Wisata di Kalimantan Timur Yang Akan Booming!

0
72

Sesuai dengan rencana yang diusung Presiden dan pemerintah, pemindahan ibukota akhirnya direalisasikan dalam waktu dekat. Kalimantan Timur disebut sebagai provinsi yang wilayahnya jadi ibukota Indonesia yang baru. Untuk itu, nggak ada salahnya untuk cari tahu tentang tempat wisatanya juga.

Wisata Kalimantan Timur memang tidak semewah di Jakarta. Tidak dilengkapi dengan gedung tinggi ber-elevator, namun kaya akan keelokan alam yangnya. Keindahan alam tersebut akan menunjukkan image baru tentang kota besar yang berbeda. Ini dia Wisata Kalimantan Timur ini digadang-gadang bakal booming setelah ibukota baru ini resmi beroperasi.

1. Taman Rekreasi Lembah Hijau

Lokasinya berada di jalur Samarinda – Bontang Km. 15, Taman Rekreasi Lembah Hijau biasa digunakan untuk outbound anak-anak sekolah dan juga karyawan perusahaan. Areanya yang luas sehingga memungkinkan untuk menjadi tempat wisata terpadu yang menawarkan area camping, flying fox, replika hutan, kolam renang, arena bermain anak, kolam pancing, gazebo, dan kafetaria.

Letak Taman Rekreasi Lembah Hijau ini bersebelahan dengan Kebun Raya Unmul Samarinda. Jika di Kebun Raya Unmul dapat melihat berbagai jenis tanaman sesungguhnya, maka di Taman Rekreasi Lembah Hijau dapat dilihat berbagai jenis replika tanaman tersebut. Bagi yang hobi memancing bisa menghabiskan waktu untuk memancing di tempat sejuk ini karena di tempat ini juga tersedia kolam pancing. Tersedia pula camping ground dimana para wisatawan biasanya berkemah di sini pada akhir pekan. Jadi tidak mengherankan jika pada akhir pekan ataupun pada hari libur lainnya, obyek wisata yang satu ini ramai pengunjung. Tak perlu repot-repot membawa peralatan kemah karena di sini sudah tersedia tempat penyewaan tenda dan perlengkapan lainnya.

Untuk biaya tiket masuk di Lembah Hijau tersebut dikenakan sebesar Rp 5.000 per orang. Sedangkan untuk paket outbond dikenakan biaya sebesar Rp 180.000 per orang.

2. Goa Losan

Lokasi Goa Losan terletak persis di poros Jalan Negara lintas Kaltim-Kalsel, tepatnya di Desa Batu Butok, Kecamatan Muara Komam. Karena letaknya persis berada di pinggir jalan, menjadikan kawasan wisata alam ini sering mendapat kunjungan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Goa Losan yang dalam bahasa Paser berarti goa tembus ini memiliki daya tarik tersendiri.

Selain tembusan dari satu tempat ke tempat yang lain berupa serambi-serambi yang cukup luas, juga saat kita memasuki Goa Losan seakan-akan masuk ke dalam perut bumi yang gelap, tetapi menyimpan hiasan-hiasan batu yang luar biasa aneh dan indahnya. Karena belum ada penerangan khusus, saat memasuki goa ini harus dipandu juru kunci atau petugas dari Dinas Pariwisata Paser yang memang suku asli Paser atau masih keturunan penemu Goa Losan. Pengunjung harus dilengkapi penerangan seperti senter atau obor.

3. Jantur Inar

Lokasi ini sangat ideal untuk wisata keluarga maupun para pekerja menghilangkan rasa jenuh atau stress menghadapi pekerjaanya. Jantur Inar yang memiliki bebapa pepohonan disekitar untuk berteduh dan mempunyai ketinggian 30 m itu sangat menarik serta unik kalau ditelusuri dan sejarah jantur tersebut.

Keistimewaan air terjun jantur inar adalah disamping ketinggiannya, jantur inar memiliki sejarah misteri tersendiri. Berdasarkan bukti nyata bahwa setiap para pengunjung yang berwisata ke jantur inar selalu dikelilingi dengan bayangan pelangi keluar dari pancaran air. Menurut keterangan dari bebrapa narasumber mengatakan bahwa yang dinamakan inar adalah seorang putri raip menjadi roh halus dan menjadi penunggu didaerah kawasan tersebut.

Air terjun ini berada di kiri jalan menuju Dempar, ibukota kecamatan Nyuatan, akan nampak papan nama Jantur Inar yang terpampang dengan jelas. Kurang lebih 400 meter perjalanan dilanjutkan melalui jalan tanah hingga tiba di lokasi. Untuk sampai ke dasar air terjun ini harus turun ke bawah melewati sekitar 200 anak tangga yang berjarak 20 cm satu sama lain.

4. Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin adalah wisata alam yang terletak di hutan belantara timur kalimantan. Akhir-akhir ini lokasi wisata labuan cermin banyak dibicarakan oleh wisatawan. Bukan tanpa alasan, kejernihan danau labuan cermin akan memanjakan mata setiap wisatawan yang hadir di lokasi wisata tersebut.

Lokasi wisata alam air ini terletak di daerah biduk kalimantan timur, tepatnya di Biduk-Biduk, Biduk Biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur 77373. Walaupun rute jalan menuju wisata tersebut cukup jauh dari kota, namun saat ini setiap sudut jalan akan ada petunjuk untuk pergi ke labuan cermin. Apalagi google maps saat ini sudah bisa menjangkau tempat tersebut, sehingga lebih mudah.

5. Bukit Bangkirai

Bukit Bangkirai adalah hutan hujan tropis alami yang dikelola PT Inhutani I Unit Manajemen Hutan Tanaman Industri (UMHTI). Di sana terdapat vegetasi anggrek hutan liar, pohon bangkirai dengan umur lebih dari 150 tahun serta buah-buahan tropis.

Di Bukit Bangkirai ini, kamu tidak hanya akan melihat wisata Kalimantan Timur yang berupa hutan hujan tropis. Adrenalin dan keberanianmu akan diuji dengan cara menyeberangi jembatannya.

Jembatan ini bukanlah media menyeberang biasa. Spot ini jadi salah satu keistimewaan dari Bukit Bangkirai. Jembatan lain yang harus dilewati adalah Canopy Bridge atau jembatan gantung.

Para wisatawan yang datang bisa menikmati hawa sejuk dari hutan itu. Dengan hamparan pemandangan serba hijau, kedua mata dan hidungmu bakal terasa segar. Jauh dari polusi, tengoklah sejenak tempat wisata di ibukota baru ini sebagai destinasi baru.

115

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here