Rumah pohon mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Bahkan kita sudah sering melihatnya, meski hanya lewat film – film yang ada di TV. Sebenarnya rumah pohon sudah banyak bermunculan di sekitar kita. Ada yang dijadikan tempat wisata, ada pula yang sekaligus dijadikan penginapan.

Lalu, pernahkah kamu membayangkan berada di atas rumah pohon, bahkan tidur di dalamnya? Bagaimana sih rasanya? Jangan sedih, banyak tempat wisata seperti itu di Indonesia. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, rasakan keindahan alam terbuka dengan cara yang berbeda. Jika penasaran dan ingin berkunjung ke rumah pohon bersama sahabat atau keluarga, ini daftarnya!

  1. Green Village Bamboo House

Apa sih bayanganmu soal rumah pohon selama ini? Penuh dengan sangat sederhana? Tapi semua bayanganmu itu akan sirna kalau kamu ada di Green Village Bamboo House. Sebab di sini kamu justru akan menemukan kemewahan. Rumah Pohon ini tersedia dengan 6 lantai, bangunan yang dirancang oleh desainer sekaligus arsitek ternama, John Hardy ini berdiri di tepi Sungai Ayung. Penginapan ini pun terbilang unik. Jangankan soal desain. Akomodasi ramah lingkungan ini pun punya fasilitas penunjang yang sangat memadai. Bayangkan saja, di lantai atas ada kantor, ruang media hingga area bermain anak-anak.

Terdapat empat buah kamar tidur di sini, masing-masing memiliki kamar mandi sendiri, sebuah dapur yang lengkap, sebuah ruang untuk bersantai dan juga ruang makan. Pemandangannya pun sangat memesona. Meski dikelilingi oleh suasana alam yang asri, namun Anda tetap dimanjakan oleh kemewahan. Menginap di sini tentunya akan jadi pengalaman liburan yang tak terlupakan. Bahkan kamu bisa bersantai di rumah pohon yang juga punya pelayan pribadi ini, kamu bisa turun ke taman maupun kolam pribadinya loh. Seru banget kan?

2. Treehouse Villa

Treehouse Villa yang terletak di Lembang menyajikan keindahan alam yang cukup mempesona. Kawasan Treehouse Villa ini memiliki luas sekitar 10 ribu meter persegi. Tentu saja menyajikan pemandangan dan fasilitas yang cukup komplit. Para wisatawan bisa menginap di rumah pohon ini. Setiap kamar akan terhubung dengan jembatan yang terbuat dari bambu. Dan area kamar terbentuk dari bambu dan atap jerami. Tentu saja memberikan suasana khas dan alami.

Rumah Pohon Villa Lembang ini juga aman dan cocok untuk kamu yang ingin menikmati suasana alam sembari berwisata bersama keluarga. Walaupun lokasinya tak terlalu jauh dari kota, namun hawa di sekitar rumah pohon ini sangat sejuk. Dari area rumah pohon tersebut, Anda bisa melihat suasana di Treehouse Villa dengan sangat indah. Terdapat kolam renang yang bisa Anda gunakan. Nikmati suasana di sekitar Treehouse Villa sembari berenang di sini.

3. Rumah Pohon Taman Dayu

Rumah Pohon Taman Dayu merupakan rumah pohon yang benar-benar rumah di atas pohon bisa anda jumpai di Pasuruan, Jawa Timur. Sekitar 1 hingga 1,5 jam perjalanan dari Surabaya. Rumah Pohon Taman Dayu merupakan konsep rumah kayu yang sangat menyatu dengan alam. Cobalah ke Rumah Pohon di Taman Dayu Pandaan ini. Taman Dayu Pandaan merupakan sebuah taman kreasi di alam terbuka yang hanya dikenakan biaya parkir. Memang juga dikenakan biaya setiap wahana yang disediakan. Di luar kompleks Rumah Pohon terdapat juga penginapan lain dan juga sejumlah permainan outbond, kolam renang, dan ada juga menembak.

Rumah pohonnya berada pada ketinggian sekitar 3 m di atas pohon pinus. Rumah pohon di sini merupakan rumah kayu yang berdiri di atas pohon pinus pilihan. Yakni pohon pinus yang umurnya telah tua dan sangat kuat sehingga anda tidak perlu khawatir tentang keamanan saat menginap di dalamnya. Terdapat beberapa rumah pohon yang disediakan dengan ukuran yang berbeda dengan kapasitas 6 orang maksimal adalah 8 orang. Terbuat dari kayu serta beratap rumbia. Luasnya sekitar 6 x 4 meter. Dengan lantai kayu serta ada sebuah panggung kayu yang di untuk duduk serta tidur. Di dalam rumah pohon di tengah hutan pinus ini hanya ada sebuah ruangan dengan bantal serta matras di dalamnya

4. Omah Kayu Paralayang Batu 

Konsep Omah Kayu ini adalah Anda dapat menikmati pemandangan indah sambil menginap di hotel “Omah Kayu” yang menempel di atas pohon. Setiap kamar hanya boleh diisi oleh dua orang dan maksimal 3 orang saja. Kamarnya yang berukuran sekitar 3×2 meter dan dibangun dari kayu ini dilengkapi balkon, jadi selain Anda bisa istirahat di kamar, Anda bisa menikmati suasana yang indah di balkon. Meskipun di Paralayang dingin sekali, bangunan Omah Kayu ini disusun rapat sehingga suhu di dalam kabar hangat mulai malam hari hingga menjelang pagi. Di dalam kamar pun telah disediakan satu kasur kecil, 2 bantal dan selimut serta beberapa peralatan makan.

Jangan khawatir untik soal makan dan kamar mandi yang memang tidak disediakan dekat kamar, karena dengan mengeluarkan uang Rp300.000 untuk weekday dan Rp450.000 untuk weekend, Anda bisa bermalam di Omah Kayu dan mendapatkan sarapan dan fasilitas mandi air hangat. Dan serunya lagi, sebelum pulang, Anda akan mendapat 2 bibit pohon yang wajib ditanam untuk menjaga kelestarian alam. Anda diminta memberikan bibit pohon tersebut nama yang akan abadi 5 hingga 10 tahun ke depan. Tapi tenang saja bagi Anda yang ingin menikmati Omah Kayu untuk beberapa menit atau jam saja tanpa menginap, Anda cukup menyiapkan uang Rp5.000 untuk masuk ke kawasan Omah Kayu ini.

5. Rumah Pohon Pabangbon

Walaupun letaknya yang berada lumayan jauh dari pusat kota Bogor, yakni di Desa Pabangbon, Kecamatan Leuwiliang, rumah pohon satu ini worth it untuk kamu datangi. Bagi kamu yang memang hobi fotografi, rasanya tempat ini sangat pas karena memiliki banyak spot indah dan menarik. Berupa gardu pandang yang bertumpu pada pohon cukup besar, perbukitan hijau serta semilir angin sepoi-sepoi akan menemani kamu di sini. Tempat ini sangat cocok untuk bersantai, dan kamu pun bisa sambil hammocking. Banyaknya pohon pinus di area ini semakin menjadikan Pabangbon memiliki udara yang sejuk serta pemandangan indah untuk berfoto ria.

Mata kamu pun akan dimanjakan oleh jajaran pepohonan hijau dengan udara yang masih sejuk jauh dari polusi. Feed instagram kamu juga dijamin akan semakin kece jika fotomu diambil dari tempat ini. Rumah pohon Pabangbon sangatlah cocok jadi tujuan untuk menghabiskan waktu di akhir minggu. Lupakan sejenak rutinitas kamu dan pergilah mencari sesuatu yang bisa menyejukan mata serta mendamaikan pikiran. Hanya dengan membayar Rp 5.000 saja kamu sudah bisa mengeksplorasi tempat wisata Pabangbon. Murah dan indah, tunggu apa lagi?

1115

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here