Menghemat Baterai Smartphone

Salah satu kegiatan yang pasti dilakukan di waktu libur pastinya memainkan smartphone. Banyak hal yang bisa dilakukan oleh smartphone dalam waktu sehari dan tentunya dibutuhkan baterai smartphone yang terisi penuh. Hal yang menjadi masalah adalah tidak semua smartphone akan bertahan seharian. Oleh karena itu, kami akan berbagi tips mudah untuk menghemat baterai smartphone selama liburan. Simak ya!

  1. Menggunakan wallpaper yang gelap

Tanpa disadari penggunaan wallpaper smartphone yang berwarna cerah akan membuat baterai cepat habis karena memaksa smartphone mengeluarkan cahaya yang lebih terang. Begitu juga jika kamu menggunakan live wallpaper atau animasi. Sebaiknya gunakan wallpaper biasa yang berwarna gelap dan tidak memiliki banyak campuran warna. Bila perlu setel ke dalam mode malam. Dengan demikian, cahaya yang dihasilkan tidak akan terlalu terang dan menghabiskan baterai. Mode malam juga bisa membuat mata lebih nyaman ketika harus menatap layar ponsel di tengah ruangan gelap.

  1. Matikan mode pengaturan kecerahan layar otomatis

Smartphone sekarang sudah dibekali mode pengaturan kecerahan layar otomatis. Jika kamu berada dalam area yang terang, maka tingkat kecerahan layar akan otomatis menjadi lebih terang juga. Sedangkan saat berada di dalam area yang gelap, maka tingkat kecerahan layar akan menurun. Semakin cerah layar smartphone, semakin cepat juga baterai habis. Jadi matikan saja mode pengaturan kecerahan layar otomatis ini dan setel kecerahan layar sekitar 20 hingga 25 persen. Perlu kamu ketahui juga kalau semakin besar ukuran layar smartphone, maka baterai juga akan lebih cepat habis.

  1. Matikan fitur getar

Fitur getar
Mematikan Fitur Getar

Fitur getar pada smartphone sangat berguna untuk menjaga kenyamanan ketika kamu sedang berada di tengah ruang sunyi atau kegiatan penting seperti di perpustakaan, galeri seni, rapat, tempat ibadah, dan sebagainya. Kamu bisa mengetahui kalau ada pesan atau panggilan masuk tanpa memecah keheningan di tempat tersebut. Tapi sayangnya, fitur getar ini memakan cukup banyak baterai. Apalagi jika kamu terus-menerus mendapat notifikasi pesan. Sebaiknya matikan fitur getar ini dan gunakan fitur silent.

  1. Matikan GPS, Wi-Fi, dan Bluetooth

Jika selama perjalanan kamu tidak membutuhkan GPS, Wi-Fi, dan Bluetooth, sebaiknya matikan saja ketiga fitur tersebut. Ketiga fitur ini akan terus mencari sinyal sehingga baterai pun lebih cepat habis. Lain halnya jika kamu sedang menggunakan Wi-Fi, fitur ini tidak akan memakan banyak baterai smartphone. Jadi, nyalakan fitur-fitur tersebut jika memang dibutuhkan. Setelah selesai menggunakan, matikan kembali fitur tersebut.

  1. Mengaktifkan mode pesawat

Jika di sepanjang perjalanan kamu hanya menggunakan smartphone untuk menonton video, mendengarkan lagu, dan bermain game offline, aktifkan saja mode pesawat (airplane mode). Mode ini mencegah smartphone mencari dan menerima berbagai sinyal sehingga baterai bisa lebih awet.

  1. Mengumpulkan aplikasi dalam satu folder

Banyak orang yang terbiasa memasang banyak aplikasi pada layar home smartphone hingga penuh. Hal ini bisa membuat baterai terkuras. Solusinya adalah mengumpulkan aplikasi-aplikasi sejenis dalam satu folder. Layar home yang lebih simple dan rapi bisa menghemat daya baterai smartphone.

  1. Menyingkirkan aplikasi penghemat baterai

Saving Battery Apps
Menyingkirkan aplikasi power saving battery

Saat ini ada banyak aplikasi gratis yang bisa menghemat baterai. Namun pada kenyataannya aplikasi ini malah membuat penggunaan baterai sama borosnya. Biasanya aplikasi penghemat baterai ini hanya mematikan fitur yang paling banyak menguras baterai. Daripada buang-buang memori penyimpanan dan daya baterai, lebih baik lakukan penghematan baterai secara manual.

  1. Mengatur timeout layar

Waktu timeout layar juga bisa mempengaruhi kinerja baterai. Agar lebih hemat baterai, sebaiknya kamu mengaturnya sekitar 15 atau 30 detik. Jangan biasakan mematikan layar kemudian menyalakannya lagi dalam interval waktu yang dekat karena hanya akan membuat baterai bekerja ekstra dan cepat berkurang. Kamu bisa mematikan fitur notifikasi popup setiap kali ada pesan masuk karena hal tersebut akan membuat layar terus menyala.

Ternyata menghemat baterai smartphone itu tidaklah sulit ya. Umur baterai bisa jadi lebih awet jika kamu menerapkannya setiap hari. Meski demikian untuk berjaga-jaga, tetaplah membawa powerbank yang terisi penuh ke manapun kamu pergi untuk digunakan di saat darurat.

204

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here