mencari makanan halal

Mencari makanan halal di luar negeri bisa menjadi masalah tersendiri bagi traveller muslim. Namun, bukannya selalu ada jalan keluar di setiap masalah yang muncul? Ya, saat plesiran ke luar negeri, kamu bisa membekali diri dengan aplikasi untuk menemukan makanan halal. 7 aplikasi ini bisa menjadi asisten perjalanan kamu, terutama bagi yang doyan berwisata kuliner di luar negeri. Cekidot, ya

1. CekHalal

Aplikasi yang satu ini bisa didapatkan di playstore. CekHalal dibuat khusus untuk orang Indoensia. Khususnya untuk mengecek makanan, kosmetik dan obat-obatan yang telah diberi label Majelis Ulama Indonesia (MUI). mengingat di Indonesia sendiri sering beredar issue makanan dan kosmetik haram. Walaupun mayoritas masyarakat Indonesia adalah Islam. Aplikasi ini mendapat banyak feedback positif bagi penggunanya. Namun data dalam aplikasi ini masih tergolong belum lengkap. Jadi, masih harus meng-upgrade data base yang tersedia dari MUI agar anda dapat mencari makanan halal di tempat anda berada.

2. Scan Halal

Scan Halal merupakan aplikasi halal yang memudahkan bagi para muslim traveler utnuk memindai barcode barang kemasan. Dengan memindai barcode makanan atau minuman yang Anda beli, Anda sudah bisa melihat hasilnya, apakah makanan dan minuman yang Anda beli halal atau sebaliknya. Anda juga akan mendapat hasil pindaian hasil scan, yang menginformasikan status makanan dan minuman Anda apakah halal, terduga mengandung unsur haram ( mashbooh ), atau non-halal. Jika produk yang dipindai mengandung bahan haram, pengguna diberi pilihan untuk melihat produk alternatif yang diperbolehkan berdasarkan pengaturan makanan mereka. Aplikasi ini sudah memiliki lebih dari satu juta pengguna dan lebih dari 750 ribu produk terdaftar di database-nya.

3. Halal Advisor

Mengklaim sebagai aplikasi makanan halal nomor satu di Australia, Halal Advisor menawarkan lebiih dari 2,000 restoran dan sudah diunduh lebih dari 15,000 kali. Aplikasi ini memudahkan pengguna di Australia menemukan restoran halal, termasuk untuk layanan delivery hingga jarak 50 kilometer. Fitur lain yang termasuk di dalamnya adalah review, foto, peringkat dan peta. Aplikasi Halal Advisor didirikan oleh Aladdin Moukhallalat setelah dia menemukan dalam data sensus 2016 bahwa sekitar 2,6 persen warga Australia adalah Muslim, namun pada saat itu, opsi makanan Halal masih sulit ditemukan. Sejak saat itu, aplikasi ini juga menjadi populer di kalangan traveller.

4. Halal Dining Club

Diluncurkan pada 2016, Halal Dining Club kini memiliki lebih dari 90,000 anggota yang sudah terdaftar. Aplikasi ini memunculkan informasi ribuan restoran di selurun dunia, meski ada sembilan kota tertentu yang memiliki informasi yang cukup komprehensif, yaitu Singapura, Bangkok, Hong Kong (Kowloon), London, Paris, New York, Toronto, Manchester dan Birmingham. Selain memudahkan pencarian restoran bersertifikat halal, aplikasi Halal Dining Club membolehkan penggunanya untuk membaca review, buku menu restoran dan mendapatkan poin loyalitas. Aplikasi ini juga menjadi aplikasi yang terintegrasi di mana komunitas muslim bisa berkolaborasi.

5. Halal Navi

Di-launching pada 2014 oleh ahli IT asal Malaysia, yang belajar dan bekerja di Tokyo, aplikasi Halal Navi yang fokus di Jepang ini mengandalkan komunitas untuk memverifikasi restoran dan status halalnya, bebas dari unsur babi atau vegetarian. Untuk bisa masuk dalam daftar, restoran setidaknya harus menyajikan sejumlah sajian bebas daging atau seafood tanpa alkohol. 80,000 lebih pengguna yang sudah terdaftar dengan standar keagamaan bisa memilih makan di restoran ini dengan keputusan mereka sendiri. Selain memberikan jalan bagi Muslim menemukan makanan halal, Halal Navi membolehkan pengguna untuk berhubungan dengan komunitas dengan membagi tips dan review. Pengguna juga bisa menggunakan aplikasi untuk menemukan penjual bahan makanan halal, tempat ibadah dan masjid. Meski database Halal Navi fokus ke Jepang, aplikasi ini mulai melebarkan sayapnya ke Korea Selatan, Thailand dan Jerman.

6. Zabihah

Nama ini cukup familiar bagi kalangan traveller muslim. Zabihah sendiri merupakan website yang mengklaim sebagai “panduan terbesar untuk pasar dan restoran halal di dunia”. Website ini terus tumbuh dari akhir tahun 1990-an menjadi salah satu brand raksasa dengan followeryang loyal. Zabihah menampilkan restoran, pasar dan masjid di negara-negara Amerika Utara, Eropa, Australia, Singapura, Hong Kong dan Afrika. Lebih dari 20,000 tempat dalam daftar mereka telah direview. Selain itu, pengguna aplikasi Zabihah juga bisa memeriksa restoran secara terperinci, mulai dari keotentikan sertifikat halalnya, alamat, jam buka, harga hingga peringkatnya. Aplikasi Zabihah bagi pengguna iPhone telah hingga lebih dari 500,000 unduhan sejak diluncurkan. Popularitasnya tidak bisa dilepaskan dari usaha Zabihah dan 2,500 lebih partner restoran mereka memberikan penawaran spesial bagi penggunanya.

7. Verify Halal

Aplikasi Verify Halal melakukan hal yang sesuai dengan namanya, memastikan apakah halal atau tidak. Aplikasi ini merupakan inisiatif JAKIM Malaysia (Dewan Pengembangan Islam Malaysia) untuk membantu Muslim menemukan produk yang halal dan menghilangkan keraguan. Aplikasi ini terhubung dengan 6,000 perusahaan lokal dan 60 badan sertifikasi global dari Australia hingga Taiwan dan Afrika Selatan. Jumlah ini terus berkembang dari ratusan menjadi ribuan dari seluruh dunia. Untuk menggunakan aplikasi ini, pengguna harus melakukan pemindaian pada produk atau mengetik nama pada kolom pencarian. Aplikasi ini juga cukup membantu ketika berbelanja di supermarket untuk produk makanan seperti camilan dan cokelat.

8. Irhal Halalmencari makanan halal

Sebgai aplikasi, Irhal Halal terbilang cukup lengkap, karena dapat menjangkau banyak negara di Asia, Eropa, Timur Tengah, dll. Layanan aplikasi ini menyediakan informasi seputar keberadaan resto halal, penginapan atau hotel dengan layanan halal. Selain itu juga dilengkapi informasi lokasi masjid terdekat, serta ada alarm waktu sholat sesuai dengan zona waktu di negara yang bakal  Anda kunjungi.

Itu dia cara agar anda dapat mencari makanan halal di mana pun anda berada, dan terlebih jika anda berkunjung di tempat baru yang belum anda pernah datangi, maka tips di atas akan sangat membantu anda bukan.

322

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here