7 Jurus Ampuh Usir Bau Badan saat Travelling

0
93

Jakarta, Tamasya – Liburan seharusnya jadi momen yang menyenangkan dan berkesan. Tapi akan jadi beda ceritanya kalau kamu mengeluarkan bau badan. Pasalnya selama liburan kamu akan bersemangat dan melakukan banyak kegiatan seperti jalan kaki, bermain wahana, mengelilingi pusat perbelanjaan, dan masih banyak lagi. Kegiatan yang banyak ini tentu memakan tenaga dan tubuhmu akan menghasilkan keringat, apalagi jika cuaca di tempat wisata tersebut sangat panas.

Bau badan ini tentu akan mengganggu kenyamanan kamu dan orang yang berada di sekitarmu. Malu? Pasti. Selain itu, bau badan ini biasanya tidak kita sadari karena kita tidak bisa menciumnya tapi orang lain bisa. Menyebalkan, ya?

Nah daripada momen liburan menjadi memalukan dan menyebalkan akibat bau badan, sebaiknya kamu lakukan beberapa tips berikut untuk mencegah dan mengusir bau badan!

  1. Ganti pakaian yang sudah basah akibat keringat

Saat berlibur, semua anggota tubuh pasti akan banyak bergerak. Terlebih lagi jika kamu adalah orang yang sangat aktif dan senang menjajal semua hal baru. Semakin banyak gerak berarti semakin banyak keringat yang dikeluarkan. Meski sudah menggunakan pakaian yang nyaman, pada akhirnya pakaian tersebut akan basah juga akibat keringat. Pakaian yang basah ini akan membuat bau yang tidak sedap. Oleh karena itu, sediakan baju ganti di dalam tas jika kamu sudah berencana untuk melakukan kegiatan yang mengeluarkan banyak keringat. Tubuh nyaman dan bebas bau.

  1. Lakukan pencegahan dengan menggunakan deodoran

Sumber: Huffington Post

Salah satu cara mencegah bau badan adalah menggunakan deodoran. Sedia payung sebelum hujan memang lebih baik bukan? Sesudah mandi atau saat hendak keluar kamar hotel, gunakan deodoran di kedua ketiakmu. Dengan demikian kamu akan lebih bebas beraktivitas dengan percaya diri tanpa perlu takut ketiak basah dan menimbulkan bau tidak sedap.

Jika perlu, kamu bisa menyemprotkan parfum berbau segar pada beberapa titik utama seperti di belakang telinga, lipatan siku, dan pergelangan tangan bagian dalam.

  1. Tisu basah si penyelamat

Cuaca begitu panas saat kamu mengelilingi tempat wisata sehingga keringat mulai bercucuran? Jangan tunggu lama, segeralah ambil tisu basah untuk mengelap keringat tersebut. Tisu basah ini memiliki kandungan alkohol yang mampi membunuh kuman penyebab bau badan. Setelah mengelap keringat dengan tisu basah, dijamin tubuhmu akan terasa segar kembali dan bebas bau badan. Oleh karena itu, simpanlah selalu tisu basah di dalam tas karena dia bisa jadi penyelamatmu.

  1. Minum air putih yang banyak

Selain kuman dan kelenjar di ketiak, penyebab bau badan lainnya adalah racun yang ada di dalam tubuh. Salah satu cara untuk menetralisir racun di dalam tubuh ini adalah dengan minum air putih yang banyak. Ketika racun sudah dinetralisir air putih dan keluar melalui keringat, kamu tidak perlu khawatir akan bau badan. Selain bebas dari bau badan, tubuh kamu akan terhindar dari yang namanya dehidrasi.

Sebelum keluar hotel, isilah botol minum untuk berhemat di perjalanan. Jika destinasi wisatamu menyediakan air keran gratis yang layak minum, bawalah botol minum supaya bisa isi ulang. Yuk, siapkan botol minum di tas supaya bisa minum kapan saja dan di mana saja!

  1. Gunakan pakaian yang longgar

Hindari menggunakan pakaian yang ketat selama liburan karena pakaian yang ketat akan menghalangi kulitmu untuk bernafas. Jika sudah demikian, tubuh kamu bisa terasa panas dan semakin banyak mengeluarkan keringat penyebab bau badan.

Sebaiknya gunakan pakaian yang agak longgar untuk memberikan hawa bagi kulit. Selain itu pilihlah pakaian yang berbahan katun. Bahan katun ini mampu menyerap keringat dengan cepat dan efektif dibandingkan dengan bahan pakaian lainnya. Yuk, mulai pilih-pilih pakaian yang mau dibawa dan digunakan selama liburan nanti!

  1. Kurangi makanan pedas dan berlemak

Sumber: AskMen

Bau badan bisa juga dipengaruhi oleh makanan yang kita konsumsi selama liburan. Bagian sulitnya adalah menahan godaan untuk mencicipi semua makanan khas setempat terutama yang pedas dan berlemak sedangkan liburan itu tidak sah jika tidak mencicipi makanan khas setempat.

Bukannya menghindari, sebaiknya kamu mengurangi porsi makanan tersebut. Makanan yang berlemak akan membuat keringat sulit keluar dan proses penguapan dalam tubuh jadi terhambat. Sedangkan makanan pedas dan mengandung banyak rempah akan memicu keluarnya keringat serta bau badan yang sangat menyengat.

  1. Manfaatkan tawas

Sudah pernah mencoba berbagai tips di atas namun tetap saja tubuh mengeluarkan bau badan yang tidak sedap? Mungkin kamu harus mencoba menggunakan bahan alami yang satu ini, tawas. Wujud tawas menyerupai batu bening. Tawas ini sangat manjur untuk menghilangkan bau badan. Cara menggunakannya adalah menumbuk tawas hingga menjadi bubuk, lalu oleskan ke ketiak. Karena cukup repot, kamu bisa mempersiapkannya dari rumah sehingga saat liburan bisa langsung mengoleskannya.

119

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here