Sumber: Rhythm Travels

Setelah pikiran dan tubuh lelah karena selalu menjalani rutinitas harian, kamu perlu menikmati kegiatan yang namanya liburan untuk mengistirahatkan pikiran dan tubuh. Persiapan menjelang liburan seperti memesan tiket pesawat atau kereta api, memesan penginapan, menyusun rancangan keuangan, menyusun daftar tempat wisata, hingga mengemas barang bawaan juga bisa membuat dirimu merasa lebih bersemangat.

Makin tidak sabar untuk segera menikmati hari liburan, ya! Saking tidak sabarnya, terkadang saat mengemas barang bawaan ada beberapa benda yang terlupakan atau disepelekan. Padahal benda tersebut sangat dibutuhkan selama liburan. Nah, agar rencana liburan berikutnya berjalan lancar tanpa kekurangan benda apa pun nantinya, yuk catat daftar benda yang harus kamu bawa berikut ini!

Dokumen penting, beserta fotokopi atau soft copy

Sumber: NY Travel

Jika kamu menggunakan transportasi pesawat atau kereta api menuju kota tujuan, tentu tidak boleh melupakan tiket atau e-voucher untuk ditukarkan menjadi boarding pass jika memesannya lewat situs online ticketing. Jangan lupa juga untuk membawa dokumen penting seperti KTP atau paspor untuk pemeriksaan tiket saat check-in di stasiun atau bandara. Tidak lucu kan kalau kamu batal pergi karena lupa bawa penunjuk identitas tersebut?

Selain itu, persiapkan juga bukti booking hotel. Sebagai cadangan, kamu juga perlu bawa KTP dan dokumen booking lainnya dalam bentuk fotokopi atau soft copy di ponsel pintarmu karena kamu tidak tahu kapan akan kehilangan dokumen penting tersebut.

Daily bag

Biasanya agar ringkas saat naik transportasi umum menuju kota tujuan, kamu hanya membawa 1 koper dan 1 tas besar berisi perlengkapan pribadi seperti ransel. Jika kamu membawa ransel tersebut untuk berjalan sehari-hari tentu akan membuat badan pegal dan menyulitkan dirimu untuk menjaga keamanannya. Belum lagi saat naik kendaraan umum, tas berukuran besar bisa mengganggu kenyamanan penumpang lainnya. Jadi pastikan untuk membawa tas harian berukuran sedang yang cukup untuk membawa ponsel, dompet, dan air minum.

Obat-obatan pribadi

Selama berlibur, kamu belum tentu bisa langsung beradaptasi dengan cuaca dan makanan di kota tujuan. Obat-obatan seperti obat sakit perut, pusing, dan minyak kayu putih wajib kamu bawa agar tidak perlu repot mencari toko obat saat merasa sakit. Bagi kamu yang memiliki penyakit khusus, jangan lupa bawa obat dalam jumlah sesuai dengan jadwal konsumsinya. Lebih baik sedia payung sebelum hujan, kan?

Powerbank, kabel cas, colokan cabang

Ponsel kini menjadi benda yang wajib dibawa ke mana pun dan selalu digunakan kapan pun. Ga asyik kan kalau mati gaya karena baterai ponsel habis? Untuk itu bawalah powerbank dengan kapasitas besar yang sudah dicas terlebih dulu. Selain itu jangan lupa bawa kabel cas untuk mengecasnya saat di hotel. Untuk cadangan, bawalah colokan cabang agar bisa mengecas beberapa ponsel bersamaan karena di hotel biasanya hanya tersedia 1-2 colokan listrik.

Perlengkapan mandi

Untuk pria mungkin perlengkapan mandi seperti sabun dan sampo bisa menggunakan yang sudah disediakan oleh pihak hotel. Tapi para wanita yang memiliki pilihan sendiri untuk wangi dan kegunaan perlengkapan mandi tersebut, bawalah perlengkapan mandi sendiri dalam kemasan khusus travel agar tidak memenuhi tas.

Kamera

Rasanya tidak lengkap kalau tidak mengabadikan momen liburan dengan berfoto. Jika ponselmu sudah memiliki kamera beresolusi tinggi, tidak perlu membawa kamera lagi. Tapi jika kamu ingin mendapatkan foto dengan kualitas tinggi atau memiliki hobi fotografi, masukkan kamera ke daftar benda yang harus dibawa saat liburan ya!

Earphone dan buku

Sumber: Edward Fiel

Perjalanan panjang menggunakan mobil, kereta api, dan pesawat pastinya akan membuat kamu mudah merasa bosan. Untuk mengatasinya, bawalah earphone untuk mendengarkan lagu favorit di dalam MP3 Player atau ponsel. Jika lebih suka menghabiskan waktu dengan membaca buku, bawalah 1 buku favorit agar tidak menambah beban di tas.

Kain selendang

Untuk kamu yang tidak tahan udara dingin, kain selendang bisa digunakan sebagai syal atau selimut. Ukurannya yang tidak terlalu tebal dan mudah dilipat membuat kain selendang tidak memenuhi tasmu.

Tas lipat

Pergi berlibur berarti membeli oleh-oleh dan barang untuk pribadi. Sediakan tas lipat sebagai wadah untuk membawa barang-barang belanjaan tersebut agar tidak berceceran.

Alas kaki yang nyaman

Pilihlah alas kaki yang memiliki bantalan empuk sehingga kamu bebas berjalan kaki selama apa pun. Tidak semua orang bisa berlama-lama menggunakan sepatu. Jika kamu lebih nyaman menggunakan sandal, mengapa tidak? Ladies, hindari juga menggunakan sepatu berhak tinggi ya.

Gembok

Agar tas bawaanmu aman saat diletakan di bagasi kereta api atau pesawat, pasanglah gembok kecil. Jangan lupa untuk menyimpan kunci gemboknya dengan baik atau mengingat kode gemboknya ya.

1658

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here