Melakukan perjalanan jarak jauh ratusan kilometer saat liburan bersama keluarga biasanya jadi hal yang menyebalkan bagi orang dengan kondisi mudah mabuk perjalanan atau motion sickness. Mereka yang mengalami ini diantaranya anak usia 2-12 tahun, perempuan hamil, dan orang yang sering mengalami migran.

Mabuk perjalanan sering disebut juga mabuk kendaraan atau mabuk laut yaitu saat naik mobil, pesawat, kapal laut ataupun kereta api. Kondisi ini disebabkan terganggunya sistem keseimbangan tubuh seperti mata, telinga bagian dalam, otak, dan permukaan kulit dalam menerima gerakan yang ditimbulkan kendaraan.

Bau-bau tajam di dalam kendaraan seperti asap rokok, pengharum mobil, kurangnya oksigen juga bisa memperparah mabuk perjalanan pada seseorang. Gejala yang ditimbulkan dari mabuk perjalanan ini yaitu mual, muntah, pusing atau sakit kepala, berkeringat dan perasaan nggak enak badan.

Motion sickness bukanlah penyakit, jadi bisa diantisipasi saat Anda dan keluarga melakukan perjalanan. Lakukan beberapa tips berikut agar perjalanan liburan keluarga nggak terganggu.

1. Perhatikan konsumsi makanan sebelum perjalanan

2. Hindari makanan berbau menyengat

Nggak hanya dalam perjalanan, makanan berbau kuat dan menyengat seperti durian bisa membuat kita mabuk jika konsumsinya berlebihan. Apalagi saat melakukan perjalanan jauh, sebaiknya hindari makanan  tersebut untuk mencegah mual.

3. Pilih tempat duduk dengan sedikit guncangan

3. Pilih tempat duduk sedikit guncangan

Cermatlah memilih posisi tempat duduk, karena posisi duduk yang rentan goncangan akan membuat Anda pusing dan mual. Jika Anda naik pesawat terbang, usahakan duduk di bagian tengah dekat dengan sayap, duduk di dek paling bawah pada kapal laut bisa mengurangi mabuk perjalanan dan jika menggunakan mobil, duduklah di depan.

4. Jangan menghadap belakang

4. Jangan menghadap belakang

Hindari posisi duduk yang berlawanan dengan arah laju kendaraan atau menghadap belakang. Posisi ini sangat mudah membuat kepala pusing dan mual yang berujung pada muntah atau mabuk perjalanan.

5. Jangan membaca atau bermain gadget

Perjalanan yang jauh sering membuat kita bosan di dalam kendaraan. Kadang beberapa Anda dan keluarga mengatasinya dengan membaca atau melihat layar gadget, padahal cara ini bisa membuat pusing dan mual. Supaya gak menimbulkan mabuk perjalanan, jika bosan, lebih baik berhenti sejenak untuk menghirup udara segara atau bisa dengan mendengarkan musik.

6. Cari fokus pandangan

6. Cari fokus pandangan

Tetapkan fokus pandangan pada area yang luas. Jika bepergian dengan mobil, lihatlah suasana jalanan yang dilewati seperti pemandangan sawah, gunung atau permukiman masyarakat dan aktivitasnya. Begitu juga dengan kapal laut, nikmati gugusan pulau kecil disekitar perairan yang dilewati. Jangan melihat gelombang air laut karena bisa membuat kepala pusing.

7. Hirup udara segar

Bagi orang yang mabuk perjalanan, udara dari air conditioner sering memicu pusing dan mual. Apalagi ditambah dengan wewangian yang menyengat hidung, sebaiknya kurangi pemakaian AC dan bukalah jendela mobil sedikit agar udara segar bisa masuk.

8. Siapkan permen

Rasa mual yang muncul saat perjalanan, bisa diantisipasi dengan mengonsumsi permen berasa asam, jahe atau mint. Permen rasa ini bisa menghilangkan  mual secara instan dan Anda bisa mengonsumsinya berulang kali.

9. Minum obat anti mabuk

9. Minum obat anti mabuk

Sebelum melakukan perjalanan, konsumsi obat anti mabuk seperti jenis dramamine, dramasine, dan stugeron. Obat-obat ini akan menimbulkan rasa kantuk, sehingga selama perjalanan Anda bisa istirahat tanpa merasakan pusing dan mual.

10. Beristirahat secara berkala

Ada baiknya Anda istirahat setelah menempuh perjalanan 4-6 jam. Selain untuk meregangkan otot-otot tubuhmu, hal ini bisa meminimalisasi rasa mual pengin muntah. Sebab kondisi tubuh membutuhkan udara segar yang tenang. Kalau di dalam kendaraan, pengap dan sirkulasi udara yang kurang bagus.

Persiapkan kondisi kesehatan  Anda dan keluarga sebaik mungkin sebelum melakukan perjalanan jauh selama liburan bersama keluarga. Sediakan makanan bergizi dan obat-obatan untuk mengatasi mabuk perjalanan ataupun gangguan kesehatan lainnya. Sehingga liburan Anda dan keluarga berjalan lancar dan menyenangkan.

283

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here