Aktivitas Pecinta Alam Selain Naik Gunung yang Tidak Kalah Seru

0
74

Jakarta, Tamasya –¬†Jika membicarakan aktivitas pecinta alam, yang terbayang di pikiran kita adalah naik gunung. Padahal aktivtas pecinta alam tidak hanya ada naik gunung loh, tapi ada panjat tebing, rafting, dan sebagainya. Nah jika kamu bosan naik gunung atau ingin naik gunung tapi terhalang cuaca atau kondisi lainnya, tidak ada salahnya untuk mencoba aktivitas pecinta alam lainnya berikut ini!

  1. Backpacking

Sebelum aktivitas naik gunung menjadi populer di kalangan wisatwan, aktivitas backpacking adalah salah satu aktivitas yang digemari para petualang dan pecinta alam. Bermodalkan tas ransel besar atau sedang berisi perlengkapan seadanya, para backpacker akan berkeliling ke wilayah-wilayah yang tidak terlalu ramai wisatawan. Di sini mereka akan berbaur dengan penduduk setempat. Uang selama perjalanan pun bisa dibilang pas-pasan dan harus tebal muka untuk menumpang mobil penduduk menuju destinasi yang direncanakan jika tidak ada kendaraan umum sama sekali. Urusan kenyamanan memang jadi urusan belakangan. Para backpacker biasanya akan mencari semua fasilitas yang serba murah, mulai dari tiket kereta api ekonomi, sarapan di warteg, dan tidur di homestay.

  1. Sepedaan

Sumber: Life Cycle Bike Shop

Bersepeda bisa jadi aktivitas yang cukup menantang, apalagi jika dilakukan di gunung dengan medan yang berbatu dan curam. Tapi jika kamu belum berani untuk bersepeda gunung, kamu bisa mencoba aktivitas bersepeda mengelilingi kota atau bahkan menelusuri 2 kota sekaligus. Bagi yang baru pertama kali menjajal aktivitas bersepeda ini, jangan ragu untuk bergabung dengan komunitas sepeda yang tersebar di seluruh Indonesia karena para senior ini akan senang hati membantu para juniornya. Saat bergabung dengan komunitas sepeda ini jangan kaget ya kalau rute mereka jauh-jauh. Tidak hanya lintas kota, tapi ada juga yang lintas negara. Ayo, kira-kira sanggup menggowes sejauh itu tidak ya?

  1. Road trip

Road trip adalah aktivitas menyusuri jalanan menggunakan motor atau mobil pribadi. Aktivitas yang satu ini akan menyenangkan jika dilakukan bersama teman dekat. Mengapa? Karena kamu akan menghabiskan banyak waktu di dalam mobil atau di atas motor. Perjalanan tidak akan terasa melelahkan dan membosankan karena kamu bisa puas ngobrol sesukanya sepanjang hari. Tidak kalah penting, selama perjalanan kamu tidak perlu jaim.

Pergi road trip menggunakan kendaraan pribadi akan membuat kamu merasa bebas selama perjalanan. Mau istirahat berapa lama, mau lewat rute mana saja, bebas. Setelah kamu melakukan aktivitas yang satu ini, dijamin kamu akan memiliki kenangan dan pengalaman yang tidak terlupakan.

  1. Arung jeram

Bosan dengan aktivitas pecinta alam yang terlalu santai dan ingin lebih tertantang? Kamu bisa mencoba aktivitas arung jeram. Aktivitas arung jeram ini dilakukan di sungai yang arusnya deras. Para pemain arung jeram tidak harus pintar berenang loh karena akan disediakan pelampung dan ditemani oleh instruktur profesional.

Aktivitas arung jeram ini tidak hanya menantang adrenalin, tapi juga kerja sama tim dalam satu perahu. Mulai dari mendayung pada ritme yang sama, mengembalikan perahu yang terbalik bersama, hingga menolong teman yang terjatuh. Dijamin setelah bermain arung jeram, kamu dan teman-teman akan menjadi lebih akrab.

  1. Canyoning

Sumber: Area 47

Jika bermain arung jeram di sungai berarus deras menggunakan perahu karet, maka canyoning ini adalah aktivitas menyusuri sungai atau lembahan menggunakan tali. Sungai yang cocok untuk melakukan canyoning adalah sungai kecil yang memiliki air terjun kecil. Untuk melakukan aktivitas ini, kamu perlu memiliki kemampuan Single Rope Technique. Meski memiliki resiko tinggi, aktivitas yang satu ini bisa bikin kecanduan dan menyenangkan bagi beberapa orang.

  1. Menyusuri gua

Aktivitas menyusuri gua ini tidak terhalang dengan cuaca, baik sedang panas atau hujan. Dengan catatan gua yang kamu susuri ini bukan gua vertikal yang membutuhkan tali untuk menyusurinya karena hujan bisa membuat air meluap dan kamu harus segera naik ke atas. Pilihlah gua horisontal untuk disusuri. Saat hujan turun, kamu hanya membutuhkan sepatu boot dan senter. Stalakmit dan stalaktit di dalam gua bisa jadi pengganti pemandangan deretan pohon cemara di lereng gunung. Sedangkan air yang mengalir di bagian bawah gua bisa jadi pengganti sumber mata air di pegunungan. Lumayan untuk mengobati rindu naik gunung, kan?

  1. Free diving dan scuba diving

Aktivitas free diving dan scuba diving ini dilakukan di pantai atau laut lepas. Tujuannya adalah untuk menyaksikan keindahan dunia bawah laut dan merilekskan diri. Free diving dan scuba diving ini sama-sama aktivitas menyelam, yang membedakannya adalah cara menyelamnya. Free diving  tidak menggunakan tabung oksigen sebagai alat bantu pernafasan sehingga kamu harus kuat mengatur nafas saat berada di bawah laut dan di atas laut. Alat yang dibutuhkan untuk free diving ini adalah masker, fins, dan pemberat. Sedangkan scuba diving adalah singkatan dari self-contained underwater breathing apparatus dan menggunakan tabung oksigen sebagai alat bantu menyelam.

116

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here