9 Gunung di Indonesia Ini Memiliki Danau

0
81

Jakarta, Tamasya – Indonesia terkenal dengan kekayaan alamnya yang luar biasa beragam, mulai dari pulau, laut, lembah, gunung, dan masih banyak lagi. Dengan demikian, para wisatawan tidak akan pernah kehabisan tempat wisata alam yang harus dikunjungi. Bagi kamu yang ingin mengunjungi gunung dan danau pada liburan yang akan datang, coba simak daftar gunung di Indonesia yang juga memiliki danau berikut ini!

  1. Talamau

Gunung dengan ketinggian 2.920 meter di atas permukaan laut yang berada di Sumatera Barat ini jauh dari pusat kota. Medan tempuhnya cukup memakan energi wisatawan. Gunung Talamau ini bisa didaki dari 3 arah yaitu Desa Pinagar, Desa Malampah, dan Desa Kinali.

Pendakiannya sendiri membutuhkan waktu hampir 12 jam. Rasa letih selama pendakian tentu akan terbayar setelah kamu sampai di puncaknya dan menyaksikan pemandangan cantik dari 13 danau mini yang diselimuti dengan kabut.

  1. Singgalang

Gunung Singgalang yang berada di Sumatera Barat ini memiliki ketinggian 2.877 meter di atas permukaan laut. Akses menuju jalur pendakian gunung ini tidak terlalu sulit, kamu bisa berangkat dari kota Padang menuju Pasar Koto Baru selama 2 jam. Sesampainya di sana kamu bisa jalan kaki ke Pemancar.

Pendakian Gunung Singgalang membutuhkan waktu sekitar 4 hingga 5 jam. Di sini kamu bisa menikmati Kawah Singgalang yang sudah terisi air dan dikenal juga sebagai Telaga Dewi. Pemandangannya indah karena ada banyak pohon cantigi. Air dari telaga ini juga bisa diminum sehingga kamu bisa menghilangkan rasa haus setelah lelah mendaki. Dari telaga ini kamu bisa lanjut menuju Puncak Gunung Singgalang selama 15 menit.

  1. Kerinci

Gunung Kerinci tentu bukan nama yang asing di telingamu. Gunung tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian 3.805 meter di atas permukaan laut ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat yang merupakan habitat bagi harimau sumatera.

Untuk mendaki gunung ini, kamu membutuhkan waktu sekitar 11 jam. Medannya cukup terjal dan sebagian besar merupakan jalinan akar pohon. Sesampainya di Puncak Kerinci, kamu bisa menyaksikan keindahan Danau Gunung Tujuh.

  1. Rakutak

Gunung yang berada di Bandung ini memiliki ketinggian 1.921 meter di atas permukaan laut. Tidak terlalu tinggi, namun medan pendakiannya cukup terjal dan licin. Meski demikian, pemandangannya sangat indah karena dipenuhi oleh bunga saliara.

Setibanya di Puncak Rakutak, kamu bisa menikmati pemandangan Danau Ciharus yang bentuknya menyerupai hati. Jika ingin turun menuju danau, kamu harus menyusuri aliran sungai kecil sehingga perlu hati-hati dengan pacet. Selain itu juga ada banyak tumbuhan berduri di sepanjang perjalanan.

  1. Semeru

Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di Pulau Jawa. Ketinggiannya mencapai 3.676 meter di atas permukaan laut. Alasan utama orang mendaki Gunung Semeru adalah keindahan danaunya yaitu Ranu Kumbolo. Di sini kamu bisa kemping untuk menantikan pemandangan matahari terbit yang muncul di antara dua bukit.

  1. Argopuro

Gunung yang satu ini jarang terdengar namanya. Namun gunung yang memiliki ketinggian 3.088 meter di atas permukaan laut ini menjadi istimewa karena memiliki jalur pendakian terpanjang, yakni mencapai 59 km. Untuk menyelesaikan pendakiannya dibutuhkan waktu sekitar 1 minggu. Selain itu, Gunung Argopuro memiliki sabana yang luas sebagai habitat babi hutan dan merak.

Selama pendakian, kamu bisa menemukan Danau Taman Hidup. Ada sebuah mitos unik tentang Danau Taman Hidup ini. Konon jika kamu bersiul, maka akan terjadi badai. Berani buktikan?

  1. Ijen

Siapa sih yang tidak kenal dengan Gunung Ijen dan Kawah Ijen? Gunung di Jawa Timur yang memiliki ketinggian 2.443 meter di atas permukaan laut ini memiliki danau berwarna toska. Selain itu ada juga fenomena api biru yang muncul pada malam hari dari tambang belerang di bibir kawah. Untuk bisa menikmati keindahan alam Gunung Ijen ini, kamu hanya perlu melakukan pendakian selama 3 jam saja.

  1. Batur

Gunung berikutnya yang memiliki danau adalah Gunung Batur di Bali. Gunung dengan ketinggian 1.717 meter di atas permukaan laut ini cukup mudah untuk didaki. Di puncak gunungnya pun sudah ada banyak kios penjual makanan dan minuman sehingga kamu tidak perlu repot membawa makan dan minum dari rumah. Selain menikmati pemandangan Danau Batur, kamu bisa menyaksikan pemandangan matahari terbit yang sangat cantik.

  1. Rinjani

Gunung tertinggi ketiga di Indonesia ini memiliki ketinggian mencapai 3.726 meter di atas permukaan laut. Gunung ini dikenal memiliki pemandangan yang sangat indah. Jika mendaki dari Pintu Sembalun, kamu bisa menikmati sabana terindah. Sedangkan jika mendaki dari Senaru, kamu akan menyusuri hutan tropis yang lebat.

Gunung Rinjani memiliki sebuah kawah yang berubah menjadi danau, Danau Segara Anak. Jika dilihat dari puncak Gunung Rinjani, danau ini terlihat memiliki bentuk bulan sabit. Di pinggir danau ada sebuah gunung kecil bernama Gunung Baru Jari yang mempercantik pemandangan Danau Segara Anak.

122

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here