Bawa Laptop Saat Liburan? Ini Tipsnya!

0
76

Jakarta, Tamasya – Dunia yang serba instan dan modern ini membuat manusia bergantung pada internet. Untuk menggunakan internet ini, kamu membutuhkan gadget seperti smartphone dan laptop. Tidak hanya untuk aktivitas sehari-hari, laptop ini kadang dibawa juga pada saat liburan.

Ada yang membawa laptop untuk mengurus pekerjaan, meski seharusnya liburan tidak perlu diganggu oleh urusan pekerjaan. Ada juga yang membawa laptop untuk mengedit video, gambar, dan tulisan sebagai bentuk dokumentasi selama liburan. Biasanya wisatawan yang membawa laptop ini adalah blogger dan vlogger.

Bagi kamu yang terpaksa untuk membawa laptop saat liburan dengan alasan apa pun, yuk simak tips membawa laptop berikut ini supaya aman selama perjalanan!

  1. Hindari meletakkan laptop di bagasi kabin dan bagasi check-in

Jangan sekali-kali mencoba meletakkan laptop di dalam bagasi check-in. Seperti yang sudah kamu ketahui, bagasi check-in seringkali dilempar dan dibanting saat dibawa ke dalam badan pesawat. Hal ini tentu akan membuat laptopmu rusak meski sudah dibungkus dengan rapi.

Hindari juga meletakkan laptop di bagasi kabin bagian atas karena bisa saja mengalami guncangan selama penerbangan, bahkan tertimpa bagasi penumpang lain yang akan membuatnya rusak. Sebaiknya laptop diletakkan di bawah kursi pesawat atau dipangku.

  1. Bawa tas laptop

Selama tidak digunakan, pastikan laptop berada di dalam tas laptop. Pilihlah tas laptop yang bagian dalamnya empuk. Dengan demikian, jika laptop mengalami benturan dan guncangan, resiko menjadi rusaknya akan lebih kecil. Tas laptop ini bisa yang bentuknya ransel agar memudahkan kamu membawanya ke mana-mana atau yang bentuknya slempang agar terlihat lebih bergaya.

  1. Bawa adaptor colokan

Adaptor kabel cas laptop ada banyak jenis, ada yang berkaki 2 dan ada juga yang berkaki 3. Untuk itu jangan lupa untuk membawa adaptor yang sesuai. Jika pergi ke luar negeri, perhatikan model adaptor yang dipakai di negara tersebut. Dengan demikian, kamu bisa bebas menggunakan laptop di mana pun tanpa perlu takut kehabisan baterai karena kamu bisa menumpang mengisi daya baterai menggunakan adaptor yang kamu bawa.

  1. Menyimpan laptop di tempat yang aman

Membawa laptop selama liburan bukan berarti kamu harus membawa laptop tersebut ke mana pun kamu pergi. Ketika pergi mengunjungi tempat wisata, sebaiknya laptop ditinggal di penginapan agar tidak menambah beban di tas selama jalan-jalan. Masalahnya, meninggalkan laptop di penginapan juga tidak bisa dijamin keamanannya. Oleh karena itu, simpanlah laptop dengan baik di tempat yang aman. Misalnya simpanlah laptop di dalam lemari dan menguncinya sebelum pergi keluar kamar. Jika penginapanmu memiliki loker khusus, manfaatkan fasilitas tersebut. Jika perlu, titipkanlah pada resepsionis yang bertugas.

  1. Pakai Wi-Fi gratis? Hati-hati!

Saat berada di luar rumah, kamu akan mencari WiFi gratis untuk mengakses internet dengan bebas dan tanpa biaya. Namun, kamu perlu berhati-hati saat menggunakan Wi-Fi gratis karena data-data pribadimu seperti password, nomor kartu kredit, akses e-banking, dan sebagainya bisa “dicuri” oleh orang jahat yang ingin mengambil keuntungan tersendiri. Tentu kamu tidak ingin menjadi korbannya, bukan?

Oleh karena itu, biasakan untuk memakai fitur tethering dari smartphone ke laptop atau membawa Mi-Fi sendiri dari rumah jika pergi ke area dalam negeri. Jika kamu pergi ke luar negeri dan terpaksa menggunakan Wi-Fi gratis, gunakanlah Wi-Fi dari sumber yang terpercaya seperti Wi-Fi hotel, perpustakaan, atau kafe setempat. Selain itu, hindari mengakses suatu website yang membutuhkan ID dan password untuk menghindari informasi tersebut disalahgunakan oleh penjahat.

  1. Jangan lupa matikan laptop

Jika kamu membawa laptop ketika mengunjungi beberapa destinasi dalam satu hari, jangan biasakan untuk menghidupkan mode sleep atau hibernate selagi berpindah tempat meski dalam waktu sebentar. Ketika hendak beranjak dari satu tempat, biasakan untuk mematikan laptop. Alasannya adalah ketika laptop dalam mode sleep atau hibernate, mesin laptop masih akan bekerja dan akan rentan rusak akibat guncangan yang terjadi selama perpindahan tempat tersebut.

  1. Jangan menggunakan laptop di sembarang tempat

Meski kamu dalam keadaan darurat untuk segera membuka laptop, perhatikan situasi sekitar dan jangan gunakan laptop di sembarang tempat. Misalnya seperti di pinggir pantai karena rentan kemasukkan pasir atau air. Ketika membuka laptop di meja makan juga, pastikan tidak berada dekat dengan gelas sehingga tidak akan ketumpahan air. Selain itu hindari juga menggunakan laptop di tempat umum yang terlalu ramai karena akan kelihatan mencolok, bahkan mengundang tindak kejahatan.

Itulah 7 tips yang bisa kamu terapkan jika terpaksa membawa laptop selama pergi berlibur baik di dalam atau luar negeri supaya tetap aman dan bebas gangguan. Yuk,gunakan laptopmu dengan bijak dan selamat berlibur!

74

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here