Inspirasi Oleh-oleh Berkesan

Salah satu kalimat yang paling sering kamu dengar sebelum pergi liburan adalah “jangan lupa oleh-oleh”. Terlepas dari kalimat tersebut diucapkan dengan tujuan apa, biasanya kita sendiri sudah menyiapkan budget untuk oleh-oleh yang akan diberikan kepada keluarga dan teman dekat. Karena sudah dekat dan mengetahui kepribadian masing-masing penerima oleh-oleh, kita akan mencarikan sesuatu yang spesial juga. Berikut merupakan oleh-oleh unik berkesan yang dapat menjadi inspirasi untuk diberikan! Yuk simak apa saja!

  1. Pasir dari dasar laut

Pasir laut
Pasir dari laut sebagai oleh-oleh

Jika si penerima oleh-oleh adalah seorang pecinta pantai atau seseorang yang ingin liburan ke pantai tapi berhalangan untuk pergi, maka ide oleh-oleh berupa pasir dari dasar laut ini adalah pilihan yang tepat. Ambil pasir dari dasar laut ketika kamu menyelam atau snorkeling. Tapi ingatlah selalu agar tidak merusak habitat laut itu sendiri ya. Tidak perlu banyak-banyak mengambilnya, satu atau dua sendok kecil pasir saja sudah cukup.

Setelah itu simpan pasir tersebut ke dalam botol kecil. Tambahkan hiasan berupa pecahan kulit kerang. Agar lebih berkesan, selipkan secarik kertas berisi pesan khusus atau cerita tentang keberadaan pasir tersebut. Kalau mengambil pasir dari dasar laut ini tidak mungkin dilakukan, kamu bisa menggantinya dengan pasir yang ada di tepi pantai.

  1. Koleksi foto polaroid

Bagi para pecinta fotografi, koleksi foto polaroid bisa jadi oleh-oleh yang berkesan. Polaroid ini bisa dijadikan sebagai motivasi mereka untuk mengunjungi tempat yang sama, bisa juga untuk dijadikan media kenang-kenangan jika sebelumnya sudah pernah pergi ke sana. Foto beberapa objek yang disukai oleh penerima oleh-oleh, sejumlah landmark kota destinasimu, hingga momen-momen tertentu yang estetika. Kemudian kumpulkan foto-foto ini dalam album khusus, bila perlu tambahkan beberapa catatan kecil. Kalau si penerima oleh-oleh suka berkreasi juga, biarkan mereka yang memajangnya sendiri di kamar.

Untuk menjalankan ide oleh-oleh yang satu ini, kamu harus menyediakan kamera polaroid dan stok kertas polaroid yang memadai. Jika tidak memiliki kamera polaroid, kamu bisa memotretnya menggunakan kamera smartphone kemudian mencari jasa cetak foto ala polaroid.

  1. Rekaman video musisi jalanan di sejumlah tempat

Bagi kamu yang liburan ke Eropa, kamu akan mudah menemukan sejumlah musisi jalanan di sudut kota. Talenta mereka tidak kalah mengagumkan dibandingkan dengan musisi papan atas. Ditambah lagi jika mereka bermain musik dengan latar belakang gedung berarsitektur klasik atau pemandangan alam yang mempesona. Hasil rekaman videomu bisa jadi sangat menarik.

Kumpulkanlah video-video tersebut dan edit menjadi satu video. Tuangkan ide dan kreasimu sendiri untuk memperindah hasil akhirnya. Kamu bisa tambahkan tulisan atau selipkan beberapa momen penting antara kamu dan si penerima oleh-oleh. Si penerima tentu akan sangat merasa dihargai dan diingat oleh kamu. Hasil video ini bisa dikirim dalam bentuk CD maupun online.

  1. Uang dari negara destinasi

Uang negara
Keunikan uang negara lain bisa menjadi oleh-oleh

Kalau kamu liburan ke luar negeri, mata uang yang digunakan pasti berbeda dengan mata uang rupiah. Ide oleh-oleh yang satu ini mungkin terdengar mahal, tapi jangan salah kaprah dulu ya. Yang kami maksud bukan memberikan uang dalam nominal besar, melainkan nominal kecil saja. Misalnya uang kertas nominal kecil dengan warna cantik atau bahan kertas yang bagus. Bisa juga berupa uang koin yang nominalnya tidak seberapa.

Uang ini tentu diberikan bukan dengan tujuan untuk digunakan kembali, tapi sebagai kenang-kenangan dan koleksi pribadi saja. Sangat cocok untuk penerima oleh-oleh yang gemar koleksi benda vintage. Oh ya, kamu juga bisa menyimpan uang ini sebagai kenang-kenangan sendiri,loh. Lagi pula uang koin biasanya akan sulit ditukarkan kembali ke mata uang rupiah.

  1. Kartu transportasi

Di sejumlah negara, pembayaran transportasi umum sudah menggunakan kartu tapping. Beberapa transportasi umum tersebut adalah kereta, bis, dan taksi. Yang menarik, desain kartu transportasi ini sangat beragam dan terkadang ada yang edisi spesial. Kalau kamu mendapatkan kartu transportasi yang desainnya menarik, sayang sekali jika harus di-refund apalagi jika saldonya hanya sisa sedikit saja karena bisa dijadikan oleh-oleh.

Itulah 5 ide oleh-oleh unik yang akan berkesan untuk si penerima dan bisa kamu jadikan inspirasi. Kalau kamu ada ide apa nih?

88

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here