10 Jajanan Hong Kong yang Wajib Kamu Cicipi

0
50

Jakarta, Tamasya – Jalan-jalan ke luar negeri akan terasa sia-sia jika hanya mengelilingi tempat wisata tanpa mencicipi kuliner khas negara tersebut. Selain mencicipi makanan khas di rumah makan tertentu, kamu juga harus mencicipi jajanan pinggir jalan yang unik dan harganya sangat ramah di kantong.

Salah satu negara yang terkenal dengan jajanan pinggir jalan enak, murah, dan jarang ditemukan di negara lain adalah Hong Kong. Kamu berencana mengunjungi Hong Kong untuk destinasi liburan yang akan datang? Simak dan catat dulu daftar jajanan pinggir jalan berikut ini agar liburan semakin terasa memuaskan!

  1. Egg waffle

Egg waffle merupakan jajanan paling favorit di Hong Kong. Meski sudah banyak ditemukan di negara lain termasuk Indonesia, tentu kurang sah rasanya jika tidak mencicipi di negara asalnya. Berbeda dengan waffle biasanya yang berbentuk pagar, egg waffle ini memiliki bentuk berupa bulatan-bulatan kecil. Egg waffle ini bisa dengan mudah ditemukan di pinggir jalan hingga kafe. Teksturnya lembut dan creamy. Toppingnya bermacam-macam dan bisa kamu pilih sesuai selera. Ada buah-buahan segar, cokelat, strawberry, es krim, dan masih banyak lagi.

  1. Curry fish ball

Sumber: The Woks of Life

Jajanan Hong Kong wajib berikutnya adalah curry fish ball alias bakso ikan yang disajikan bersama kuah kari. Jajanan yang satu ini bisa ditemukan di setiap sudut Hong Kong. Jajanan ini disajikan dengan tusuk sate. Harganya murah, hanya sekitar 8 ribuan rupiah per tusuknya. Kalau tidak menemukan makanan berat, jajanan ini bisa jadi alternatif yang mengenyangkan.

  1. Pinneapple bun

Meski diberi nama pineapple bun alias roti nanas, kenyataannya roti ini sama sekali tidak menggunakan nanas sebagai bahan pembuatannya. Roti ini diberi nama pineapple bun karena bagian atas rotinya memiliki bentuk menyerupai buah nanas. Rotinya memiliki rasa manis dan di bagian tengahnya terdapat lelehan butter yang sangat nikmat. Roti ini tidak hanya populer di kalangan masyarakat lokal tapi juga wisatawan mancanegara.

  1. Tentakel cumi-cumi bakar

Jika biasanya kita menikmati cumi-cumi bakar tanpa tentakelnya, di Hong Kong justru kamu akan banyak menemukan jajanan pinggir jalan berupa tentakel cumi-cumi bakar. Jajanan yang satu ini ditusuk menggunakan tusuk sate dan dibakar. Kemudian dilumuri berbagai macam saus yang menggugah selera. Ada pilihan saus teriyaki, BBQ, dan saus pedas. Selain tentakel cumi-cumi, ada juga loh tentakel gurita.

  1. Egg tart

Selain egg waffle, Hong Kong juga terkenal dengan jajanan egg tart. Egg tart ini teksturnya lembut dan rasanya manis. Jajanan yang sudah ada di Hong Kong sejak tahun 1940-an ini wajib kamu cicipi selagi liburan ke Hong Kong. Jajanan ini bisa ditemukan dengan mudah di semua sudut Hong Kong, baik di pinggir jalan atau pun di kafe.

  1. Usus babi goreng

Jajanan khas Hong Kong berikutnya adalah jajanan non-halal karena menggunakan usus babi sebagai bahan utamanya.  Jajanan yang satu ini biasanya disajikan dengan tusuk sate kemudian digoreng hingga garing dan renyah. Jajanan nikmat ini akan terasa semakin nikmat jika kamu melumurinya dengan saus khusus dan cabai. Harganya sekitar 17 ribuan per tusuk. Murah dan nikmat sehingga jajanan ini menjadi favorit masyarakat lokal dan wisatawan mancanegara.

  1. Stinky tofu

Sumber: Vision Time

Stinky tofu alias tahu busuk merupakan jajanan khas Hong Kong yang juga populer di China dan Taiwan. Biasanya stinky tofu ini dijajakan di pinggir jalan. Stinky tofu ini dimasak dengan cara digoreng kemudian dimakan bersama dengan saus khusus. Meski dibuat dari tahu busuk, jajanan ini tetap aman dikonsumsi loh karena merupakan proses dari fermentasi. Jika kamu sensitif dengan bau-bauan sebaiknya hindari mencicipi jajanan yang satu ini karena baunya sangat menyengat.

  1. Chee cheung fun

Jajanan berikutnya adalah chee cheung fun yang sifatnya non-halal. Jajanan gurih yang satu ini dibuat dari mie beras yang bagian dalamnya diisi dengan selai kacang dan minyak babi yang kemudian dikukus hingga matang. Setelah matang, jajanan yang satu ini diberi taburan wijen dan saus khusus. Harganya hanya sekitar 10 ribuan rupiah per porsi.

  1. Chestnut panggang / goreng

Jika di Indonesia kamu sering menemukan chestnut panggang, maka di Hong Kong ada chestnut panggang dan goreng. Jajanan yang dijual per kilogram ini memiliki bentuk kecil-kecil sehingga bisa dinikmati sambil mengelilingi jalanan di Hong Kong.

  1. Hong Kong Milk Tea

Tidak hanya Taiwan yang memiliki milk tea alias teh susu yang dilengkapi dengan berbagai macam topping, Hong Kong juga memiliki milk tea yang khas. Minuman khas Hong Kong yang satu ini bisa dengan mudah ditemukan pada kedai-kedai penjual milk tea yang tersebar di pinggir jalan atau di dalam pusat perbelanjaan.

45

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here