Mau Berkeliling Danau Toba? Simak Dulu Tipsnya!

0
45

Jakarta, Tamasya – Salah satu tempat wisata alam yang populer di kalangan wisatawan lokal dan mancanegara adalah Danau Toba yang berada di Sumatera Utara. Danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara ini merupakan sebuah danau yang tercipta akibat letusan gunung berapi. Di tengah danau ini, kamu bisa menemukan Pulau Samosir yang juga terbentuk akibat letusan gunung berapi.

Wisata Danau Toba tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang indah, tapi juga kuliner dan atraksi budaya yang beragam. Namun jika kamu ingin berlibur ke Danau Toba, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Yuk, simak tipsnya berikut ini!

  1. Akses perjalanan

Danau Toba merupakan salah satu destinasi wisata yang termasuk dalam bagian kampanye Wonderful Indonesia. Tidak heran jika pemerintah semakin giat untuk mempromosikannya. Salah satunya dengan cara mempermudah akses perjalanan menuju Danau Toba.

Sebelumnya wisatawan yang ingin berkunjung ke Danau Toba harus terbang ke Bandara Internasional Kualanamu atau Bandara Ferdinand Lumban Tobing di Sibolga terlebih daulu. Saat ini, para wisatawan bisa langsung terbang ke Bandara Silangit di Siborong-borong yang lokasinya lebih dekat dengan Danau Toba. Maskapai penerbangan dalam negeri yang melayani penerbangan ini adalah Garuda Indonesia, Batik Air, Citilink, dan Sriwijaya Air. Untuk penerbangan internasional, Garuda Indonesia sudah membuka rute penerbangan langsung dari Singapura.

  1. Penginapan

Danau Toba yang ukurannya sangat luas ini berada di beberapa kabupaten sekaligus. Oleh karena itu ada banyak kota yang bisa dijadikan sebagai lokasi penginapan. Mau menginap di guesthouse hingga hotel berbintang, semua tersedia.

Jika ingin menginap di Pulau Samosir, pilihan terbaik adalah penginapan di daerah Tomok atau Simanindo. Di kedua lokasi ini ada banyak guesthouse dengan tarif per malam yang cukup terjangkau. Bagi kamu para penikmat pemandangan matahari terbit, pilihlah penginapan yang ada di bagian timur Pulau Samosir. Dengan demikian kamu tidak perlu berjalan jauh dari penginapan untuk menikmati pemandangan cantik tersebut.

  1. Memilih tempat wisata

Sumber: Sakuntala

Luas Danau Toba yang melebihi luas negara Singapura ini membuat para wisatawannya dapat menikmati keindahan alam dari berbagai sisi dan tempat wisata. Dari kota Balige, kamu bisa bermain di Pantai Lumban Bulbul. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih dan pemandangan ke Pulau Samosir. Kegiatan yang bisa kamu lakukan di sini adalah berenang di pantai, menjelajahi pantai menggunakan speed boat, bermain banana boat, dan bersantai di tepi pantai sambil mendengarkan suara demburan ombak yang menyegarkan.

Bagi kamu yang ingin mencari spot foto, pergilah menuju anjungan pantai bebas di kota Prapat. Di sini ada sebuah papan tulisan raksasa “I Love Danau Toba”. Ada juga jalan lintas Sumatera dari Prapat ke Medan yang memiliki spot foto di dermaga kayu di atas tepian jurang. Sangat cantik untuk mengabadikan momen liburan di Danau Toba.

  1. Pintu penyeberangan menuju Pulau Samosir

Untuk menyeberang dari Danau Toba ke Pulau Samosir, ada banyak cara. Cara pertama adalah untuk kamu yang berasal dari selatan Danau Toba. Gunakanlah jasa kapal feri KMP SUMUT II untuk menyeberang selama 45 – 60 menit melalui kota Muara – Sipinggan atau kota Balige – Onan Rungu.

Cara kedua adalah melalui Pelabuhan Ajibata di kota Prapat. Dari Pelabuhan Ajibata, gunakan kapal feri atau kapal cepat. Ada juga kapal motor Lopo Parindo yang menyeberang menuju Pelabuhan Tomok di Samosir hanya dengan tarif 8.000 rupiah per orang. Perjalanan menggunakan kapal motor ini membutuhkan waktu sekitar 30 menit namun tidak akan terasa membosankan karena pemandangannya sungguh indah.

  1. Spot menarik di Pulau Samosir

Pulau Samosir memiliki banyak spot wisata yang menarik. Di sekitar Pelabuhan Tomok ada situs megalitikum Kompleks Makam Batu Sidabutar, rumah tradisional di Kampung Tuktuk, Kursi Batu Raja Siagilan, dan Rumah Raja Sidauruk.

Sedangkan pertunjukan budaya yang terkenal adalah pertunjukan Patung Sigale-gale. Patung Sigale-gale sendiri adalah sebuah patung mistis. Patungnya terbuat dari kayu yang bisa digerakkan seperti sedang menari. Pertunjukan tari ini diiringi oleh alat musik sordam dan muda-mudi lainnya yang ikut menari tor-tor.

Puas bermain di sekitar Tomok, pergilah menyewa motor sebagai transportasi selama di Pulau Samosir. Spot wisata yang berikutnya harus dikunjungi adalah Museum Huta Bolon, Menara Pandang Simanindo, Pantai Sibolazi, Pangururan, dan Pantai Pasir Putih Parbaba.

  1. Belanja

Sumber: Danau Toba Travel

Keliling tempat wisata sudah, saatnya pergi belanja dan menikmati kuliner. Di sepanjang jalan dari Pelabuhan Tomok menuju Rumah Raja Sidauruk, ada banyak toko penjual souvenir. Ada penjual pakaian, tas, gantungan kunci, kerajinan kayu, hingga kain ulos khas Batak.

  1. Jaga perilaku

Danau Toba identik dengan legenda setempat dan cukup berbau mistis. Percaya atau tidak, ada banyak wisatawan yang memiliki pengalaman mistis saat berlibur di sini. Untuk itu selalu jaga perilaku dan omongan sebagai bentuk penghormatan kepada kepercayaan penduduk setempat.

40

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here