Mau Mendaki Gunung Tanpa Kemping, Inilah Gunung yang Tepat Untukmu!

0
86

Jakarta, Tamasya – Mendaki gunung identik juga dengan kegiatan kemping. Biasanya kemping ini dilakukan ketika waktu pendakian membutuhkan waktu berhari-hari atau ada tujuan lain dari mendaki gunung seperti mengejar pemandangan matahari terbit hingga berkumpul bersama teman satu komunitas. Repot sih harus bawa banyak perlengkapan dan menguras tenaga untuk mendirikannya, tapi semua terbayar dengan keseruan bersama.

Bagi para pecinta alam, kegiatan tersebut akan mengasyikan. Tapi bagi wisatawan yang tidak terbiasa kemping, pasti akan malas rasanya. Nah, bagi kamu wisatawan yang ingin mendaki gunung tapi malas kemping, simak daftar gunung yang bisa didaki tanpa harus kemping berikut ini!

  1. Gunung Api Purba Nglanggeran

Pada awalnya Gunung Api Purba Nglanggeran tidak begitu populer. Namun, belakangan jadi populer berkat menjamurnya komunitas pejalan di Yogyakarta. Gunung Api Purba Nglanggeran ini memiliki ketinggian sekitar 700 meter di atas permukaan laut. Tingginya ini membuat sangat cocok untuk pendaki yang ingin pulang hari. Dari kaki gunung menuju puncaknya hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam saja. Di sepanjang perjalanan, kamu bisa menikmati keindahan pemandangan dari tebing-tebing breksi.

  1. Gunung Andong

Sumber: Piknik Asik

Gunung Andong berada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Tingginya hanya sekitar 1.726 meter di atas permukaan laut. Dengan demikian, waktu pendakiannya pun bisa dibilang singkat yaitu hanya sekitar 2 jam saja. Gunung ini ramai dikunjungi wisatawan dan pendaki pada akhir pekan. Lokasi Gunung Andong ini bersebelahan dengan Merbabu dan dari sini kamu bisa melihat hampir dari semua gunung yang ada di Jawa Tengah. Keren ya!

  1. Gunung Batur

Gunung Batur yang berada di pinggir Danau Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali ini kondisinya tidak seperti kebanyakan gunung di Indonesia. Gunungnya bisa dibilang cukup gersang dan jarang ada pohon. Namun, kondisi alam inilah yang memungkinkan kamu bisa leluasa menikmati pemandangan tanpa terhalang oleh pohon. Untuk mencapai puncaknya, kamu hanya perlu mendaki selama kurang lebih 3 jam saja. Sesampainya di puncak gunung setinggi 1.717 meter di atas permukaan laut, kamu bias menikmati pemandangan Danau Kintamani dan pematang raksasa yang ada di sekeliling danau. Ketika mendaki gunung ini, kamu harus menjaga ketenangan karena gunung ini banyak dikunjungi juga oleh para penduduk yang ingin berdoa.

  1. Gunung Prau

Gunung Prau yang berada di Datarang Tinggi Dieng ini sebelumnya tidak begitu populer. Namun berkat menjamurnya komunitas pejalan dan postingan di media sosial, gunung ini kini banyak peminatnya. Gunung setinggi 2.565 meter di atas permukaan laut ini bisa didaki hingga ke puncak selama 2 hingga 3 jam saja. Kegiatan yang paling diincar dari Gunung Prau ini adalah menikmati pemandangan matahari terbit. Biasanya para pendaki akan pergi naik gunung pada malam hari sehingga bisa sampai di puncak sebelum matahari terbit. Setelah matahari terbit, kamu akan mendapatkan pemandangan perkebunan yang hijau dan indah.

  1. Gunung Sikunir

Gunung yang tingginya mencapai 2.463 meter di atas permukaan laut ini ternyata tidak membutuhkan waktu lama untuk didaki, hanya sekitar setengah jam saja. Di sana kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbit sambil minum kopi atau sarapan ringan di warung yang ada di sekitar puncak gunung. Saat turun dari puncak, kamu bisa mampir bersantai di Telaga Cebong yang ada di kaki gunung.

  1. Gunung Bromo

Sumber: Bromo Tour

Gunung yang bisa didaki tanpa harus membangun kemah berikutnya adalah Gunung Bromo. Siapa sih yang tidak kenal dengan Gunung Bromo? Gunung dengan ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut ini terkenal dengan keindahan alamnya, mulai dari sabana, kawah, hingga padang edelweiss.

Beberapa alasan mengapa gunung ini bisa didaki tanpa harus membangun kemah adalah karena di sekitar kawah Gunung Bromo sudah tersedia banyak penginapan dengan harga yang bervariasi. Selain itu jalur pendakiannya bisa dilewati dengan berbagai cara seperti menunggang kuda, naik jip, bahkan jalan kaki. Para wisatawan yang bukan pendaki gunung, tidak perlu takut akan kesulitan mendaki dengan jalan kaki karena ada sebuah tangga yang bisa mengantarmu ke puncak. Ditambah lagi kamu tidak perlu membawa tas banyak untuk berbagai keperluan. Hanya saja jangan lupa membawa tisu basah atau baju ganti untuk membersihkan diri karena kamu akan kotor akibat pasir yang berterbangan.

  1. Gunung Sari

Gunung Sari adalah sebuah gunung yang ada di Singkawang, Kalimantan Barat. Sebenarnya hanya ada sedikit orang yang mendaki gunung ini hingga ke puncak. Dari puncak Gunung Sari, kamu bisa menikmati pemandangan indah berupa pesisir yang mengelilingi Singkawang. Jika kamu termasuk orang malas untuk mendakinya, pergilah mengunjungi Taman Gunung Sari yang berada di kaki gunung. Di sini kamu bisa berolahraga dan naik ke rumah pohon setinggi 4 meter dan 6 meter.

110

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here