Jepang, Hongkong, Maroko, Fiji, hingga Peru yang memberikan keleluasaan yang sama bagi orang Indonesia. Punya keleluasan di saat banyak orang meragukan pemerintahan sendiri kayaknya asyik dan bikin melongo, lho.

4. Terdiri dari Tiga Bagian Besar

Kota yang terletak di selatan Provinsi Guangdong, Tiongkok, ini terdiri dari tiga bagian besar yakni Macao Peninsula, Taipa, dan Kepulauan Coloane. Macao Peninsula adalah pusat wilayah dan dihubungkan dengan Pulau Taipa oleh tiga jembatan. Adapun beberapa resor besar berdiri di tanah reklamasi antara Taipa dan Coloane. Distrik baru ini disebut Cotai.

5. Macao Tower

Spot satu ini bisa dijadikan destinasi utama ketika berencana untuk liburan di Macau karena Menara Macau adalah obyek wisata yang akan melengkapi kesenangan Anda. Dengan tinggi 338 meter, segala keindahan kota Macau dapat dinikmati dari atas puncak Macau Tower ini. Tantang diri Anda juga untuk berjalan di luar gedung Macau Tower yang ada di atas di mana lantainya terbuat dari kaca sehingga bisa langsung melihat kota Macau. Kegiatan lainnya yang bisa memacu adrenalin adalah bungee jumping, jadi bagi yang suka tantangan obyek ini begitu wajib untuk didatangi.

Bahkan bungee jumping yang ada di menara ini adalah yang paling tinggi yang ada di dunia. Dari ketinggian 338, silakan coba tantangan ini jika Anda punya nyali yang besar. Selain adanya menara dan wahana penuh tantangan tersebut, wisatawan juga akan menemukan bioskop, restoran, serta Pusat Pertemuan dan Hiburan 4 lantai. Hal yang menyenangkan di tempat ini adalah pada malam harinya Anda bisa makan malam di skywalk setelah puas memotret. Yang hobi berkuliner jangan sampai melewatkan makanan-makanan nikmat dengan taraf hotel berbintang lima hanya di Macau Tower.

6. Macao Giant Panda Pavilion

Harta karun Macau lainnya yang layak untuk dijadikan destinasi liburan adalah Macau Giant Panda Pavilion yang lokasinya memang cukup jauh dari kawasan gemerlap resort-resort Macau. Bila berkunjung ke Taman Seac Pai Van, maka Anda akan menemukan dua ekor panda besar yang amat langka di tempat ini, mereka adalah Xin Xin dan Kai Kai. Paviliun yang dibangun di atas lahan sebesar 3000 meter persegi ini memiliki dua bagian ruangan, indoor dan outdoor berikut juga pusat-pusat logistik untuk memberi makan dan merawat panda-panda tersebut.

Pemerintah China Daratan-lah yang menghadiahkan kedua panda tersebut untuk memperingati ulang tahun reunifikasi antara China dengan Macau yang ke-10. Salah satu komitmen dari pemerintah Macau sendiri adalah ingin berbagi harta nasional kepada warga Macau sendiri maka tidak heran bila kedua panda raksasa yang tetap kelihatan imut tersebut ada di taman ini.

7. Reruntuhan St. Paul

Ciri khas Macau yang tidak boleh terlupakan adalah reruntuhan St. Paul atau Sao Paulo di mana anak tangga besar menuju tempat ini merupakan pemandangan yang luar biasa di Macau. Alasan mengapa tempat ini disebut dengan reruntuhan adalah karena memang sempat terjadi kebakaran yang terjadi tidak hanya sekali pada bangunan ini, yaitu pada tahun 1601 dan 1835.

Konon, gereja ini dulunya berjejeran dengan perpustakaan serta kampus klasik yang akhirnya juga habis terbakar. Sempat ada upaya-upaya dalam mendirikan kembali bangunan megah tersebut, namun versi bangunan yang sudah ada di dalam banyak benak pengunjung bakal susah ditandingi oleh kondisi terbarunya.

65

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here