Sumber: cnbc.com

Traveling ke Singapura masih menjadi hal yang difavoritkan oleh sebagaian orang Indonesia. Jaraknya yang sangat dekat dengan Indonesia plus banyaknya atraksi unik dan seru yang ditawarkan negara kecil ini membuat Singapura selalu sukses menarik minat wisatawan dan traveller dari Indonesia untuk datang berkunjung setiap tahunnya. Apalagi biaya perjalanan ke Singapura juga relatif murah.

Banyak maskapai penerbangan yang menawarkan diskon cukup besar bagi traveller, yang ingin melakukan penerbangan ke negara Singa ini. Meskipun begitu ketika sampai di Singapura, traveller harus menerima fakta bahwa ternyata biaya hidup di sana relatif mahal. Ya dibandingkan dengan Indonesia, Singapura memiliki biaya hidup yang lebih tinggi dan juga mahal. Hal ini sebanding dengan pendapatan perkapita negara ini yang cukup besar. Tak heran bahkan untuk biaya plesiran di Singapura maka traveller harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit jumlahnya.

Meskipun begitu, ternyata ada beberapa hal yang bisa dilakukan secara gratis bagi Anda yang  sedang traveling ke Singapura ini. Disebut sebagai negara dengan pendapatan perkapita yang tinggi, pemerintah Singapura tak berhenti untuk memanjakan penduduknya. Karena itulah ada beberapa atraksi atau fasilitas umum yang menggratiskan biaya masuk untuk warga negaranya atau bahkan traveller yang datang berkunjung.

Hal ini tentu saja bermanfaat untuk traveller dengan kantong cekak yang tetap ingin menikmati hal-hal unik di Singapura tanpa harus membayar. Banyak hal-hal seru yang bisa dinikmati secara gratis dan tidak dipungut biaya sepeser pun di beberapa tempat di Singapura. Meskipun gratis, namun keseruannya tak kalah dengan tempat-tempat lain di Singapura. Apa saja hal-hal seru yang bisa dilakukan secara gratis di Singapura? Berikut ini daftarnya untuk Anda.

Melihat lumba-lumba liar di Sisters Island Marine Park

Sumber: raynatours.com

Traveller berkantong cekak, bisa datang ke Sisters Island Marine Park yang berlokasi di sebelah barat lepas pantai St John dan Pulau Tekukor ini. Sisters Island sendiri diketahui sebagai sebuah pulau dengan pemandangan alam yang masih asri dan juga sangat cantik sekali. Anda bisa menikmati snorkeling di laut yang biru tenang dan juga melihat pemandangan pantai yang sangat indah. Bagi yang beruntung, traveller bisa melihat lumba-lumba liar yang memang banyak hidup di sekitar Sisters Island Marine Park ini. Tempatnya yang hijau dan masih asri, membuat traveller bisa melakukan piknik di sekitar pantai Sisters Island. Pada Juli 2014 yang lalu, National Parks Board menjadikan Sisters Island ini sebagai taman laut, artinya wisatawan bisa masuk ke tempat ini secara gratis.

Mengunjungi Buddha Tooth Relic Temple and Museum

Salah satu hal seru yang bisa dilakukan jika traveling ke Singapura adalah mengunjungi Buddha Tooth Relic Temple and Museum yang terletak di 288 South Bridge Rd, Singapura ini. Sebenarnya hingga kini, kuil Budha ini masih menjadi salah satu tempat ibadah bagi warga lokal di sana. Karena itulah Anda wajib menjaga norma dan sopan santun saat mengunjungi Buddha Tooth Relic Temple and Museum ini.

Kuil Budha ini memiliki arsitektur unik yang terisnpirasi dari zaman dinasti Tang. Diberi nama Buddha Tooth Relic Temple and Museum karena dipercaya pada bagian atas kuil terdapat gigi dari Siddhartha Gautama, sosok religius pendiri agama Budha itu. Para biksu disini juga acap menyediakan makanan berbahan sayuran gratis untuk tamu yang datang berkunjung. Meskipun gratis, Anda tetap bisa meninggalkan sumbangan suka rela saat berkunjung ke Buddha Tooth Relic Temple and Museum ini.

Hiking di Mount Faber

Meskipun negara besar dan juga maju dengan gedung pencakar langit di mana-mana, namun Singapura masih mempertahankan beberapa spot yang dijadikan sebagai hutan lindung dan juga atraksi wisata untuk penduduk lokal dan juga pengunjung. Salah satunya yang bisa dikunjungi adalah Mount Faber atau Gunung Faber yang lokasinya berada di Telok Blangah Rd, Singapore.

Buka selama 24 jam, Mount Faber jadi tempat yang difavoritkan untuk dituju guna menikmati hijaunya pemandangan yang masih asri di tempat ini. Traveller bisa menikmati suasan asri di Mount Fiber ini secara gratis dengan cara hiking atau berjalan kaki menjelajah. Jangan membayangkan Anda akan hiking di medan berbatu dan berlumpur ya. Mount Faber ini dilengkapi dengan jembatan besi yang membentang dari ujung ke ujung, membelah  gunung ini dari berbagai sudutnya. Anda bisa berjalan kaki menikmati keindahan flora yang masih asri di tempat yang sejuk ini.

Bersepeda di Bukit Timah

Mount Faber bukan satu-satunya atraksi alam menantang yang bisa dinikmati secara gratis di Singapura. Bagi Anda penantang adrenalin, bisa mendatangi Bukit Timah untuk menjajal serunya bersepeda di Bukit Timah Mountain Bike Trail. Terletak di kawasan Bukit Timah, trek bersepeda ini cukup terkenal diantara para penduduk lokal dan traveler yang ingin menikmati serunya bersepeda gunung di medan yang cukup menantang. Anda akan diajak untuk bersepeda melewati medan berbatu dan berkelok tajam sepanjang 6 kilometer di Bukit Timah Mountain Bike Trail ini.

Sambil bersepeda, Anda juga bisa menikmati pemadangan yang masih asri di sekitar Bike Trail ini. Meskipun bisa seru-seruan secara gratis di tempat ini, namun traveler dan pengunjung harus memiliki sepeda dan perlengkapan keamanan sendiri. Setelah itu, Anda bisa bersepeda menembus Bukit Timah Mountain Bike Trail dengan medan yang cukup ekstrim dan menantang untuk ditaklukkan.

Menelusuri warisan sejarah di Toa Payoh Heritage Trail

Bagi Anda penggemar wisata sejarah, bisa mendatangi Toa Payoh Heritage Trail ini. Disini, Anda akan melihat kota pertama yang dibangun di Singapura oleh the Housing & Development Board (HDB). Salah satu hal yang tak boleh dilewatkan saat menjelajah  Toa Payoh Heritage Trail ini adalah berfoto di dekat taman bermain yang berbentuk naga warna warni atau dikenal dengan nama Dragon playground. Anda bisa menjadikan taman bermain tua berbentuk naga unik di Toa Payoh Heritage Trail ini, sebagai objek unik untuk background foto dan juga penjelajah kecil nan seru.

Menikmati pemandangan Singapura dari ketinggian 55 lantai

Pernah membayangkan bagaimana melihat Singapura dari ketinggian 55 lantai? Jika Anda penasaran dengan sensasinya, datang saja ke Mall ION Orchard yang lokasinya ada di 2 Orchard Turn, Singapore ini. Di pusat perbelanjaan yang awalnya diberi nama Orchard Turn Development atau Orchard Turn Site ini, tak hanya wisata belanja saja yang bisa Anda lakukan, tapi juga menikmati keindahan kota Singapura dari atas.

Anda bisa menuju lantai 55 di ION Orchard ini, di mana Anda akan diajak untuk menikmati keindahan Singapura dari puncak bangunan secara gratis alias tidak dipungut biaya sepeser pun. Terletak di tengah-tengah Siangpura, tak heran Anda bisa dengan mudah melihat pemandangan berbagai sudat kota Singapura dari atas ION Orchard ini. Apalagi lantai 55 ION Orchard ini dikelilingi oleh kaca-kaca tebal di mana Anda akan dengan mudah menikmati pemandangan kota Singapura yang menakjubkaan secara gratis. Lantai 55 ION Orchard ini selain menawarkan pemandangan Singapura yang menajubkan dari lantai 5 gedung, juga sangat bersih dan nyaman sehingga Anda akan betah berlama-lama disini.

Indahnya sunset dan sunrise di Changi Point Boardwalk

Satu lagi atraksi gratis yang sayang untuk dilewatkan saat traveling di Singapura adalah berjalan-jalan di Changi Point Boardwalk ini. Terletak di 6 Changi Village Rd, Singapore. Tempat ini menjadi salah satu destinasi favorit jika Anda ingin menikmati sunset dan sunrise yang indah mempesona, dengan bingkai lautan luas yang seolah tak ada batasnya.

Selain berjalan-jalan di tepi pantai, Anda juga bisa menikmati pemandangan garis pantai Changi dengan menelusuri jalanan panjang di sekeliling pantai yang terbuat dari papan kuat sepanjang kurang lebih 2.2 Km mengelilingi sekitar pantai ini. Karena lokasinya yang berdekatan dengan Changi Airport, Anda juga akan bisa melihat pesawat yang hilir mudik terbang rendah di sekitar Changi Point Boardwalk ini. Tempat ini sangat cocok untuk menikmati indahnya sunset dan sunrise, meskipun Anda harus sabar karena tempat ini lumayan ramai oleh penduduk lokal yang datang berkunjung setiap saat.

Menikmati keunikan Bukit Batok Town Park

Salah satu atraksi unik yang bisa dinikmati secara gratis oleh traveler berkantong cekak ada di Bukit Batok Town Park, yang berada di Bukit Batok East Avenue 5, Singapore. Di tempat ini, Anda akan melihat pemandangan unik yakni batuan granit yang berada di tengah-tengah danau cantik dan juga jernih. Batuan granit di Bukit Batok Town Park ini mirip dengan yang ada di Guilin, China yang terkenal dengan pemandangan rawa, danau, dan bukit dari batuan granit yang asri dan sangat indah itu.

Anda tak perlu jauh-jauh datang ke China untuk menikmati sensasi serasa di Guilin itu. Cukup datang saja ke Bukit Batok Town Park, Anda akan menikmati suasana seolah sedang berada di Guilin ini secara gratis alias tak diupungut biaya. Wisatawan tak melewatkan saat kunjungan ke Bukit Batok Town Park ini untuk berfoto, seolah mereka sedang ada di Guilin, China. Tak hanya itu, pemandangan alam yang indah dan tempat yang sejuk, membuat Bukit Batok Town Park ini sayang untuk dilewatkan.

Berpetualang di The MacRitchie Treetop Walk

Sumber: visitsingapore.com

Satu lagi spot yang bisa dikunjungi secara gratis saat sedang berada di Siangapura adalah The MacRitchie Treetop Walk ini. Terletak di 601 Island Club Rd, Singapore, tempat ini buka setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 5 sore. Saat tiba di The MacRitchie Treetop Walk, Anda akan diajak melintasi hutan kecil yang hijau melalui kanopi jembatan yang terbentang sepanjang 14 km.

Anda bisa  hiking memilih rute terpendek yakni sekitar 3 km, atau yang terpanjang yakini 14 km saat sedang berada di The MacRitchie Treetop Walk ini. Jembatan gantung membentang diatas pepohonan yang rimbun, memberikan sensasi seolah Anda sedang berjalan di puncak pohon-pohon yang hijau ini. Di The MacRitchie Treetop Walk ini Anda juga bisa menikmati flora dan fauna yang dibiarkan hidup bebas, seolah sedang berada di habitat mereka yang sebanarnya di alam. Oh ya sebaiknya Anda datang ke The MacRitchie Treetop Walk ini saat cuaca sedang cerah ya sebab ketika hujan atau berangin kencang, tempat ini rawan untuk dijelajahi.

258

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here