Anti Repot di Bandara

Cukup repot untuk berlibur menggunakan pesawat terutama bagi yang pertama kali menggunakan. terutama untuk kamu yang baru pertama kali menggunakannya. Seluruh aktivitas di dalam bandara dilakukan berdasarkan sejumlah peraturan dan ada banyak istilah dalam bahasa Inggris yang akan membuatmu semakin repot. Oleh karena itu, kali ini kami akan membagikan beberapa tips anti repot yang perlu kamu terapkan selama di bandara!

  1. Ketahui dulu kode bandara tujuan

Kode Bandara
Kode Bandara Tujuan

Seluruh bandara di dunia memiliki kode masing-masing berdasarkan daerahnya. Kode ini berupa 3 huruf dari singkatan nama daerah. Misalnya saja Bandara Soekarno Hatta yang ada di Cengkareng diberi kode CGK dan Bandara Kualanamu di Medan diberi kode KNO.

Jika kota tujuanmu memiliki lebih dari satu bandara, perhatikan kode bandara saat membeli tiket pesawat. Jangan sampai kamu membeli tiket pesawat menuju bandara yang lokasinya jauh dari kawasan tujuan utama. Agar tidak keliru, cobalah mencari informasi di internet mengenai daftar kode ini dan teliti membaca lokasi bandara keberangkatan atau tujuan selagi membeli tiket pesawat.

  1. Mengemas barang yang paling dibutuhkan saja

Pergi menggunakan pesawat berarti kamu harus menjaga berat koper. Agar tidak melebihi batas maksimal, pastikan hanya mengemas barang yang paling dibutuhkan saja untuk liburan.

Beberapa di antaranya yang penting adalah pakaian, perlengkapan mandi jika penginapan tidak menyediakannya, gadget, kabel charge gadget, dan sebagainya. Untuk pakaian, bawa yang sesuai dengan musim di kota tujuan agar bisa beraktivitas dengan nyaman. Hindari membawa banyak pakaian dan sepatu, cukup membawa beberapa barang fashion berwarna netral agar mudah dikombinasikan.

  1. Cukup membawa satu koper dan tas kecil

Agar lebih ringkas, sebaiknya kamu membawa pakaian dalam koper dan dokumen-dokumen dalam tas kecil. Untuk koper, pilihlah yang ukuran sedang agar bisa muat di dalam kabin. Dengan demikian, kamu tidak perlu repot mengantri bagasi seturunnya dari pesawat karena bisa memakan waktu yang cukup lama.

Dokumen-dokumen penting seperti paspor, KTP, kartu kredit, uang, dan sebagainya diletakkan di dalam tas kecil agar kamu lebih mudah menjaganya dari tangan orang jahat. Selain itu, kamu pun akan jadi lebih mudah mencari dokumen tersebut ketika membutuhkannya.

  1. Beri tanda unik pada koper

Hampir seluruh penumpang pesawat membawa koper ketika bepergian. Kalau sudah dijejerkan di atas conveyor belt, kamu akan kesulitan menemukan koper sendiri di antara puluhan bahkan ratusan koper lain. Terlebih lagi jika kopermu berwarna hitam dan memiliki bentuk yang standar.

Oleh karena itu, kamu harus memberikan tanda unik pada koper. Beberapa tanda ini bisa berupa luggage tag yang besar dan mencolok, pita berwarna terang, aneka stiker, atau sarung koper yang bermotif cantik. Kalau sudah diberi tanda, kamu akan lebih mudah mengenali koper di antara koper lain dan orang lain pun tidak akan keliru mengambil punyamu juga.

  1. Gunakan koper roda empat

Ketika berada di bandara, kamu harus melakukan check in, melalui imigrasi bahkan berjalan ke gate keberangkatan yang jaraknya cukup jauh. Kalau kamu bisa mendapatkan troli akan lebih mudah, namun jika tidak kebagian troli maka kamu harus mendorong koper selama berjalan di bandara.

Agar lebih terasa ringan, gunakan koper yang memiliki empat roda. Koper roda empat ini juga lebih mudah untuk dikendalikan saat hendak berbelok atau mendahului orang lain. Sedangkan koper roda dua akan terasa lebih berat ketika ditarik dan susah dibelokkan, hati – hati agar orang di sekitarmu  tidak tertabrak kopermu.

  1. Tidak menggunakan perhiasan dan aksesoris berlebihan

Semua orang pasti ingin tampil gaya dan terlihat keren selagi liburan. Tapi ketika kamu masih ada di bandara, sebaiknya kurung niat untuk menggunakan perhiasan dan aksesoris berlebihan. Pasalnya kamu harus melewati sejumlah pemeriksaan.

Pada saat pemeriksaan ini, kamu harus melepaskan semua aksesoris yang menempel di badan terutama yang berbahan logam seperti jam tangan, ban pinggang, kalung, gelang, bahkan sepatu yang memiliki hiasan logam. Kebayang kan seperti apa repotnya jika harus melepas aksesoris ini satu per satu saat pemeriksaan nanti? Belum lagi jika antriannya sedang panjang atau kamu hampir terlambat untuk naik pesawat.

  1. Bawalah headphone sendiri

Bawa headphone
Bawa headphone sendiri

Beberapa pesawat ada yang menyediakan layar hiburan untuk semua penumpangnya. Biasanya akan ada banyak film yang bisa ditonton selama penerbangan. Suara dari film dapat didengarkan melalui headphone yang disediakan di pesawat.

Meski sudah dibungkus dan terlihat seperti baru, nyatanya headphone ini termasuk sebagai salah satu benda terkotor di pesawat. Oleh karena itu, sebaiknya kamu membawa headphone sendiri supaya lebih bersih.

Ternyata tidak sulit ya untuk anti repot di bandara? Selamat mencobanya 🙂

73

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here