Jakarta, Tamasya – Oslo adalah ibukota dari negara Norwegia sekaligus kota terbesar di Norwegia. Secara geografis, kota Oslo berada di wilayah selatan Norwegia, di tepian Oslofjord. Kota yang menjadi tempat tinggal dari 669 ribu jiwa penduduk ini didaulat menjadi sebuah kota pada tahun 1040 dan sempat mengalami perubahan nama seperti Christiana dan Kristiana sebelum kembali menggunakan nama Oslo pada tahun 1925.

Berbeda dengan sejumlah ibukota di negara lain yang merupakan kota metropolitan dan dipenuhi gedung pencakar langit, kota Oslo justru tampak sangat asri karena jarang ada gedung pencakar langit. Bangunan-bangunan di kota ini berarsitektur menarik dan menyatu dengan alam. Tidak heran kalau pesona utama dari tempat wisata di sini adalah pesona alamnya.

Apa saja sih tempat wisata di kota yang bisa dikunjungi melalui Bandara Internasional Oslo ini? Simak daftarnya berikut ini!

  1. Frogner Park

Sumber: Wikimedia

Frogner Park yang bernama asli Frognerparken ini merupakan sebuah taman kota yang berada di Distrik Frogren, Oslo. Taman yang dibangun pada tahun 1750 dan memiliki luas sekitar 45 hektar ini pada awalnya merupakan sebuah taman kecil yang menjadi bagian dari rumah seorang saudagar terkenal. Rumah tersebut masih berdiri hingga saat ini dan difungsikan sebagai Oslo City Museum yang berada di bagian selatan taman. Objek yang menarik di sini adalah beraneka ragam patungĀ  di satu area bernama Vigeland Sculpture Park. Karena merupakan taman kota, Frogner Park ini dibuka untuk umum setiap hari selama 24 jam.

  1. Akershus Fortress

Akershus Fortress yang juga dikenal sebagai Akershus Castle ini merupakan sebuah benteng pertahanan yang dibangun pada tahun 1290. Pada zaman dulu, bangunan ini juga sempat digunakan sebagai istana kerajaan dan penjara. Hingga saat ini, Akershus Fortress masih tergolong sebagai area militer dan dijaga oleh pengawal Kerajaan Norwegia. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung, silahkan datang pada pukul 6 pagi hingga 9 malam.

  1. Viking Ship Museum

Viking Ship Museum berada di Huk Aveny, Oslo. Sesuai dengan namanya, museum yang satu ini memamerkan berbagai jenis kapal yang digunakan oleh bangsa Viking pada masa lalu. Beberapa koleksi utama dari museum yang juga bagian dari Museum Sejarah Budaya Universitas Oslo ini adalah kapal Viking Oseberg, Gokstad, dan Tune. Selain kapal, ada juga beberapa koleksi lain seperti kereta kuda dan berbagai ukiran kayu milik bangsa Viking.

  1. Royal Palace Oslo

Istana Kerajaan Norwegia ini terletak di Slottsplassen, Oslo, dibangun pada awal abad ke 19 atas perintah Raja Charles III. Hingga saat ini Royal Palace Oslo masih digunakan sebagai kediaman resmi keluarga kerajaan. Arsitekturnya bergaya Neo klasik dilengkapi dengan 173 ruangan. Bagian luar istana terdapat sebuah taman dengan beragam patung dan air mancur yang menghiasinya. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke sini, datanglah pada musim panas dan bergabung dengan tur khusus yang akan mengajak kamu berkeliling istana selama 1 jam.

  1. Norwegian Folk Museum

Sumber: Robertharding

Bagi para wisatawan yang mencintai sejarah, berkunjunglah ke Norwegian Folk Museum di Museumsveien. Di museum ini kamu bisa menemukan berbagai koleksi benda kebudayaan tradisional dari berbagai etnis di Norwegia. Museum outdoor ini dibangun pada abad ke 19 oleh Hans Aall, seorang ahli sejarah dan perpustakaan. Di area museum ini ada sekitar 150 rumah tradisional dari berbagai budaya yang dipamerkan. Beberapa rumah yang populer di kalangan wisatawan adalah rumah kayu dari Osterdal, Vicarage dari Leikanger, pondok penggilingan dari Stordal, rumah abad ke 19 dari Lista, rumah bergaya Pakistan, hingga gereja Gol Stave.

  1. Sungai Akerselva

Sungai yang mengalir di bagian tengah kota Oslo ini bukan tempat wisata utama di Oslo. Meski demikian, tidak ada salahnya berkunjung ke sungai ini. Di sekitar sungai ada banyak taman-taman asri dan jalur setapak. Kamu bisa jalan santai di sini sekedar menikmati pemandangan atau memperhatikan kegiatan para penduduk lokal di sana. Sungai yang panjangnya hingga 8 km ini memiliki hulu di Maridalsvannet dan bermuara di Bjorvika.

  1. Hovedoya

Hovedoya merupakan sebuah pulau cantik berukuran kecil yang berada di Oslofjord, tepi pantai Oslo. Pulau yang memiliki luas sebesar 40 hektar ini merupakan sebuah dataran yang ditutupi oleh rumput alami. Di pulau ini juga terdapat reruntuhan kastil yang dibangun pada abad ke 12, Hovedoya Abbey. Struktu dataran di pulau ini terbilang cukup unik karena terbentuk atas susunan limestone, sandstone, dan mudstone. Pulau ini ramai dikunjungi wisatawan pada saat musim panas untuk berjemur dan bersantai. Jika berminat untuk bermain di sini, kamu bisa menggunakan jasa kapal ferry untuk menyeberang selama 5 menit dari Aker Brygge.

185

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here