9 Kegiatan yang Wajib Kamu Lakukan di Pantai Baron

0
41

Jakarta, Tamasya – Yogyakarta adalah salah satu destinasi wisata favorit wisatawan lokal khususnya penduduk Pulau Jawa serta wisatawan mancanegara. Tidak hanya kaya akan wisata budaya dan peninggalan sejarah, Yogyakarta juga memiliki banyak tempat wisata alam yang mempesona. Salah satu tempat wisata tersebut adalah Pantai Baron yang berada di kawasan Gunungkidul.

Pantai yang ditemukan oleh bangsawan Belanda ini memiliki banyak objek wisata selain pantai yaitu gua, air terjun, hingga tebing. Jika berkesempatan untuk berlibur ke Pantai Baron, kamu wajib melakukan 9 kegiatan ini!

1. Menikmati pantai
Pantai Baron pada dasarnya adalah sebuah teluk yang diapit oleh bukit karang berwarna hijau. Pasirnya berwarna cokelat dan airnya berwarna biru kehijauan. Dilihat secara menyeluruh, pantai ini sangat mempesona. Kamu bisa menikmati pantai ini dengan berfoto-foto, bersantai di tepi pantai, hingga berenang dan bermain air. Meski demikian, kamu harus tetap waspada dan tidak berenang keluar dari garis pembatas ya.

2. Berenang di sungai bawah tanah
Kegiatan berikutnya yang wajib kamu lakukan adalah berenang di sungai bawah tanah. Kondisi alam ini cukup langka dan salah satunya bisa kamu lakukan di Pantai Baron. Sungai bawah tanah ini memiliki aliran air yang menyatu dengan air laut, namun rasanya tetap tawar.

Sungai bawah tanah ini juga memiliki mitos, yaitu pasangan yang mengunjungi area sungai ini akan dipersatukan tanpa peduli mereka dari golongan dan status yang berbeda. Penasaran ingin membuktikannya?

3. Menelusuri Goa Jomblang

Sumber: Piknik Asik

Berjarak sekitar 1 jam dari Pantai Baron, kamu bisa menemukan Goa Jomblang. Goa Jomblang ini sangat cantik ketika terkena paparan sinar matahari. Sinar matahari yang masuk ini akan memantul ke segala sudut goa.
Perjalanan menuju Goa Jomblang terbilang cukup menantang karena kamu harus masuk menggunakan tali menuju bagian bawah goa. Meski demikian, kamu tidak perlu takut karena keamanannya sudah terjamin aman. Untuk menelusuri goa ini, para pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar 45 ribu rupiah.

4. Berkemah di bukit karang

Di sekitar pantai ada banyak bukit karang yang mengelilinginya. Tidak hanya bisa dinikmati menggunakan kedua mata, bukit karang ini bisa jadi spot berkemah bersama teman atau keluarga. Pemandangan pada malam hari akan terasa semakin indah karena bintang-bintang terlihat jelas di langit.
Beberapa hal yang harus diperhatikan selagi berkemah di bukit karang ini adalah hati-hati saat melangkah agar tidak terluka oleh ujung karang yang tajam. Selain itu, jagalah kebersihan agar bukit karang ini tetap lestari.

5. Memancing ikan dari atas bukit

Pantai Baron adalah habitat sejumlah ikan seperti ikan tenggiri, ikan kuwe gerong, ikan barakuda, ikan kakap merah, dan ikan kerapu. Bagi kamu yang gemar memancing, tentu tidak boleh melewatkan kesempatan ini begitu saja. Pergilah ke kampung nelayan dengan berjalan kaki ke area perbukitan untuk memancing. Jika lupa membawa umpan, tenang saja karena ada penjual umpan di sekitar pantai.

6. Berkunjung ke Baron Techno Park

Di sekitar tempat wisata alam ini ada Baron Techno Park, sebuah area pembangkit listrik dan tenaga alam di tebing sisi barat pantai. Di sini kamu bisa melihat peralatan besar seperti panel surya dan jam matahari. Tempatnya boleh juga dijadikan spot foto. Untuk jalur menuju ke sana, kamu bisa bertanya kepada petugas setempat dan minta diarahkan.

7. Berkunjung ke Mercusuar Tanjung Baron

Sumber: Piknik Asik

Di sebelah timur Pantai Baron, kamu akan melihat sebuah mercusuar. Mercusuar Tanjung Baron ini diresmikan pada tahun 2014 silam dan digunakan untuk memandu kapal yang berlayar di sekitar pantai. Meski masih aktif digunakan dalam dunia pelayaran, mercusuar ini dibuka untuk umum dan pengunjung perlu membayar tiket masuk seharga 5 ribu rupiah.

Di dalam mercusuar ini ada 9 ruangan yang terhubung dengan tangga spiral kecil nan curam seperti mercusuar pada umumnya. Dari mercusuar ini kamu bisa menikmati pemandangan pantai dari ketinggian serta pesona matahari terbenam saat senja.

8. Puas foto di Puncak Selfie Baron Hill

Liburan tidak akan lengkap tanpa mengabadikan foto. Pergilah ke Puncak Selfie Baron Hill untuk menemukan spot foto yang bagus. Spot foto yang disediakan berupa papan berbentuk hati, sayap, dan latar belakang Pantai Baron yang cantik.

9. Menikmati hidangan laut di pinggir pantai

Puas berkeliling menikmati pantai, kamu akan merasa lapar. Sebelum meninggalkan pantai, sempatkan diri untuk menikmati hidangan laut di pinggir pantai. Di sekitar pantai ini ada banyak rumah makan yang menyajikan hidangan laut seperti ikan bakar, kepiting, dan udang. Rasanya dijamin nikmat karena bahan yang digunakan ini masih segar dan diambil dari pantai setempat. Ditambah lagi dengan pemandangan pantai yang mempesona. Jika makan di tempat saja tidak cukup, kamu bisa membeli ikan segar di tempat pelelangan ikan dengan harga terjangkau.

29

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here