Ketahui Serba-serbi Tempat Duduk di Pesawat Sebelum Kamu Terbang!

0
59

Jakarta, Tamasya – Posisi tempat duduk di dalam pesawat akan menentukan kenyamanan kamu selama penerbangan, apalagi untuk penerbangan jarak jauh yang memakan waktu berjam-jam. Kalau kamu nyaman dengan tempat duduk, pasti perasaan akan lebih senang.

Pemilihan tempat duduk di pesawat berbeda-beda untuk masing-masing penumpang. Ada yang suka duduk di dekat jendela, ada yang suka duduk di sebelah lorong, ada juga yang suka duduk di bagian belakang pesawat. Jika kamu baru pertama kali dan belum tahu mengenai serba-serbi mengenai tempat duduk di pesawat, yuk simak penjelasannya berikut ini agar penerbanganmu terasa nyaman!

  1. Tempat duduk di belakang sayap pesawat

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Popular Mechanics, penumpang pesawat yang duduk di tempat duduk di belakang sayap pesawat akan memiliki peluang 40% dibandingkan dengan penumpang yang duduk di kursi depan ketika pesawat mengalami kecelakaan.

Posisi tempat duduk ini tentunya cocok untuk kamu yang pertama kali naik pesawat dan merasa takut dengan guncangan atau kecelakaan yang mungkin akan dialami oleh pesawat selama penerbangan. Dengan demikian, kamu akan merasa lebih yakin dan selamat nantinya.

  1. Tempat duduk di dekat jendela

Posisi tempat duduk yang satu ini merupakan salah satu tempat duduk favorit kebanyakan penumpang pesawat. Tempat duduk di dekat jendela memungkinkan kamu untuk melihat pemandangan awan atau beberapa kota dari ketinggian. Lebih tepatnya adalah tempat duduk di dekat jendela yang berada di dekat area sayap pesawat supaya pemandangannya tidak terhalang sayap pesawat.

Selain itu, duduk di tempat duduk ini membuatmu lebih nyaman ketika harus tidur karena tidak perlu terganggu dengan kontak fisik penumpang lain yang mondar-mandir menuju toilet. Namun, jika kamu termasuk orang yang sering pergi ke toilet sebaiknya hindari tempat duduk ini karena akan sulit untuk keluar masuk tempat duduk dan hal ini pastinya akan mengganggu penumpang di sebelahmu.

  1. Tempat duduk di deretan depan

Posisi tempat duduk di deretan depan pesawat adalah tempat duduk yang strategis. Pasalnya tempat duduk ini memudahkan penumpang untuk keluar lebih cepat dari pesawat karena posisinya yang dekat dengan pintu pesawat. Sangat cocok untuk kamu yang terburu-buru untuk mengejar jadwal penerbangan berikutnya.

Selain itu, tempat duduk di deretan paling depan biasanya memiliki ruang kaki yang lebih luas dibandingkan dengan tempat duduk di bagian lainnya. Tempat duduk ini biasanya diincar oleh penumpang yang membawa anak kecil atau bayi supaya bisa menggunakan basinet selama penerbangan. Karena posisinya yang strategis, tidak jarang harganya lebih mahal. Jika kamu membutuhkannya, jangan lupa melakukan reservasi lebih awal agar bisa menikmatinya.

  1. Tempat duduk di dekat lorong pesawat

Posisi tempat duduk di dekat lorong pesawat cocok untuk penumpang yang suka mondar-mandir ke toilet selama penerbangan. Dengan demikian, kamu tidak perlu mengganggu penumpang di sebelah ketika beranjak dari tempat duduk. Kamu juga bisa meregangkan kaki sejenak ke area lorong jika merasa pegal. Tapi jangan melakukannya terus menerus karena bisa mengganggu penumpang lain yang ingin berjalan juga di lorong. Kerugian yang harus dihadapi jika duduk di dekat lorong pesawat adalah harus sabar ketika terjadi kontak fisik dengan penumpang yang mondar-mandir ke toilet atau kru kabin yang sedang membagikan meals on board.

Itulah sedikit penjelasan mengenai masing-masing posisi tempat duduk di pesawat yang harus kamu sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Sudah tahu ingin duduk di sebelah mana? Lalu bagaimana cara mendapatkannya? Yuk, simak lagi penjelasannya berikut ini!

  1. Beli tiket pesawat secara online

Jika kamu ingin memilih tempat duduk lebih awal, sebaiknya lakukan pembelian tiket secara online melalui website resmi maskapai penerbangan yang ingin kamu gunakan. Pada saat pembelian ini kamu bisa langsung memilih tempat duduk yang diinginkan. Hanya saja, ada biaya lebih yang harus dikeluarkan untuk mendapatkannya. Sedikit lebih mahal, tapi jika memang membutuhkan tempat duduk tersebut mengapa tidak? Hal ini berlaku terutama bagi para penumpang yang pergi bersama anak, lansia, atau penyandang disabilitas berhubung memilih tempat duduk pada saat check-in hanya tersisa sedikit opsi.

  1. Beli saat check in di kounter bandara

Jika kesulitan membeli tiket secara online karena keterbatasan metode pembayaran, sebaiknya lakukan pembelian saat check-in di kounter check-in maskapai tersebut. Hanya saja opsinya jadi terbatas karena sebagian besar tempat duduk sudah dipilih oleh penumpang yang membeli secara online. Meski merepotkan, setidaknya kamu bisa menempati tempat duduk yang paling sesuai dengan keinginan dibandingkan harus duduk terpisah dengan teman seperjalanan atau di tempat duduk yang ingin kamu hindari, bukan?

  1. Check-in secara online lebih awal

Jika ingin menghemat biaya dengan tidak membeli nomor tempat duduk, kamu bisa memilih tempat duduk selagi check-in secara online melalui website resmi maskapai penerbangan yang kamu gunakan. Triknya adalah melakukan check-in online lebih awal atau setelah form check-in dibuka. Biasanya form check-in ini bisa kamu isi sekitar 2×24 jam atau 1×24 sebelum waktu keberangkatan pesawat.

58

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here