Oleh-oleh Balikpapan

Nama Balikpapan memang tidak sepopuler Bali atau Lombok untuk urusan pariwisata. Meski begitu, ibukota Kalimantan Timur ini memiliki beberapa tempat wisata menarik dan tak kalah penting oleh-oleh khas yang dimilikinya. Bagi kamu yang masih bingung dengan oleh-oleh khas Balikpapan, berikut adalah oleh-oleh khas yang harus kamu bawa pulang dari Balikpapan!

  1. Mantau

"<yoastmark
Bakpau khas Balikpapan

Mantau atau bakpau adalah salah satu hidangan sarapan warga Balikpapan yang bisa kamu bawa pulang juga sebagai oleh-oleh. Makanan ini tidak dimasak dengan cara dikukus melainkan digoreng sehingga bagian luarnya terasa garing dan gurih.

Biasanya mantau khas Balikpapan dibuat menggunakan olahan daging rusa. Namun seiring berjalannya waktu, daging rusa semakin langka dan kini termasuk dalam kategori binatang yang dilindungi. Penggunaan daging rusa kini digantikan dengan daging sapi dan ayam. Daging ini sebelumnya dimasak dengan lada hitam. Kalau mau dibawa pulang, belilah yang masih dalam keadaan beku dan kemudian dimasak di rumah.

  1. Bingka

Bingka adalah semacam kue tradisional khas Balikpapan. Kue tradisional yang sifatnya basah ini dibuat menggunakan kentang, mentega, telur, susu, santan, dan gula. Varian rasanya ada cokelat, keju, pisang, vanilla, dan pandan. Yang membuat kue ini populer adalah rasa dan bentuknya yang dibuat menyerupai bunga. Karena sifatnya basah, sebaiknya kamu membeli kue bingka ini beberapa saat sebelum naik ke pesawat agar tidak cepat basi.

  1. Olahan kepiting

Balikpapan adalah salah satu kota di Indonesia yang kaya akan hasil laut. Salah satu hasil laut yang terbanyak adalah kepiting. Tidak heran kalau di sini ada banyak sekali olahan kepiting. Beberapa macam olahan kepiting yang bisa kamu beli sebagai oleh-oleh adalah abon dan keripik kepiting. Kedua makanan ini bisa kamu temukan dengan mudah di berbagai toko souvenir. Setelah kamu mendapatkan oleh-oleh hasil olahan kepiting, jangan lupa juga untuk mencicipi aneka kuliner yang dibuat dari kepiting segar. Di antaranya adalah kepiting saos tiram, kepiting lada hitam, dan kepiting goreng mentega. Rumah makan yang populer untuk hidangan ini adalah Dandito dan Kenari.

  1. Amplang

Amplang atau biasa disebut juga sebagai kuku macan adalah sejenis kerupuk yang dibuat menggunakan daging ikan. Biasanya amplang dibuat menggunakan ikan tenggiri, tapi kalau kamu mau mencicipi yang benar-benar khas Balikpapan pilihlah amplang dari ikan pipih. Amplang ikan pipih ini cukup sulit ditemui kalau bukan di Balikpapan. Daging ikan pipih ini membuat amplang terasa lebih gurih dibandingkan jika menggunakan daging ikan tenggiri. Amplang khas Balikpapan ini cocok untuk menjadi teman makan nasi atau pun dimakan begitu saja sebagai camilan.

  1. Onde-onde ubi ungu

Onde-onde bukan lagi jajanan yang asing untuk masyarakat Indonesia karena mudah ditemukan di penjual kue tradisional. Tapi onde-onde khas Balikpapan ini berbeda dari onde-onde lainnya. Pada umumnya onde-onde memiliki isian kacang hijau yang sudah dihaluskan. Kalau onde-onde khas Balikpapan ini malah diisi dengan ubi ungi. Rasanya tidak kalah nikmat dan menggoda.

  1. Bakpia

Siapa bilang bakpia hanya bisa ditemukan di Yogyakarta? Balikpapan juga terkenal dengan bakpianya. Perbedaan yang jelas terlihat pada kedua bakpia ini adalah ukurannya. Ukuran bakpia Balikpapan lebih besar dari bakpia Yogyakarta. Kulit bakpia Balikpapan juga lebih garing dan gurih. Untuk isiannya ada beberapa pilihan seperti kacang hijau, cokelat, dan keju.

  1. Kain songket

Untuk kamu yang suka fashion serta kebudayaan, maka kain songket adalah pilihan oleh-oleh yang tepat. Songket ini adalah kain yang dibuat dengan cara ditenun menggunakan benang warna emas dan perak. Kain songket ini ada yang dijual meteran, ada juga yang sudah berwujud sarung atau penutup kepala. Warna cerah, cantik, dan juga elegan. Untuk mendapatkannya, kamu bisa pergi mengunjungi Pasar Inpres Kebun Sayur. Pilihannya ada banyak dan harganya lebih murah dibandingkan dengan kain songket di tempat lain.

  1. Aksesoris suku Dayak

Aksesoris Dayak
Aksesoris khas Dayak, Balikpapan

Salah satu suku yang berada di Kalimantan adalah suku Dayak. Suku Dayak ini terkenal dengan kerajinan tangan dan aksesoris seperti kalung, anting, gelang, dan tas. Semua barang ini dibuat dari manik-manik yang warnanya sangat cantik. Bagi kamu yang suka mengoleksi benda antik, bisa mempertimbangkan pakaian adat khas suku Dayak atau Mandau untuk dibawa pulang. Mandau adalah senjata khas suku Dayak yang dipakai untuk perang dan memenggal kepala musuh.

Demikian 8 daftar oleh-oleh khas Balikpapan yang harus kamu bawa pulang. Mau makanan atau aksesoris, sesuaikan saja dengan selera, kebutuhan, dan budget masing-masing ya! Selamat berwisata!

102

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here