Liburan ke Luar Negeri, Ini Tips Memilih Paket Tur

0
61

Jakarta, Tamasya – Pergi liburan ke luar negeri bukan lagi sebuah kegiatan yang sulit dilakukan. Pelayanan pembuatan paspor semakin rapi dan cepat, harga tiket pesawat pun makin terjangkau, ditambah lagi dengan kemudahan mendapatkan informasi dari berbagai website di internet.

Rasanya sangat menyenangkan bisa berlibur ke luar negeri karena kita akan mendapatkan banyak pengalaman baru yang mungkin tidak bisa dirasakan di tanah air. Namun untuk liburan ke luar negeri, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal tersebut adalah mengurus visa, pemesanan tiket pesawat, pemesanan hotel, menukarkan mata uang, mencari jalan menuju tempat wisata, mencari rumah makan, hingga kendala bahasa yang mungkin terjadi.

Bagi kamu yang ingin liburan ke luar negeri tanpa repot mengurus semua hal di atas, sebaiknya gunakan jasa tur. Agar semakin menyenangkan, yuk simak tips memilih paket tur yang paling tepat untukmu berikut ini!

  1. Pilih paket tur dari agen travel terpercaya

Seiring dengan meningkatnya jumlah wisatawan tanah air yang ingin berlibur ke luar negeri, agen travel pun mulai banyak bermunculan. Ada banyak yang benar menjual jasa, ada juga yang hanya kedok penipuan. Agar kamu tidak jadi korban, pilihlah agen travel yang terpercaya dan terbukti mampu memberikan liburan yang berkualitas. Tidak apa mahal sedikit, namun tidak ada resiko tertipu.Kamu bisa melihat jejak agen travel tersebut dari review orang di blog, hingga berapa lama agen tersebut sudah berdiri dan menjual paket tur.

  1. Bandingkan harga paket tur antar travel

Sudah menentukan negara yang akan dituju? Saatnya membandingkan harga paket tur yang ditawarkan oleh beberapa agen travel sekaligus. Jika pada zaman dulu kamu harus mendatangi kantor agen travel satu per satu untuk menanyakan harga, saat ini kamu bisa membandingkan harga paket tur melalui situs agen travel tersebut. Lebih hemat waktu dan kamu bisa memilih yang paling murah.

  1. Perhatikan biaya apa saja yang sudah termasuk dan belum termasuk

Selain membandingkan harga total, kamu perlu memperhatikan biaya yang belum termasuk dan sudah termasuk. Biasanya paket tur milik beberapa agen tur ini akan dikenai biaya tambahan berupa biaya pembuatan visa untuk negara-negara tertentu, uang tip untuk sopir dan tur guide, hingga PPN, dan sebagainya.

Sedangkan harga total yang tertera di situs biasanya sudah meliputi tiket pesawat, hotel, makan, dan tiket masuk tempat wisata. Agar tidak terjebak dengan iming-iming harga murah, sebaiknya baca syarat dan ketentuan dengan seksama. Jika perlu, hubungi langsung kantor agen travel tersebut.

  1. Perhatikan itinerary

Selain memperhatikan harga dari paket tur yang ditawarkan, kamu perlu memperhatikan itinerary alias jadwal perjalanan dan tempat apa saja yang dikunjungi. Perlu kamu ketahui meski negara yang dikunjungi sama, tempat wisata yang dikunjungi bisa berbeda-beda tergantung dari agen travel tersebut.

Pilihlah paket tur yang akan membawamu ke sejumlah tempat wisata yang kamu inginkan. Jangan berharap bisa mengunjungi tempat wisata di luar itinerary karena jadwal dari agen travel ini sudah fix dan tidak bisa kamu ubah seenaknya, kecuali kamu mengikuti private tour. Jadi perhatikan dan pertimbangkan dengan seksama, jangan sampai sudah jauh-jauh ke negeri yang diinginkan tapi malah melewatkan tempat wisata yang ingin dikunjungi.

  1. Perhatikan waktu keberangkatan

Salah satu alasan mengapa wisatawan tanah air gemar berlibur ke luar negeri, terutama negeri 4 musim, adalah supaya bisa menikmati salju atau melihat bunga sakura bermekaran yang tidak bisa ditemukan di Indonesia. Agar tidak salah waktu, kamu bisa konsultasikan keinginan ini kepada pihak agen travel mengenai waktu yang tepat untuk liburan. Sebaliknya jika ingin liburan dengan harga yang terjangkau, kamu bisa pilih waktu keberangkatan di luar high season.

  1. Tanyakan jumlah peserta yang sudah mendaftar

Sebagian besar agen travel memiliki ketentuan berupa minimal peserta. Biasanya paket tur akan dibatalkan jika jumlah peserta tidak mencapai 20 atau 30 orang. Agar keinginan liburan tidak buyar begitu saja karena kekurangan peserta, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu jumlah peserta yang sudah mendaftar. Jika sudah mencapai kuota, daftarlah untuk paket tur tersebut karena sudah pasti akan berangkat.

  1. Perhatikan ketentuan refund

Sudah bayar paket tur, lalu batal berangkat karena beberapa alasan dan ingin uang kembali? Kejadian tersebut bisa diatasi jika kamu sudah memahami ketentuan dari masing-masing agen travel. Pada umumnya agen travel akan mengembalikan uang jika kamu membatalkan perjalanan dalam jangka waktu beberapa minggu sebelum keberangkatan. Jumlah pengembaliannya beragam, ada yang 50%, 75%, hingga 100%. Pengembalian uang sebesar 100% biasanya untuk peserta yang batal pergi karena visa ditolak. Meski demikian, uang untuk pengajuan visa tidak akan diganti oleh agen travel.

107

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here