Manfaat Paket Data Selama Traveling ke Luar Negeri

0
24

Jakarta, Tamasya – Di era serba teknologi ini, kehadiran smartphone hampir tidak bisa dipisahkan dari aktivitas sehari-hari. Smartphone tidak lagi hanya digunakan untuk berkomunikasi, tapi melakukan banyak hal seperti membaca berita, meng-update media sosial, bahkan berbelanja online.

Dengan berbagai manfaatnya tadi, tidak heran hampir semua orang wajib membawa smartphone ke mana pun mereka pergi dan tidak ketinggalan powerbank atau kabel cas. Oh iya, tentu saja semua manfaat dari smartphone ini bisa kamu nikmati jika sudah membeli paket data atau internet.

Tahukah kamu kalau paket data pada smartphone ini tidak hanya bermanfaat dalam aktivitas sehari-hari, tapi juga pada saat liburan terutama di luar negeri? Yuk, simak apa saja manfaat paket data tersebut!

  1. Komunikasi

Sumber: Androit PIT

Fungsi utama dari smartphone adalah sebagai alat komunikasi. Ketika sudah sampai negara tujuan, tentu kamu ingin mengabari keluarga di tanah air mengenai kondisimu saat itu. Sayangnya saat berada di luar negeri, tarif menelepon antar negara atau roaming sangat mahal. Begitu juga dengan tarif SMS. Untungnya dengan paket data, kamu bisa melakukan panggilan bahkan video call berbasis internet yang harganya tidak semahal tarif menelepon antar negara. Untuk melakukan panggilan berbasis internet ini, kamu bisa menggunakan berbagai aplikasi chatting seperti Whatsapp, LINE, atau Kakao Talk. Dijamin kualitasnya tidak kalah saing dengan telepon antar negara.

  1. Mencari info seputar tempat tujuan

Sebelum berangkat menuju negara destinasi, kamu pasti sudah melakukan pencarian informasi mengenai tempat wisata atau tujuan lainnya terlebih dulu. Namun pada saat menjalankan liburan, bukan tidak mungkin jadwal perjalanan berubah dari yang direncanakan. Untuk mengantisipasi hal ini, kamu bisa menggunakan paket data untuk mencari informasi tambahan. Misalnya kamu ingin makan di restoran A yang ternyata tutup pada saat kamu kunjungi, dengan paket data kamu bisa mencari tahu restoran rekomendasi lainnya yang ada di dekat lokasimu. Paket data ini bisa digunakan juga untuk mencari tahu jadwal keberangkatan transportasi umum.

  1. Pantang nyasar di jalan

Fitur GPS sebelumnya hanya dikenal sebagai penunjuk jalan di mobil. Namun, saat ini semua smartphone sudah memiliki fitur GPS. Berkat fitur ini tentu kamu bisa mencari jalan dengan mudah meski baru pertama kali ke sana. Selain menunjukkan arah jalan, GPS ini bisa memberi tahu berapa lama waktu tempuh yang dibutuhkan, titik kemacetan jalan, hingga berbagai rekomendasi transportasi umum yang bisa digunakan. Jalan-jalan sendiri jadi lebih hemat waktu tanpa nyasa dan pastinya menyenangkan. Fitur GPS ini bisa dinikmati melalui sejumlah aplikasi seperti Google Maps dan Waze.

  1. Pesan kendaraan dan tiket transportasi

Taksi online tidak hanya populer di Indonesia, tapi juga di beberapa negara seperti Singapura, Malaysia, dan sebagainya. Saat membawa banyak barang dan malas berjalan jauh menggunakan transportasi umum, kamu bisa dengan mudah memesan taksi online ini.

Begitu juga saat ingin memesan tiket kereta atau pesawat. Kamu bisa menggunakan berbagai aplikasi ticketing online. Bukti pemesanannya pun tidak perlu diprin lagi karena kamu hanya perlu menunjukan e-voucher yang ada di smartphone. Selain itu, aplikasi ticketing online ini sering mengadakan promo diskon yang menarik. Mudah dan menggiurkan, ya?

  1. Penerjemah bahasa asing

Kendala yang sering dihadapi ketika liburan ke luar negeri adalah perbedaan bahasa dengan masyarakat setempat. Walaupun kamu bisa berbahasa Inggris, belum tentu orang yang kamu temui bisa berbahasa Inggris juga. Untuk itu instal-lah aplikasi penerjemah bahasa seperti Google Translate dan nyalakan paket datamu. Ketika bingung dengan bahasa setempat, kamu bisa mengetik tulisan tersebut atau memotretnya dan aplikasi ini akan menerjemahkannya ke bahasa Indonesia atau sebaliknya. Aplikasi ini akan sangat membantu ketika kamu ingin menanyakan arah jalan, memesan makanan, dan membayar barang belanjaan.

  1. Tetap eksis

Sumber: Worldation

Foto-foto keren selama liburan rasanya akan mubazir jika tidak diunggah ke media sosial. Dengan paket data, kamu bisa bebas mengunggah foto ke media sosial kapan saja dan di mana saja sehingga tetap eksis.

  1. Menyimpan foto di dunia maya

Saat liburan adalah saatnya mengabadikan semua momen yang terjadi. Saking banyaknya foto di sana-sini, kadang memori kamera atau smartphone menjadi penuh. Tenang, berkat paket data kamu bisa menyimpan foto di media penyimpanan online seperti Google Drive, Dropbox, atau iCloud. Dengan demikian, kamu tidak perlu pusing menghapus foto dan bisa melanjutkan mengambil foto sepuasnya.

Sudah tahu manfaat dari paket data selama liburan di luar negeri? Jika tertarik untuk menggunakannya, sebaiknya cari tahu informasi mengenai provider tanah air apa saja yang bisa digunakan paket datanya di negara tujuan wisatamu. Jika provider smartphonemu tidak tersedia di negara tersebut, jangan bersedih karena kamu bisa menggunakan provider ponsel setempat atau menyewa modem Mi-Fi atau Mobile Wi-Fi yang bisa dibawa ke mana saja.

30

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here