Jakarta, Tamasya – Hungaria adalah sebuah negara di benua Eropa dengan ibu kotanya, Budapest. Nama Hungaria sendiri cukup terkenal karena sering mendapatkan medali emas pada perhelatan Olimpiade untuk berbagai kategori olahraga.

Kamu ingin berlibur ke Hungaria dalam waktu dekat ini? Cari tahu dulu tempat wisata apa saja yang harus kamu kunjungi melalui daftar berikut ini!

  1. Kastil Buda

Bangunan bersejarah yang diakui sebagai situs warisan budaya dunia oleh UNESCO pada tahun 1987 ini dibangun pada abad 14. Kastil Buda ini merupakan istana pertama yang dibangun dengan gaya gothic dan arsitektur baroque. Kastil yang berada di Puncak Vargehy, tepatnya 48 meter di atas Danube ini sekarang digunakan sebagai Museum Galeri Nasional dan Museum Sejarah Budapest.

  1. Heroes Square

Sumber: Askidea

Heroes Square merupakan sebuah alun-alun bersejarah yang berada di ujung wilayah Andrassy Avenue. Di dalam alun-alun ini terdapat Monumen Milenium dan Museum Seni Rupa yang sudah berdiri sejak tahun 1896. Selain berkunjung ke dua museum tadi, kamu juga bisa mengunjungi 2 tempat wisata lainnya yaitu Museum of Fine Arts dan Kunsthalle (Hall of Art) yang berada di samping kawasan alun-alun.

Heroes Square ini merupakan salah satu tempat wisata favorit wisatawan mancanegara, jadi jangan lewatkan kunjungan ke sini ya!

  1. Sinagog Dohany Street

Sinagog Dohany Street yang berada di Distrik Old Jewish ini merupakan pusat ajaran Neolog Yudaisme dan tempat ibadah umat Yahudi terbesar yang ada di Eropa. Sinagog Dohany Street juga sering disebu sebagai The Great Synagog. Di sini para wisatawan bisa berkunjung ke pemakaman Yahudi, Museum Yahudi, dan Monumen Peringatan Holocaust. Pemandangan kawasan ini sungguh indah karena dipenuhi bangunan berarsitektur menarik dan penuh sejarah.

  1. Jembatan Chain

Sumber: Farbspiel

Jembatan yang berfungsi sebagai penghubung kota Buda dan Pest ini menggunakan batu alam permanen sebagai bahan utama pembuatannya. Jembatan Chain membentang panjang di atas Sungai Danube dan dihiasi dengan rantai-rantai raksasa. Dari jembatan ini kamu bisa menikmati pemandangan kota yang cantik dan keindahan Kastil Buda dari kejauhan. Jembatan yang menjadi ikon dari kota Budapest ini dibangun pada tahun 1849 dan menjadi spot foto wajib para wisatawan. Gerbang jembatan yang berwarna krem ini juga menjadi spot favorit lainnya wisatawan.

  1. Gul Baba

Tempat wisata berikutnya adalah wisata ziarah untuk umat Muslim. Gul Baba merupakan sebuah kawasan yang berada di Rose Hill, salah satu lingkungan elite di Budapest.

Nama Gul Baba sendiri diambil dari nama seorang penyair Ottoman yang hidup pada abad ke-16. Makam Gul Baba sering dikunjungi oleh peziarah karena ia merupakan orang yang berjasa bagi Budapest. Ia diangkat menjadi semacam orang suci dan pelindung kota Budapest. Atas perintah Sultan Sulaiman, jenazahnya disemayamkan di sebuah mausoleum yang megah.

Gul Baba sendiri mendapatkan julukan sebagai Bapak Bunga Mawar karena jasanya yang membawa bunga mawar ke Budapest. Tidak heran, di sekitar kawasan ini ada banyak bunga mawar yang tumbuh dengan cantik.

  1. Holocaust Shoes Memorial

Sumber: 42nd Class

Holocaust Shoes Memorial merupakan sebuah monumen peringatan bagi korban pembunuhan massal saat Perang Dunia II. Lokasinya berada di dekat Sungai Danube bagian kota Pest. Saat tiba di sini, pemandangan yang akan kamu lihat adalah hamparan sepatu-sepatu besi yang melekat di tanah sebagai sebuah simbol peringatan akan para korban.

Berdasarkan sejarah, pada masa Perang Dunia II banyak orang Yahudi yang ditangkap dan diperintahkan untuk meninggalkan sepatunya di tepi sungai. Kemudia orang-orang Yahudi ini ditembak dan jenazahnya dibiarkan hanyut ke sungai Danube.

  1. Gereja St Stephen Basilica

Gereja terbesar yang ada di Budapest ini mampu menampung 8.500 umat sekaligus. Kubah Gereja St Stephen Basilica ini memiliki kubah dengan tinggi hingga 96 meter. Pembangunan gereja ini membutuhkan waktu sekitar 50 tahun hingga benar-benar selesai. Kegiatan yang bisa dilakukan di gereja ini adalah memberi penghormatan pada Raja St Stephen yang meninggal pada tahun 1038, serta menikmati pemandangan yang begitu cantik. Di gereja ini juga ada sebuah lonceng dengan berat 9 ton. Bagi kamu yang ingin melihatnya, naiklah ke menara lonceng menggunakan lift atau anak tangga berjumlah 364.

  1. Gellert Hills

Ingin menikmati suasana kota dan alam dari ketinggian? Berkunjunglah ke Gellert Hills, bukit setinggi 235 meter yang berada di Budapest. Selain menikmati pemandangan alam yang begitu indah, kamu bisa mencoba naik cable car dan melihat patung besar yang memegang salib. Saat berada di sini, perhatikan langkahmu karena ada beberapa spot yang terjal dan berbahaya. Untuk yang membawa anak balita, perlu kamu ketahui kalau Gellert Hills ini jalanannya tidak mendukung untuk kereta bayi.

245

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here