Saat berkunjung ke luar kota atau luar negeri, hal yang selalu dicari oleh wisatawan adalah kuliner khas setempat. Alasannya adalah karena kuliner tersebut tidak ada di kota asal wisatawan atau kuliner tersebut ada di kota asal wisatawan tapi rasanya kurang mantap jika tidak langsung disantap di kota pemilik kuliner tersebut.

Kali ini kita akan membahas daftar tempat makan yang wajib kamu kunjungi selagi berada di Medan. Penasaran? Langsung saja simak daftarnya!

Durian Ucok Medan

Sumber: Travel Today

Selain durian Thailand, durian yang terkenal di Indonesia adalah durian Medan. Tidak heran jika Medan disebut sebagai surganya para pecinta durian. Karena Medan adalah kota asal dari durian ini, kamu akan menemukan banyak penjual durian di sepanjang jalan. Meski demikian, ada satu penjual durian yang sangat populer, yaitu Durian Ucok Medan yang terletak di Jalan Wahid Hasyim. Daging durian di sini terkenal tebal, lembut, dan manis. Selain menikmati buahnya langsung, kamu juga bisa menikmati pancake durian dan es krim durian.  

Soto Kesawan Enak Tenan

Soto enak dinikmati untuk sarapan atau makan malam, apalagi jika cuaca sedang dingin. Menu andalan dari Soto Kesawan Enak Tenan ini adalah soto udang yang terasa gurih dan memiliki aroma kuat udang. Jika tidak menyukai udang, kamu bisa mencicipi soto lainnya seperti soto ayam dan soto daging.

Mie Ayam Jamur Kumango

Para pecinta mie wajib mengunjungi rumah makan Mie Ayam Jamur Kumango yang terletak di area Jalan Mangkubumi. Mie yang dijual memiliki tekstur tipis dan kenyal. Mie ayam ini dilengkapi dengan jamur dan ayam sebagai lauknya serta taoge, sawi dan bawang goreng sebagai pelengkapnya. Rumah makan ini sudah berdiri sejak tahun 1958 sehingga kelezatannya tidak perlu diragukan lagi. Selagi di sini, jangan lupa memesan secangkir kopi tradisional ya.

Warkop Elisabeth

Warung ini buka 24 jam sehingga kamu bebas nongkrong kapan saja di sini.

Warkop Elizabeth terletak di depan Rumah Sakit Santa Elisabeth di Jalan H. Misbah. Karena namanya warkop, menu yang ditawarkan sangatlah sederhana seperti warung pada umumnya. Ada kopi, teh, mi instan, serta nasi kucing yang dilengkapi telur dan ikan.  Warung ini buka 24 jam sehingga kamu bebas nongkrong kapan saja di sini.

Lontong Kak Lin

Menu utama yang ditawarkan rumah makan Lontong Kak Lin ini jelas lontong. Di sini kamu bisa menemukan berbagai jenis lontong mulai dari lontong sayur, lontong pecel, dan lupis. Lontong Kak Lin ini terasa pulen. Bagi yang ingin menikmati lontong ini, tidak perlu berburu pagi-pagi karena tersedia dari pagi hingga sore hari.

Mie Balap Wahidin

Dibandingkan dengan berbagai rumah makan serba mie lainnya, Mie Balap Wahiding menjadi terkenal karena disajikan dalam waktu yang sangat cepat oleh penjualnya sehingga seperti sedang mengikuti balapan. Keunggulan lainnya dari Mie Balap Wahidin adalah mie dimasak di atas kuali menggunakan kayu bakar sehingga tercipta aroma yang unik dan khas. Pengunjung bisa memilih lauk yang disajikan bersama mie seperti telur, bakso ikan, dan cumi-cumi. Selain mie, kamu juga bisa mencicipi bihun goreng dan kwetiau goreng yang tidak kalah nikmatnya.

Rumah Makan Tabona

Rumah Makan Tabona ini menyajikan berbagai menu masakan rumah sehingga cocok untuk dikunjungi oleh rombonganmu yang memiliki perbedaan selera makan. Meski ada banyak menu masakan di sini, yang paling populer dan menjadi andalan adalah bihun kari, kari ayam, dan kari sapi. Rumah Makan Tabona buka dari pukul 7 pagi hingga 5 sore.

Kedai Kopi Apek

Sumber: Nonik Hairani

Kedai Kopi Apek adalah sebuah kedai kopi tertua di Medan yang berdiri sejak 1922. Bertahan hingga puluhan tahun dan dikunjungi banyak tamu, tentu kedai kopi ini punya sesuatu yang membuatnya begitu digemari. Kunci pembuatan kopi di kedai kopi ini adalah ketelitian sang pemiliki saat meracik kopi mulai dari pemilihan biji kopi, cara mengaduk, hingga suhu air yang digunakan. Hasilnya adalah secangkir kopi yang nikmat. Datanglah ke kedai kopi ini untuk mengawali aktivitasmu, pesan juga sepiring roti bakar untuk mengenyangkan perut.

Bihun Bebek Asie

Bosan dengan mie ayam atau bihun ayam? Cobalah berkunjung ke rumah makan Bihun Bebek Asie untuk mencicipi bihun bebek. Bihun ini disajikan bersama potongan daging bebek yang nikmat, sawi, dan daun bawang. Rasanya akan semakin nikmat jika disantap bersama kuah kaldu bebek.

Sop Sumsum Langsa

Sop sumsum terkenal gurih, siapa pun pasti suka. Di Medan ada sebuah rumah makan terkenal yang menjual sop sumsum yaitu rumah makan Sop Sumsum Langsa di Jalan Yos Sudarso nomor 73. Dengan harga sekitar 50 ribu rupiah, kamu bisa menikmati satu mangkok sop sumsum besar yang disajikan menggunakan sedotan untuk mempermudah kamu menyeruput sumsum di dalam tulang.

963

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here