Jakarta, Tamasya – India merupakan sebuah negara yang masih kental dengan budayanya. Sebagian dari kita mungkin merasa asing dengan liburan ke India yang lekat dengan tindak kejahatan bagi wisatawan mancanegara. Meski demikian, tindak kejahatan yang marak di India bisa diatasi dengan sikap wisatawan yang selalu waspada dan pergi berkelompok. Lagipula, India memiliki banyak tempat wisata yang menarik dan sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Penasaran ada tempat wisata apa saja di India? Inilah daftar tempat wisata di India yang perlu kamu kunjungi nanti!

  1. Taj Mahal

Bicara tentang India, tempat wisata yang muncul di benak kita adalah Taj Mahal. Tempat wisata yang menjadi landmark India ini merupakan salah satu keajaiban dunia. Bangunan yang sangat megah dan indah ini didedikasikan oleh Kaisar Mughal Shah Jahan untuk istri tercintanya yang meninggal setelah melahirkan. Taj Mahal memiliki 3 kubah besar dan beberapa menara yang menjulang tinggi. Pembangunan Taj Mahal sendiri memakan waktu hingga 22 tahun.

  1. Benteng Amber

Benteng Amber adalah bangunan bersejarah yang berada di kota Amer. Benteng Amber ini berdiri kokoh mengelilingi istana dengan arsitektur khas India. Pemandangan di sekitar benteng ini sangat indah dan asri karena dikelilingi pepohonan lebat dan sungai yang mengalir.

  1. The Golden Temple

Sumber: OutGo Trip

The Golden Temple sendiri merupakan sebuah kuil emas, tempat suci bagi agama Sikh yang dibangun pada abad ke-5. Namanya sendiri belum terlalu populer di kalangan wisatawan. Meski demikian, kuil yang memiliki emas di bagian atasnya ini akan terlihat sangat cantik pada malam hari. Karena kuil ini merupakan tempat yang suci, para pengunjung harus menjaga sikap dan penampilan saat mengunjunginya. Pengunjung tidak diperkenankan menggunakan alas kaki atau menggunakan pakaian mini. Pengunjung juga tidak diperkenankan untuk merokok di sekitar area kuil.

  1. Kuil Jain Ranakpur

Mayoritas masyarakat India adalah penganut agama Hindu, tidak heran ada banyak kuil yang tersebar di sini. Salah satu kuil yang terkenal dengan keindahannya adalah Kuil Jain Ranakpur. Arsitekturnya sungguh mempesona. Bangunannya berdiri dengan gagah bagaikan benteng. Ditambah lagi dengan pemandangan belakangnya yang didominasi oleh pegunungan dan rumput hijau.

  1. Benteng Mehrangarh

Selain kokoh, Benteng Mehrangarh ini memiliki keindahan berkat dinding-dinding benteng yang dipenuhi dengan ukiran berseni. Di dalam benteng ada sebuah museum yang menceritakan sejarah benteng ini. Benteng yang terletak di atas pegunungan ini sering dijadikan lokasi syuting sejumlah film India. Di dekat benteng yang dibangun pada tahun 1459 ini ada sebuah kolam yang airnya berwarna hijau jernih. Sangat indah jika dilihat dari ketinggian.

  1. Menara Qutub

Menara Qutub adalah sebuah menara tertinggi di India yang juga menjadi landmark. Menara ini dihiasi dengan ukiran-ukiran rumit yang merupakan ayat dari Al-Qur’an. Tiang penjaga di sekitar menara ini juga diukir dengan prasasti Brahmi yang menggunakan bahasa Sansekerta. Sungguh mengagumkan.

  1. Jaisalmer

Ingin menikmati pemandangan kota? Berkunjunglah ke Jaisalmer atau biasa disebut sebagai The Golden City. Kota yang berada di Rajashtan ini memiliki situs benteng kuno dan berbagai kuliner khas India yang sayang dilewatkan begitu saja. Luangkan waktu untuk mengunjungi kota ini pada sore hari dan menikmati deretan bangunan dengan arsitektur yang indah.

  1. Galtaji

Galtaji merupakan sebuah situs ziarah kuno bagi umat Hindu. Situs ziarah yang berada di Khania, Balaji ini memiliki 7 kuil dan 7 tangki air yang digunakan para peziarah untuk membasuh diri. Ketujuh tangki air ini dianggap suci, namun yang paling terkenal adalah Tangki Galta Kund yang airnya tidak pernah mengering. Galtaji ini juga disebut sebagai Galta Monkeys Temple karena memiliki banyak kera. Wisata di kawasan ini tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis.

  1. Ladakh

Ladakh merupakan salah satu tempat tertinggi di dunia karena lokasinya ada di Pegunungan Himalaya. Ladakh yang juga dikenal sebagai Little Tibet ini memiliki padang pasir luas dan diapit gunung batu. Di tempat ini para pengunjung bisa menemukan banyak biara Buddha. Tempat wisata yang satu ini belum begitu populer di kalangan wisatawan sehingga suasananya masih asri dan syahdu.

  1. Shimla

Sumber: India’s Invitation

Shimla merupakan pusat wisata yang ada di India. Shimla berada di bagian utara negara India dan merupakan salah satu kawasan yang diincar oleh para pengusaha untuk membangun usaha. Saat berada di Shimla, kamu perlu mengunjungi Shimla State Museum yang memamerkan koleksi miniature lukisan Pahari, patung, ukiran kayu, tekstil, dan berbagai perhiasan. Selain itu, sempatkan diri untuk berkunjung ke Jakhu Hill, Summer Hill, dan Sankat Mochan. Di sana para pengunjung bisa menyaksikan pemandangan kota dan Pegunungan Himalaya dari ketinggian.

359

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here