Aturan Bikin Bingung

Sebagai seorang wisatawan yang sedang liburan ke sebuah negara, kamu harus menaati peraturan yang berlaku di sana. Menaati peraturan setempat adalah salah satu wujud menghargai perbedaan budaya dan juga menghindari diri kamu terlibat masalah serius dengan pihak berwenang. Namun ada beberapa aturan yang bisa bikin kamu bingung. Yuk simak 7 aturan di luar negeri berikut ini yang bisa bikin kamu bingung!

  1. Memegang bir di Thailand sambil selfie

Di beberapa negara, mengambil foto selfie sambil memegang bir adalah hal yang biasa-biasa saja. Tapi lain cerita jika kamu melakukannya di Thailand. Mengambil foto selfie sambil memegang bir di Thailand kemudian mengunggahnya ke media sosial adalah sebuah pelanggaran.

Barang siapa yang ketahuan melakukannya maka akan dikenai denda sebesar 6 ribu USD atau hukuman satu tahun penjara. Aturan ini mulai diberlakukan sejak ada Undang-undang Pengendalian Minuman Beralkohol.

Para polisi setempat cukup gencar dan gesit untuk memantau media sosial, tidak peduli pelakunya apakah masyarakat lokal atau wisatawan mancanegara pasti akan segera ditindak tegas. Tidak main-main, buktinya sudah ada beberapa artis, penduduk lokal, dan wisatawan yang tertangkap dan dikenai denda. Aturan selfie ini juga berlaku untuk minuman beralkohol lainnya.

  1. Menggunakan tongsis di Milan

Larangan Menggunakan Tongsis
Larangan menggunakan tongsis di Milan

Zaman sekarang semua orang ingin selalu eksis dengan berfoto di berbagai tempat wisata. Untuk mendapatkan angle foto yang bagus, beberapa orang menggunakan bantuan tongsis alias tongkat narsis.

Sayangnya jika berlibur ke Milan, kamu harus menyimpan tongsis di rumah. Pasalnya pemerintah setempat melarang penggunaan tongsis. Aturan ini dibuat karena pernah ada kasus di mana penggunaan tongsis sering melukai orang dan juga merusak karya seni bernilai tinggi yang ada di sana.

  1. Memasang gembok cinta di Jembatan Brooklyn, New York

Di beberapa negara, termasuk Indonesia, spot gembok cinta adalah spot yang disukai oleh para pasangan kekasih. Di sana mereka bisa memasang gembok sebagai simbol cinta yang abadi.

Kalau kamu pernah melihat spot gembok cinta di Namsan Tower, Seoul, di sana terlihat ada banyak gembok warna-warni. Lain halnya dengan Jembatan Brooklyn yang bersih dari satupun gembok cinta karena memang dilarang. Jadi kalau kamu sedang liburan ke sana, jangan coba-coba memasang gembok cinta karena bisa dikenai denda sebesar 100 USD.

  1. Membawa alkohol ke Maldives

Aturan berikutnya adalah membawa alkohol ke Maldives. Aturan yang satu ini sebenarnya tidak terlalu aneh karena mayoritas penduduk Maldives adalah penganut agama Islam yang tidak mengonsumsi alkohol.

Namun, sebagai salah satu destinasi wisata populer di kalangan wisatawan mancanegara rasanya tidak mungkin jika tidak menyediakan minuman beralkohol karena hal ini bisa menjadi sumber pemasukan negara yang lumayan.

Kamu tetap bisa menikmati minuman beralkohol di sejumlah resort yang memiliki lisensi khusus. Jangan coba-coba untuk membawa minuman beralkohol sendiri dari luar karena bisa disita oleh pihak berwenang.

  1. Memakai pakaian renang di luar area pantai di Barcelona

Ketika mendengar peraturan ini, kamu pasti akan berpikir untuk apa juga menggunakan pakaian renang jika berada di luar area pantai? Namun begitulah peraturan yang berlaku di Barcelona dan harus dipatuhi oleh semua pengunjung.

Gunakanlah pakaian renang ketika berada di pantai, kemudian gantilah pakaian biasa ketika kamu sudah usai bermain dan meninggalkan area pantai. Orang yang menggunakan pakaian renang di luar area pantai atau pun menggunakan baju minim akan dikenai denda sebesar 300 USD.

  1. Memberi makan burung di Venice

Larangan Memberi Makan
Larangan Memberi Makan Burung di Venice

Saat berkunjung ke Venice, tepatnya di Piazza San Marco atau La Piazza, kamu akan menemukan kerumunan burung liar yang sedang mencari makan. Kalau sudah melihat kerumunan burung ini, kamu pasti tergoda untuk memberi makan dan berfoto bersama burung-burung tersebut berhubung di Indonesia jarang ada momen seperti ini.

Tapi sayangnya kamu harus mengurungkan niat tersebut karena di Venice, para pengunjung dilarang memberi makan kepada burung-burung ini. Jika ketahuan maka akan dikenai denda sebesar 80 USD.

  1. Menghabiskan bensin di Autobahn, Jerman

Aturan berikutnya yang akan membuatmu bingung adalah dilarang kehabisan bensin ketika berada di Autobahn, Jerman. Kehabisan bensin di tengah jalan memang selalu dihindari oleh orang-orang, namun di Jerman ini kalau kamu kehabisan bensin maka akan dikenai denda hingga 100 USD.

Alasannya adalah karena jalan raya di kawasan ini selalu dilewati oleh kendaraan berkecepatan tinggi. Kalau kehabisan bensin, maka mobilmu akan mengganggu laju kendaraan lain bahkan menyebabkan kecelakaan.

Sekarang kamu sudah tahu 7 aturan yang harus dipatuhi selagi berada di luar negeri, jangan sampai melanggarnya dan dikenai denda ya!

161

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here