Kuliner Khas Belitung

0
51

1. Lakso

Lakso

Ini lakso, makanan khas dari Belitung satu ini tidak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung kesana. Bentuk dari lakso ini disajikan dengan kuah kaldu yang akan memanjakan lidahmu. lakso sangatlah cocok untuk menemani saat bersantai ria.

2. Mie Belitung

Mie Belitung adalah makanan khas Belitung pertama yang akan dibahas. Untuk Anda yang baru pertama kali menginjakkan kaki ke tanah Belitung, maka Anda harus mencoba mie yang satu ini. Bahan mie yang diguankan sebenarnya sama saja, yaitu mie kuning, namun kuah yang digunakan berbeda dengan kuah mie yang ada di kawasan lainnya. Kuah mie Belitung ini menggunakan kuah kaldu yang terbuat dari olahan udang, dan campuran bumbu lainnya, seperti bawang merah, bawang putih, merica, jahe, dan beberapa jenis bumbu lainnya. Dalam 1 porsi mie Belitung, Anda akan memperoleh mie kuning, kentang rebus, udang, taburan emping dan timun. Makanan ini paling enak dikonsumi ketika sedang panas.

3. Rusip

rusip

Lalu untuk makanan yang tidak boleh terlewatkan lainnya ketika di Belitung adalah Rusip. Makanan khas Belitung ini konon percampuran antara dua budaya yakni dari Belitung dan Jawa. Proses pembuatan Kuliner khas Belitung ini bisa dibilang unik dan memerlukan waktu yang lama, karena menggunakan ikan teri yang difermentasi, yang kemudian dicampur dengan gula jawa. Kebayang rasanya seperti apa? Jangan lupa untuk mencobanya ketika datang ke Belitung.

4. Kopi Belitung

Mungkin kamu belum terlalu mengenal kopi asal Belitung, tetapi bagi para pecinta kopi, kamu dijamin akan ketagihan setelah mencobanya! Walaupun warung-warung kopi di daerah tersebut hanya menyajikan kopi hitam atau kopi susu, kamu dapat menikmati rasa yang cukup kuat dan pas untuk memulai hari. Setiap warung kopi akan menyajikan kopinya dengan cara tradisional, dimulai dari merebus air seduhannya dengan tungku arang! Kamu dapat mengobrol atau bersantai dengan teman di salah satu warung kopi ini setelah pergi jalan-jalan seharian.

5. Gangan

gangan khas belitung

Yang ketiga adalah Gangan. Kuliner khas Belitung ini juga tidak boleh kamu lewatkan. Makanan ini adalah makanan sehari-hari orang Belitung. So jika kamu mencobanya, akan selalu teringat Pulau Belitung ketika sudah pulang dari sana. Gangan ini disajikan dengan kuah, dan berbahan ikan, sayuran dan rempah-rempah khas Belitung. So akan sangat nikmat rasanya.

6. Siput Gong Gong

Bangka Belitung ini kaya akan kudapan laut, dan salah satu kuliner yang tidak boleh Anda lewatkan ketika mengunjungi kawasan yang satu ini adalah siput gong gong. Siput yang satu ini tentunya berbeda dengan jenis siput lainnya, karena jenis siput yang satu ini berasal dari laut. Kuliner yang satu ini akan mudah Anda temui di kawasan Tanjung Pinang. Ada banyak sekali tempat yang menjajakan kuliner yang satu ini. Penduduk lokal Babel sangat menyukai kuliner yang satu ini, dimana siput ini diolah dengan cara direbus, kemudian dihidangkan bersama saus sambal. Cara mengkonsumsi siput ini cukup mudah, keluarkan siput tersebut, Anda dapat menggunakan tusuk gigi, kemudian oleskan pada kuah sambal yang ada. Rasanya tentu akan lebih nikmat. Selain direbus, siput Gong gong ini juga biasanya digoreng.

7. Pantiaw
Pantiaw

Jika ingin mengganjal perut saat sedang lapar, pantiaw adalah pilihan makanan yang tepat ketika di Belitung. Pantiaw berwarna putih bersih, diatasnya ada toping bawang goreng yang akan menggugah seleramu untuk segera mencicippinya.

8. Sambal Lingkung

Sambal Lingkung adalah jenis sambal lain yang ada di Bangka Belitung selain Sambal Rusip. Bentuk sambal lingkung tersebut berbeda dengan sambal pada umumnya, penampilannya lebih mirip dengan abon. Bahan utama untuk membuat sambal Lingkung ini adalah ikan dan juga udang yang masih segar. Jenis ikan yang biasanya digunakan adalah ikan tenggiri. Ikan tersebut, diolah kemudian dihaluskan menjadi serbuk halus, dan berwarna kecoklatan. Kuliner ini paling pas jika disantap bersama nasi dan hidangan lainnya.

9. Kericu

keritcu

Kericu adalah makanan sejenis kerupuk seafood yang sangat enak. Kericu ini dibuat menggunakan cumi-cumi dan terlurnya yang sudah dihaluskan, kemudian dicampur dengan tepung sagu, lengkuas, bawang merah serta bawang putih. Kericu sangat cocok untuk oleh-oleh, jadi bisa dibilang, jika ke Belitung tidak membawa oleh-oleh makanan satu ini rasanya belum lengkap.

10. Suto Belitung

Walaupun dari namanya kamu mungkin menebak hidangan ini adalah soto khas Belitung, tetapi menu yang satu ini bukanlah sebuah soto. Banyak orang yang sudah mencicipinya mengatakan bahwa Suto Belitung sepintas terlihat seperti sepiring ketupat sayur, tetapi memiliki rasa yang sangat berbeda. Kuahnya berasal dari kari iga yang kental dan juga gurih, disajikan dengan potongan lontong, bihun, irisan daging dan juga emping.

11. Ketam Isi

Belitung memang memiliki segudang hidangan seafood yang lezat! Menu yang satu ini dapat kamu bawa pulang sebagai buah tangan untuk keluarga dan kerabat, loh. Ketam isi adalah campuran daging kepiting rajungan, bumbu khas, daun bawang dan telur. Campuran tersebut kemudian dimasukkan kembali ke dalam cangkang kepiting untuk digoreng. Rasanya yang lezat dan gurih sangat pas untuk disantap bersama nasi putih, kamu pasti akan ketagihan!

68

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here