Sumber: Okezone News

Bicara soal Mesir, kita akan teringat dengan gurun pasir dan piramida. Mesir adalah sebuah negara yang terletak di benua Afrika dan berbatasan langsung dengan Asia Timur sekaligus menjadi pintu gerbang perbatasan antar kedua benua.

Wisata di Mesir tidak hanya terbatas pada piramida dan Sphinx saja, tapi ada juga wisata alam, sejarah, dan religi. Apa saja tempat-tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi tersebut? Simak daftarnya berikut ini!

Piramida Khufu atau Piramida Agung Giza

Berlibur ke Mesir tidak akan sempurna jika tidak berkunjung ke piramida. Piramida sendiri merupakan tempat disemayamkannya mumi atau jasad para firaun. Piramida Khufu merupakan piramida tertua dan tertinggi yang ada di Mesir dengan tinggi 139 meter. Piramida ini dipercaya dibangun sebagai makam firaun dinasti keempat Mesir, Khufu. Pembangunan piramida ini diperkirakan dibangun selama 20 tahun dan berlangsung pada sekitar tahun 2560 sebelum masehi.

Siwa Oasis

Sumber: Egyptian Streets

Siwa Oasis adalah sebuah pemukiman yang terisolasi di Mesir. Dengan kepadatan penduduk sekitar 23.000 jiwa, area ini didominasi oleh etnis berber. Area ini merupakan salah satu rute perdagangan tua yang penting dan tempat untuk para wisatawan mencari keteduhan. Area ini terasa sejuk karena dipenuhi oleh pohon-pohon palem yang rimbun dan memiliki mata air alami.  Di sini para wisatawan bisa berkeliling pemukiman menggunakan sepeda atau bersantai di kolam mata air alami Cleopatra. Di dekat Siwa Oasis juga ada sebuah bukit pasir di mana kamu bisa bermain papan luncur.

Valley of The Kings

Valley of The Kings atau Lembah Para Raja ini merupakan area pemakaman para firaun dan orang-orang yang memiliki status tinggi pada saat itu. Lembah Para Raja berada di sepanjang tepi barat Sungai Nil, tepat di seberang Thebes atau yang sekarang dikenal sebagai Luxor. Area pemakamam ini terdiri dari 2 lembah yaitu Lembah Timur dan Lembah Barat. Salah satu alasan Lembah Para Raja ini menjadi terkenal adalah karena ditemukannya makam Firaun Tutankhamen, Raja Mesir Kuno yang terkenal dengan legenda kutukannya. Lembah Para Raja ini memiliki 63 makam. Makam pertama adalah milik Thutmose I dan yang terakhir adalah milik Ramses X. Sayangnya, dari 63 makam yang ditemukan hanya ada 11 yang tidak dibongkar oleh para penjarah. Area pemakaman ini dibuka umum untuk para wisatawan, hanya saja tidak diperkenankan untuk memotret dan menyentuh apapun yang ada di sana. Para wisatawan pun diminta untuk berjalan dengan pelan saat memaskui makam yang ada di Lembah Para Raja.

Sungai Nil

Sungai Nil adalah sungai terpanjang di dunia dan salah satu objek wisata favorit para wisatawan. Menyusuri Sungai Nil menggunakan kapal layar merupakan cara terbaik untuk menikmati pemandangan Mesir. Sungai Nil ini memiliki kaitan yang sangat erat dengan sejarah yang ada di Mesir. Pada zaman dulu, Sungai Nil menjadi akses utama untuk berkunjung ke kota Mesir. Aktivitas perdagangan juga tidak lepas dari Sungai Nil ini, kapal-kapal yang mengangkut barang dagangan akan berlabuh di sejumlah pelabuhan yang ada. Ada sebuah kapal yang sudah digunakan sejak ribuan tahun silam dan masih bertahan hingga sekarang. Kapal tersebut adalah kapal Felluca.

Baca Juga: 7 Sungai Cantik di Dunia yang Perlu Kamu Kunjungi

Laut Merah

Mendengar namanya, sebagian besar orang pasti akan mengira kalau laut ini memiliki warna merah. Padahal nama tersebut tidak ada kaitannya sama sekali dengan warna air Laut Merah. Laut Merah dinamakan demikian karena Laut Merah merupakan tempat di mana alang-alang bisa tumbuh dengan subur. Alang-alang sendiri dalam bahasa Inggris adalah reed.

Tetapi banyak orang salah paham dan mengiranya sebagai red (merah). Maka hingga saat ini melekatlah nama tersebut. Laut Merah ini memiliki sejumlah terumbu karang, beragam jenis ikan, dan keindahan dasar laut. Tidak heran jika Laut Merah menjadi incaran untuk para penyelam.

Gunung Sinai

Sumber: Real Islam

Gunung Sinai merupakan puncak tertinggi di kota Saint Kahterine’s. Gunung Sinai ini dikunjungi banyak wisatawan yang lokal dan mancanegara yang ingin melakukan wisata rohani bagi umat Muslim dan Kristiani. Seperti yang sudah diketahui, Gunung Sinai merupakan tempat di mana Musa mendapatkan wahyu berupa 10 perintah Allah.

Sphinx

Selain piramida, ada lagi ikon kebanggaan kota Mesir yaitu Sphinx. Sphinx adalah sebuah patung besar yang memiliki bentuk unik. Kepalanya merupakan kepala manusia dan badannya merupakan badan singa. Sphinx merupakan salah satu patung terbesar di dunia yang dipahat dari satu bongkahan batu besar utuh. Sejumlah peneliti menyatakan bahwa Sphinx dibuat pada masa peradaban Mesir Kuno pada millennium ketiga sebelum masehi. Nama Sphinx sendiri merujuk pada mahkuk mitologi Yunani dan kata sphingo dalam bahasa Yunani yang berarti mencekik.

654

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here