Bulan suci Ramadan sudah di depan mata. Bukan hanya Indonesia saja yang menyambut Ramadan, namun beberapa negara muslim pun merayakan suka cita menyambut tamu yang mulia. Tak ada salahnya traveling saat bulan puasa. Kamu bisa merasakan sensasi berpuasa di luar negeri. Saatnya merasakan langsung suasana bulan Ramadan di negeri orang. Mari kita lihat destinasi yang cocok untuk merasakan suasana Ramadan di negeri lain!

1. Maroko

Masyarakat Maroko menggelar berbagai festival selama bulan puasa. Kamu bisa mencicipi berbagai kuliner khas Maroko hingga menikmati berbagai lomba tadarusan. Warga Maroko berpuasa selama 16 jam, dengan kondisi cuaca cukup panas. Jadi, jangan lupa minum cukup saat berbuka puasa di Maroko. Uniknya liburan di Maroko selama puasa adalah saatnya berbuka puasa akan ditandai dengan suara meriam. Setiap masjid akan membagikan hidangan berbuka yang bisa dinikmati siapa saja. Jangan lewatkan berbagai hadiah gratis dari doorprize yang diadakan oleh pusat perbelanjaan. Ramadan di Maroko dijamin seru apalagi jika bersama keluarga.

2. Arab Saudi

Riyadh atau Mekkah adalah tempat wisata keluarga terbaik untuk bulan Ramadan. Destinasi religi ini bisa kamu datangi sambil melakukan ibadah, misalnya mengambil paket umrah. Puasa di tanah suci tentu akan menghadirkan suasana yang tak terlupakan. Bersama keluarga, kamu bisa semakin mendekatkan diri kepada Tuhan.

3. Brunei Darussalam

Ada banyak festival makanan yang menunggumu di Brunei Darussalam saat bulan puasa. Tradisi bazar makanan memang melekat di kalangan umat muslim, karena momen berpuasa sangatlah spesial. Semua orang akan berkumpul bersama orang-orang terkasih untuk menikmati hidangan buka puasa yang enak. Tak heran jika banyak sekali bazar makanan dadakan selama puasa. Festival makanan buka hingga malam. Kamu bisa menikmati berbagai hidangan istimewa, mulai dari masakan lokal hingga makanan barat. Setiap masjid di Brunei juga akan membagikan makanan berbuka puasa untuk dikonsumsi bersama-sama. Siapa saja boleh datang untuk menikmatinya, seru banget kan! Waktu berpuasa di Brunei Darussalam 2019 berlangsung selama 13 jam. Cuaca akan sedikit panas dengan hujan yang sesekali turun. Berkunjunglah ke masjid Brunei Darussalam yang terkenal indah, seperti Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin dan Masjid Jame’Asr Hassanil Bolkiah.

4. Afrika Selatan

Ingin merasakan puasa yang tak terlalu lama? Ajaklah keluargamu untuk berlibur di Afrika Selatan, khususnya di Cape Town. Di sini, kamu hanya perlu berpuasa selama 11-12 jam saja. Cape Town adalah pusat wisata religi di Afrika Selatan. Kota ini menyuguhkan pemandangan luar biasa keren dengan berbagai latar belakang sejarah yang menarik. Selama Ramadan, cuaca di Afrika Selatan akan sedikit dingin, terutama saat malam hari. Di Cape Town, kamu akan banyak menemukan kuliner halal untuk berbuka puasa. Setiap mal juga memiliki tempat ibadah yang memadai. Sementara untuk masjid besar, lebih banyak ditemukan di Bo-Kaap. Nikmati hidangan gratis untuk berbuka selama berada di tempat wisata keluarga terbaik Ramadan ini.

5. Kazakthan

Muslim di Kazakhstan akan berpuasa selama 17 jam di bulan suci Ramadan. Cuaza di Kazakhstan akan cukup panas, jadi sediakan pakaian berbahan tipis namun menutupi kulit supaya tidak terkena sinar matahari langsung. Restoran yang menjual makanan halal semakin banyak selama bulan puasa. Di sini, kamu bisa merasakan suasana puasa yang terbilang unik. Meski termasuk kota modern, Kazakhstan memiliki banyak bangunan tradisional dengan nuansa Islami. Harus ke sini kalau mau liburan bersama keluarga.

6. Malaysia

Saat Ramadan, wisatawan muslim biasanya mencari tempat wisata keluarga terbaik yang memiliki banyak wisata makanan halal. Dan, Malaysia adalah destinasi Ramadan yang tepat. Istimewanya saat liburan puasa, adalah banyaknya bazar makanan menggugah selera. Ramadan di Malaysia diwarnai dengan banyaknya penjual makanan aneka rupa, mulai dari hidangan khas Asia hingga Timur Tengah. Apalagi selama bulan puasa banyak hotel, restoran, dan tempat makan mengadakan tradisi buffet Ramadan. Suasana pun sangat nyaman untuk berpuasa, meriah sekaligus religius. Seluruh penjuru kota diwarnai nuansa Ramadan. Mulai pusat perbelanjaan, sekolah, hingga jalan raya. Malaysia berpuasa 13 sampai 14 jam, sama seperti negara kita. Jadi, tak perlu khawatir menyesuaikan dengan jam perut kamu. Jangan lupa kunjungi berbagai tempat wisata keluarga terbaik di Malaysia untuk menyempurnakan liburanmu.

7. Singapura

Hampir sama seperti Malaysia, muslim Singapura berpuasa selama 12 hingga 13 jam dan cuaca cukup panas dan lembap. Jadi, hindari aktivitas liburan yang terlalu melelahkan supaya puasamu tak terganggu. Bulan puasa di Singapura juga dipenuhi dengan festival makanan dan aneka produk yang buka hingga malam. Masjid-masjid di Singapura membagikan makanan kepada para wisatawan, baik muslim maupun non-muslim. Lumayan untuk menghemat uang makan sekaligus berkenalan dengan banyak orang baru. Restoran di Singapura juga menyuguhkan menu spesial puasa berupa buffet. Bagi yang tak berpuasa, jangan khawatir. Tempat makan di Singapura tetap buka saat pagi dan siang hari.

8. Instanbul


Pemandangan kota Istanbul, Turki, selalu menarik minat wisatawan mancanegara. Apalagi di Bulan Ramadan, suasana Turki akan semakin meriah karena banyak festival makanan enak yang menjual hidangan buka puasa. Negara dengan mayoritas muslim ini juga sangat romantis dan syahdu. Panorama senjanya bisa bikin kamu tersihir takjub. Festival makanan dan hiburan selama bulan puasa adalah salah satu alasan untukmu liburan ke Turki. Setiap tempat makan akan menyajikan menu khusus Ramadan yang menggoyang lidah. Harap diingat, lama puasa di Turki jauh lebih lama dibanding di Indonesia, yaitu 17 jam. Tapi worth it banget, kok. Sama seperti di Indonesia, orang-orang akan membunyikan drum keliling kota untuk membangunkan warga sahur. Suasana puasa juga sangat kental di kota ini karena setiap tempat akan didekorasi khas Ramadan. Menjelang Magrib, jalanan akan sangat ramai karena banyak orang keluar rumah untuk mencari hidangan berbuka. Jadi, jangan mepet-mepet ya ketika memesan makanan di Istanbul.

9. JepangTerkenal dengan festival bunga sakura, Jepang juga bisa jadi tujuan wisata religi bersama keluarga. Liburan saat Ramadan di Jepang akan dihiasi dengan festival makanan halal di pusat-pusat kota. Meski muslim merupakan kaum minoritas di Jepang, warga lokal sangat ramah loh terhadap muslim. Liburan puasa di Jepang bisa jadi pengalaman yang menarik. Setiap masjid akan ramai dikunjungi oleh umat muslim. Kamu bisa menambah kenalan selama di sana. Mendengarkan kajian saat di Jepang juga bisa membuka wawasan baru untukmu.

10. Australia

Puasa di Australia cukup singkat, yakni sekitar 11 hingga 12 jam. Dengan cuaca sejuk dan cerah sepanjang bulan, kamu bisa merasakan suasana puasa yang menyenangkan di tempat wisata Ramadan ini. Sama seperti Jepang, warga Australia juga menghargai Ramadan. Tak heran jika banyak restoran halal Australia dan cafe yang bisa kamu temui. Beberapa festival makanan dan budaya akan digelar di Australia selama bulan Ramadan. Contohnya di Lakemba, Sidney, tempat muslim terbanyak di Australia.

286

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here