Sumber: knowtechie.com

Satu hal yang sebaiknya dihindari selama traveling adalah berdandan secara mencolok atau mengenakan perhiasan secara berlebihan. Ini karena selama perjalanan, kita akan bertemu dengan banyak orang baru yang belum dikenal sebelumnya. Bisa saja ada diantara mereka yang punya niat jahat dan mengincar perhiasaan yang dipakai Anda saat traveling. Namun seperti ungkapan kejahatan terjadi bukan karena hanya niat tapi juga ada kesempatan, bisa saja Anda sudah berdandan apa adanya tetap saja orang jahat mengincar harta benda yang dbawa selama traveling.

Ini karena barang berharga yang dibawa oleh traveller tak haya perhiasan yang melekat di tubuh saja. Traveller bukannya tak mungkin membawa barang berharga seperti kamera mahal, gadget, uang dan mungkin sedikit perhiasan yang dimasukkan ke dalam barang bawaan mereka. Karena itulah ketika traveling, maka kewaspadaan perlu untuk selalu ditingkatkan.

Sebenarnya tak ada larangan bagi traveller untuk membawa barang berharga ketika traveling. Apalagi untuk kaum hawa, ada kalanya ia membawa perhiasan ketika sedang traveling ini. Namun tetap saja ada banyak hal yang harus diperhatikan ketika Anda traveling dengan membawa sejumlah barang-barang berharga ini. Apalagi jika Anda hendak melakukan traveling ke tempat yang rawan, atau mungkin ke luar negeri.

Ancaman orang jahat yang mungkin mengincar barang berharga pada bawaan Anda mungkin saja terjadi. Meskipun begitu, tetap saja ada beberapa tips aman yang bisa dicoba untuk tetap menjaga barang berharga selalu aman ketika sedang traveling. Tips berikut ini, akan sangat bermanfaat jika Anda punya rencana untuk membawa uang, perhiasan atau barang-barang dengan nilai jual tinggi ketika traveling.

Batasi barang berharga yang hendak dibawa traveling

Jika tak ingin jadi incaran orang jahat selama traveling, ada baiknya Anda tak membawa terlalu banyak barang berharga dan juga mewah selama dalam perjalanan. Mungkin Anda akan menghadiri pertemuan bisnis dengan orang-orang besar yang berkelas di Paris. Namun bukan berarti semua barang mahal seperti jam tangan mewah, cincin berlian, dan kalung mutiara harus dibawa. Bawalah saja secukupnya yang memang akan dipakai selama acara.

Selain itu, tak semua gadget juga bisa Anda bawa saat traveling. Kecuali untuk urusan pekerjaan atau belajar, ponsel dan kamera sepertinya sudah cuup untuk dibawa. Bahkan jika Anda punya smartphone canggih dengan kamera beresolusi baik, maka itu saja cukup untuk dibawa selama traveling ini. Namun jika Anda tetap memaksa untuk membawa barang berharga selama traveling, maka sebaiknya asuransikan barang-barang berharga yang Anda bawa itu.

Jangan terlalu pamer

Sumber: susanafter60.com

Beberapa orang ingin terlihat berkelas dan kaya ketika traveling. Menenteng smartphone keluaran terbaru, mengalungi kamera DSLR terkenal atau bahkan memakai cincin berlian ketika mereka akan berangkat traveling. Jika Anda salah satu diantara mereka yang melakukan hal ini, maka siap-siap saja jadi incaran orang jahat yang menduga Anda membawa banyak harta berharga atau uang dalam jumlah besar.

Jadilah cerdas dan bisa menempatkan diri, di mana barang mewah tersebut harus dipakai dan diperlihatkan. Jika Anda jalan-jalan di London, menenteng handphone mahal atau kamera DSLR canggih adalah hal yang wajar. Namun jika Anda mengunjungi daerah  lain di Mumbai, India yang masih kumuh, maka resiko Anda jadi incaran orang jahat akan semakin besar. Karena itulah sesuaikan gaya dan penampilan, dengan destinasi traveling Anda ini nantinya.

Hati-hati saat menyimpan barang berharga di kamar hotel

Banyak traveller yang menduga bahwa kamar hotel adalah tempat teraman untuk menyimpan harta benda mereka. Anggapan ini sebenarnya tidak sepenuhnya benar. Memang jika dibandingkan berkeliaran di jalan, maka kamar hotel adalah tempat yang relatif aman untuk menyimpan barang berharga selama traveling. Apalagi jika di kamar hotel ada lemari yang bisa dikunci untuk menyimpang barang-barang Anda itu. Namun perlu diingat bahwa Anda bukan satu-satunya yang memililki kunci kamar di hotel ini.

Petugas kebersihan dan staff hotel lain juga punya akses untuk bisa masuk ke kamar tamu jika diperlukan. Kalau ada yang berniat jahat, bukan tak mungkin oknum yang bekerja di hotel tersebut akan mengambil barang-barang berharga Anda. Untuk mencegah hal ini terjadi, tanyakan apakah hotel punya ruang penyimpanan khusus sejenis brangkas yang hanya bisa diakses oleh Anda sendiri. Jika ada, maka lebih baik semua barang berharga Anda masukkan ke brangkas atau tempat penyimpanan itu daripada disimpan di kamar hotel saja.

Jangan panik

Penjahat tak jarang mengincar traveller yang tampak kebingungan, dan tak begitu mengenal lingkungan di sekitarnya. Adalah hal yang wajar sebenarnya jika Anda merasa bingung ketika sedang traveling ke suatu tempat tertentu. Meskipun begitu, Anda tak boleh memasang tampang takut dan panik. Saat merasa tersesat, waspadai dan tingkatkan pengawasan terhadap barang bawaan yang Anda bawa. Jangan terpancing dengan aktivitas mencurigakan yang mungkin akan Anda temui di jalanan.

Waspadai orang asing yang mulai mendekat atau memepet Anda. Tetaplah berjalan, dan segera cari tempat yang dirasa cukup aman untuk mengetahui arah tujuan Anda selanjutnya.  Segera temui petugas keamanan terdekat, untuk menanyakan arah dan destinasi tujuan Anda. Jika tidak ada, masuklah ke sebuah cafe yang ramai untuk mencari informasi dan petunjuk arah melalui smartphone Anda.

Hati-hati saat mengunggah foto ke sosial media

Setiap orang yang sedang traveling atau liburan, pasti ingin mengunggah aktivitas mereka ke sosial media. Foto-foto selfie di tempat yang cantik, unik dan juga indah; jadi hal wajib yang dilakukan orang saat ini ketika mereka sedang berpergian. Namun ternyata aktivitas ini tak selamanya aman loh. Apalagi Anda menggunakan geo taging yang mempermudah orang untuk mengetahui lokasi keberadaan Anda saat ini.

Boleh-boleh saja mengunggah foto ketika liburan atau traveling ini, namun pastikan Anda tidak menggunakan perhiasan mencolok atau sedang memamerkan suatu barang mewah yang baru dibeli. Dikhawatirkan orang akan menguntit Anda dan berusaha berbuat jahat, berbekal lokasi serta foto-foto yang di unggah ke sosial media.

Hati-hati ketika traveling menggunakan kendaraan umum

Membawa barang berharga saat traveling, berarti Anda harus meningkatkan hingga dua kali lipat kewaspadaan untuk mengawasi bawaan Anda tersebut. Apalagi jika Anda traveling menggunakan kendaraan umum. Jika naik transportasi umum seperti bus dan kereta yang penuh sesak, pastikan tas berisi barang bawaan Anda ini diletakkan di bagian depan tubuh Anda sehingga tetap terlihat dan mudah diawasi.

Ketika sampai di tempat tujuan, jangan biarkan supir taksi memasukkan sendiri barang-barang Anda ke dalam bagasi. Selalu awasi ketika supir taksi memasukkan barang bawaan itu ke dalam kendaraan. Setelah semuanya beres, baru Anda ikut masuk ke dalam taksi. Hal ini penting sebab ada kalanya orang jahat akan menyamar sebagai supir taksi yang memanfaatkan kelengahan traveller, untuk membawa kabur barang berharga mereka.

Asuransi perjalanan itu penting

Seperti telah disinggung di atas, jika terpaksa Anda harus membawa barang mewah dan perhiasan mahal maka pastikan semua itu terlindungi oleh asuransi. Untuk beberapa orang travel insurance atau asuransi perjalanan terasa tidak penting dan hanya buang-buang uang saja. Padahal Asuransi sangat bermanfaat tak hanya untuk menjamin perlindungan kepada Anda, tapi juga barang berharga yang dibawa selama traveling.

Misalnya Anda mengasuransikan set perhasan atau kamera DSLR sebelum traveling, untuk berjaga-jaga jika barang tersebut rusak atau bahkan hilang dicuri maling. Mungkin Anda memang harus mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk membeli travel insurance ini. Namun semua itu sepadan dengan jaminan yang akan didapatan baik secara fisik, ataupun untuk barang bawaan yang Anda bawa.

Hindari menjelajah tempat yang rawan sendirian

Setiap traveller pasti ingin mengunjungi suatu tempat yang baru dan belum pernah mereka datangi sebelumnya. Namun ada baiknya jika Anda mengajak teman atau bergabung dengan suatu grup, jika ingin mendatangi suatu tempat tertentu ketika traveling ini. Apalagi jika Anda berencana untuk berkunjung ke suatu tempat yang dikenal rawan akan tindak kejahatan seperti copet atau penodong.

Jangan sekali-kali pergi seorang diri jika Anda kurang familiar dengan tempat tertentu. Penjahat baisanya akan mengincar traveller yang berkeliling sendirian, apalagi jika mereka terlihat membawa barang berharga seperti kamera atau handphone. Jika Anda berpergian bersama teman atau rombongan, paling tidak akan ada orang yang siap menolong jika sesuatu yang buruk terjadi pada Anda.

Jangan lengah ketika sedang makan

Sumber: migrationology.com

Ketika capek traveling, aktivitas istirahat sejenak sambil mengisi perut menjadi suatu kebutuhan yang tak bisa terhindarkan. Sayangnya saat sedang istirahat mengisi perut inilah, kewaspadaan seorang traveler umumnya akan menurun. Kondisi lapar ditambah lelah, membuat traveller tak memperhatikan barang bawaan mereka. Karena itulah jangan sekali-kali meletakkan tas berisi barang bawaan di kursi kosong ataupun atas meja. Orang jahat akan menggunakan kesempatan ini dengan secepat kilat membawa barang berharga milik Anda. Sebaiknya tetap pakai tas yang berisi barang berharga Anda itu, atau jika tidak bisa dipangku dan diletakkan di bawah meja makan Anda.

Hati-hati dengan orang asing yang menawarkan bantuan

Tak ada yang lebih menyenangkan selain mendapat bantuan ketika kita kerepotan membawa suatu barang. Namun ketika traveling, sebaiknya Anda waspada dengan orang yang menawarkan bantuan untuk membawa barang-barang Anda. Ada kalanya penjahat memanfaatkan ketika orang merasa kelelahan saat traveling, untuk membawa kabur barang-barang bawaan mereka. Bukan bermaksud tidak sopan, namun sebaiknya Anda tak mudah percaya dengan orang yang menawarkan bantuan ini. Anda bisa membiarkan mereka untuk membawakan tas lain yang berisi barang-barang biasa, namun pastikan tas berisi barang berharga tetap Anda bawa sendiri saja.

Gunakan tas atau koper dengan pengamanan ganda dan pelacak

Saat ini, banyak tas atau koper yang dijual dengan pengamanan ekstra yang cocok untuk dibawa ketika traveling. Koper dan tas ini hanya punya nomor kombinasi yang hanya diketahui oleh pemiliknya saja, tapi juga pengamanan lain seperti koneksi dengan smartphone dan memiliki pelacak di dalamnya. Tas dan koper seperti ini tentu harganya tidak murah, namun Anda setidaknya tak perlu merasa was-was jika memasukkan barang berharaga di dalamnya. Selain itu, lengkapi pula bawaan Anda dengan tracker atau pelacak untuk mengetahui posisi barang bawaan ketika traveling.

266

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here