Sumber: Comparabien

Liburan bersama keluarga tercinta akan selalu menjadi momen yang paling dinantikan setiap tahunnya. Ada yang melakukan liburan keluarga saat tahun baru, libur kenaikan kelas, atau pada saat lebaran. Kapan pun kalian melakukan liburan bersama keluarga tersebut, pastinya akan ada banyak manfaat yang bisa diambil. Di antaranya adalah melepaskan stres, mempererat hubungan antar anggota keluarga, dan melatih kekompakan.

Jika kamu pergi liburan dengan anak yang sudah berusia remaja, perjalanan pasti akan menjadi lebih mudah. Lain halnya jika kamu pergi liburan dengan si kecil yang masih suka rewel selama perjalanan. Agar momen seru liburan keluarga kali ini bisa terwujud, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dan persiapkan dengan matang. Apa saja? Yuk, simak tipsnya berikut ini!

Berangkat menjelang jam tidur

Sumber: Youtube

Liburan ke luar kota atau negeri membutuhkan waktu yang cukup lama untuk perjalanannya. Baik kamu menggunakan kendaraan pribadi atau umum seperti kereta api dan pesawat, sebaiknya pilih waktu berangkat menjelang jam tidur si anak. Misalnya berangkat di atas jam 6 sore atau 7 malam.

Jam tubuh anak akan sulit dibohongi, dengan berangkat pada waktu tersebut bisa dipastikan si kecil akan tertidur dengan pulas. Kalau sudah demikian, perjalanan akan jauh lebih mudah karena si anak tidak akan rewel dan mengganggu penumpang lain.

Keuntungan lainnya adalah si kecil akan jauh lebih segar ketika bangun keesokan harinya dan mereka akan bersemangat untuk mengeksplorasi tempat wisata.

Merencanakan itinerary ramah keluarga

Liburan bersama teman dan keluarga sudah jelas berbeda target tempat wisatanya, begitu pula dengan susunan jadwalnya. Jika liburan bersama teman-teman bisa dilakukan dari pagi hingga tengah malam, maka liburan bersama keluarga harus mempertimbangkan kemampuan masing-masing anggotanya.

Jangan buat jadwal kunjungan dari pagi-pagi sekali karena akan menyulitkan si kecil untuk bersiap-siap, apalagi kamu yang membawa balita. Kebayang kan betapa repotnya harus menyiapkan pakaian ganti, bekal, dan sebagainya? Kamu juga perlu meluangkan waktu untuk mereka tidur siang agar tidak rewel. Jangan lupakan juga jam makan si kecil!

Untuk pilihan tempat wisata, diskusikan bersama dengan seluruh anggota keluarga. Usahakan tempat wisata tersebut sangat menghibur, aman, dan bisa memberi pengalaman yang tidak terlupakan.

Pertimbangkan kondisi cuaca di tempat destinasi

Beda kota beda negara, akan berbeda pula cuacanya. Sebelum berangkat menuju destinasi wisata sebaiknya perhatikan kondisi cuacanya menggunakan aplikasi perkiraan cuaca yang dilengkapi dengan suhu udara.

Bawalah sunblock dan pakaian berbahan katun jika pergi ke kota dengan cuaca panas. Bawalah mantel jika pergi ke gunung atau berkunjung ke luar negeri saat musim dingin. Jangan lupa bawa payung untuk berjaga-jaga bila cuaca turun hujan.

Kondisi cuaca juga bisa jadi pertimbangan apakah kamu bisa beraktivitas di luar ruangan atau dalam ruangan. Jika rencana awal adalah mendaki gunung, tapi cuaca turun hujan, sebaiknya ganti jadwal di lain hari dan ganti dengan kegiatan dalam ruangan saja agar lebih aman dan nyaman.

Bawalah perlengkapan khusus

Sumber: Kindergarten Readiness

Pergi bersama si kecil berarti ada banyak kemungkinan untuk mereka bermain kotor-kotoran seperti membangun istana pasir atau menumpahkan makanan ke baju. Oleh karena itu bawalah pakaian ganti, tisu basah, dan sebagainya.

Berikan juga sepatu atau sandal yang nyaman karena mereka akan bersemangat mengelilingi tempat wisata. Para orang tuanya pun perlu menggunakan sepatu yang nyaman agar bisa mengikuti si kecil.

Selain itu kamu juga perlu membawa perlengkapan khusus si kecil seperti mainan kesayangan agar tidak rewel selama perjalanan atau bantal kesayangan agar dia bisa tidur pulas di penginapan. Jangan lupa bawa obat yang biasa diminum si kecil agar tubuhnya selalu fit. Sayang sekali kan kalau si kecil harus jatuh sakit saat pergi liburan? Alhasil malah anggota keluarga tidak bisa menikmati liburan dengan senang.

Baca Juga: Camping Seru Bersama Keluarga di Sekitar Jakarta

Menyiapkan dana

Apalah artinya rencana liburan tanpa dana yang memadai? Jangan menabung ketika sudah punya rencana liburan, tapi biasakan selalu menyisihkan uang untuk tabungan liburan. Dengan demikian kamu bisa langsung mewujudkan liburan pada saat itu juga. Selain itu, perkirakan dana yang dibutuhkan untuk tiket masuk tempat wisata, penginapan, dan transportasi. Penting juga untuk menyisihkan dana darurat untuk kebutuhan mendadak selama liburan.

Demikian 5 tips sederhana untuk liburan yang seru bersama keluarga tercinta. Tidak hanya membuat liburanmu menjadi lebih seru, tips di atas juga bisa membuat liburanmu lebih terencana dan aman. Kalau sudah demikian, seluruh anggota keluarga tentunya akan merasa senang dan tidak sabar untuk liburan keluarga berikutnya.

Selamat berlibur bersama keluarga tercinta dan menikmati keseruannya!

1082

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here