Makanan Thailand Yang Wajib Kamu Cicipi!

0
61

Thailand merupakan salah satu destinasi favorit para traveler dari berbagai belahan dunia. Siapa yang nggak tertarik menyambangi keindahan pantai di Pattaya maupun Koh Phi Phi? Selain itu, Negeri Seribu Pagoda ini juga memiliki beragam warisan budaya yang sayang untuk dilewatkan.

Namun, daya tarik Thailand tak berhenti sampai di situ, lho. Salah satu hal ikonik di sana adalah street food alias jajanan kaki limanya yang melegenda dan murah tentunya! Yuk jelajahi pesona Thailand lewat lidah dengan mencicipi 10 Thai street food ini.

1. Khao pad, nasi goreng khas Thai

Salah satu menu makanan yang umum ditemukan di kaki lima Bangkok adalah khao pad alias nasi goreng ala Thailand. Isinya beragam, mulai dari ayam, udang, kepiting, sampai daging babi. Harganya berkisar antara 80-100 Baht atau setara Rp 30 ribuan.

2. Pad Thai

Bentuk pad Thai sangat mirip dengan kwetiaw yang sering kita jumpai di kaki lima negeri sendiri. Bahan pelengkapnya pun mirip, seperti tauge dan kucai lengkap dengan daging ayam, sapi, atau udang. Kamu bisa menikmati kuliner khas yang populer ini dengan merogoh antara 80-100 Baht.

3. Som Tam

Kalau kamu gemar makanan yang segar-segar, jangan ragu untuk menjajal Som Tam. Ini adalah makanan tradisional yang terbuat dari irisan pepaya muda dengan bumbu yang agak pedas dan asam. Som Tam sering dicampur dengan kepiting, udang, atau disajikan dengan teman ayam panggang. Harganya sekitar 90 Baht.

4. Khao Gang

Sarapan adalah waktu yang pas untuk melahap Khao Gang, yaitu nasi kari yang dibuat dari kari pilihan serta kombinasi aneka bahan yang dimasak dengan cara ditumis. Selain rasanya enak, makanan ini juga bergizi lengkap! Harganya berkisar antara 70-90 Baht.

5. Gai Yang

Nah ini juga nih juara. Ayam panggangnya Thailand. Kamu bisa makan ini di Chiang Mai. Enak banget dimakan bareng nasi dan som tam. Seriusan, pake som tam cocok banget. Dan yang uniknya lagi, orang Thailand itu biasa makan Gai Yang pake ketan.

6. Es Krim Kelapa

Jajanan yang satu ini sudah terkenal kelezatannya sampai ke Indonesia. Es krim kelapa sangat mudah ditemukan di Thailand termasuk di dalam mal, namun di Chatuchak harganya lebih terjangkau yakni 40 baht atau Rp16 ribu saja. Es krim kelapa disajikan langsung di dalam batok kelapa. Sebagai tambahannya, nata de coco dan buah kolang-kaling juga diberikan di dalamnya. Kacang goreng dipilih sebagai toppingnya, sementara daging kelapa muda ditata di pinggiran es krim.

7. Mak Muang

Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, kamu mungkin langsung paham jenis makanannya. Dalam bahasa Indonesia, makanan ini berarti mangga hijau dengan saus ikan manis. Sebagai gambarannya, dalam sajian ini Anda bakal menemukan irisan mangga setengah matang yang dipotong-potong seperti rujak buah dengan tambahan sambal.

8. Gurita Goreng Pedas

Aneka makanan gorengan juga tak boleh dilewatkan saat ada di pasar Chatucak. Kali ini, gorengan yang disantap boleh sedikit ‘naik kelas’ yaitu gorengan seafood. Pecinta makanan laut akan dengan mudah menemukan gurita goreng pedas di sepanjang Pasar Chatuchak. Makanan ini dijual mulai dari 50-60 baht (Rp20-Rp25 ribu).

9. Aneka dessert

Selain makanan berat, kamu juga bisa menemukan beragam dessert dan jajanan yang tentu menggoda. Beberapa yang populer di antaranya adalah mango sticky rice dan durian sticky rice. Ini semacam ketan yang dimakan bersama mangga atau durian segar.

Cicipi pula khanom krok, makanan mirip serabi yang terbuat dari kelapa. Di sini juga banyak penjual makanan mirip cilok, tapi yang dijual berupa olahan gurita, cumi, bakso ikan, sampai kepiting. Yang unik, kamu akan menemukan aneka serangga dan ulat goreng yang dijual di  gerobak di sini. Hiii, jangan sampai salah beli kecuali kamu memang tertarik berkuliner ekstrem.

Jadi, pastikan kamu gak alpa menjamahi kekayaan kuliner Thailand saat traveling ke sana. Memiliki makanan favorit khas Thailand yang belum disebutkan di sini? Bagiin, dong di kolom komentar!

 

155

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here