Kenali 9 Manfaat Travelling untuk Diri Anda

0
39

Menjelajah tempat yang belum pernah kita kunjungi sebelumnya, belum lagi bisa menemukan tempat-tempat yang eksotis, bisa rehat sejenak dari berisiknya keramaian di kota adalah hal yang bisa membuat kita bahagia. Untuk kamu yang udah jenuh dengan aktivitas sehari-hari kamu, saat liburan pengen dong memanfaatkan waktu untuk menyegarkan pikiran. Memang bermalas-malasan sambil nonton film akan jadi hal yang menyenangkan, tapi lebih menyenangkan jika kamu traveling!

Menurut Merriam Webster Dictionary, traveling means to go on a trip or journey, to go to a place and especially one that is far away. Jadi traveling artinya adalah melakukan perjalanan jauh. Jauh dari tempat tinggal kita dan yang lebih penting lagi adalah jauh dari zona nyaman kita. Melepaskan segala rutinitas keseharian dan sepenuhnya mneikmati perjalanan yang kita lakukan. Mari Kenali Manfaat Travelling bagi diri kamu!

1. Memulihkan Stres

Manfaat travelling bagi kesehatan yang terbukti ampuh adalah meredakan stres. Rasa stres memang tidak bisa dihindari. Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya stres, entah dipicu oleh rutinitas yang terlalu padat, maupun masalah yang tengah dihadapi.

Oleh sebab itu, perlu adanya suatu aktivitas yang bisa mengobati stres tersebut, di mana salah satunya adalah travelling atau jalan-jalan. Manfaat hobi travelling yang satu ini bahkan sudah dibuktikan oleh sejumlah penelitian, yang mana disitu dikatakan jika orang-orang yang melakukan travelling merasa lebih bahagia dan tidak stres pasca melakukan kegiatan tersebut.

2. Memperbaiki Mood

Tidak selamanya Anda berada dalam mood yang baik, bukan? Ada saja hal-hal yang menjadi mood-breaker. Sangat tidak menyenangkan, bukan?

Manfaat travelling bagi kesehatan mental lainnya adalah memperbaiki mood yang buruk tersebut. Survei yang dilakukan oleh Diamond Resorts International mendapati fakta bahwa mereka yang melakukan travelling mengaku jika mood-nya kembali baik setiap kali melakukan perjalanan.

3. Memperkuat Hubunganmu dengan Orang Lain

Menjalani liburan bersama atau berbagi pengalaman liburan dapat memperkuat hubungan anda dengan orang lain. Pengalaman unik atau buruk sekali pun bahkan bisa menjadi topik perbincangan yang menarik bersama orang lain.

Kegiatan ini juga membuat anda semakin memahami orang lain dan memperperat ikatan emosional yang telah terjalin. Terlebih lagi jika anda berlibur bersama orang terdekat seperti pasangan atau keluarga.

Liburan nyatanya lebih dari sekadar kegiatan menyenangkan di tengah sibuknya pekerjaan. Melakukan traveling minimal satu kali setiap tahun akan memberikan begitu banyak manfaat bagi kesehatan mental dan produktivitas anda.

4. Menambah Teman

Bepergian akan membuat Anda bertemu dengan orang-orang baru, baik itu saat di perjalanan dari dan menuju destinasi wisata, atau di tempat wisatanya itu sendiri.

Ini tentu saja merupakan hal yang positif karena ada kemungkinan Anda akan berkenalan dan akhirnya memiliki teman baru. Di zaman sekarang ini, memiliki banyak relasi sangatlah penting demi pengembangan diri dan karier Anda.

5. Momen Beristirahat

Melakukan travelling, baik itu ke luar kota, ke luar negeri, atau hanya sekedar berkeliling kota, menghasilkan manfaat hobi travelling yakni sebagai medium untuk beristirahat dari rutinitas sehari-hari yang melelahkan, apalagi sampai menyebabkan Anda kurang tidur.

Ketua National Sleep Foundation (NSF), Max Hirshkowitz mengatakan bahwa travelling menjadi momentum tepat bagi setiap orang yang memiliki waktu tidur kurang akibat aktivitas kerja yang terlalu padat.

6. Lebih Produktif

Traveling bisa menjadi jawaban atas stres yang dialami seseorang dalam pekerjaan maupun aktivitas sehari-hari. Selain menimbulkan rasa bahagia, traveling juga meningkatkan kinerja otak dan berdampak positif pada pekerjaan.

Dalam survei yang dimuat dalam Harvard Business Review menyebutkan karyawan yang berlibur bisa menyelesaikan pekerjaannya dengan lebih mudah. Mereka juga bekerja lebih produkif dibandingkan dengan rekan-rekan yang tidak berlibur.

7. Menjadi Lebih Bahagia

Traveling memberi kepuasan terhadap fisik dan psikologis. Dengan traveling, kita mendapatkan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan sehari-hari. Selama liburan, kita tidak dihadapkan pada tekanan aktivitas selama menikmati waktu liburan. Hal itu membuat kita merasakan kepuasan dan rasa bahagia.

8. Menambah Wawasan

Travelling akan membawa Anda pada situasi dan lingkungan baru yang mungkin belum pernah Anda rasakan sebelumnya. Ini menghasilkan manfaat travelling selanjutnya yakni menambah wawasan Anda terhadap ‘dunia’ dan kebudayaan baru, yang mana hal tersebut bermanfaat bagi pengembangan diri Anda ke depannya.

9. Meminimalisir Risiko Penyakit

Dalam bukunya yang berjudul Travel Effect: A Call to Lead, a Means to Do So, Roger Dow yang tak lain adalah presiden sekaligus CEO dari Asosiasi Travel Amerika Serikat mengungkapkan bahwasanya melakukan travelling bermanfaat untk meminimalisir risiko penyakit mematikan seperti stroke dan jantung.

Pernyataan Dow tersebut bukannya tanpa bukti. Dalam penelitian yang melibatkan sekitar 12.000 orang, didapatkan hasil bahwa kelompok partisipan yang melakukan travelling lebih sering, memiliki tingkat risiko terkena penyakit stroke dan jantung yang lebih kecil ketimbang mereka yang tidak atau jarang bepergian.

51

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here