Sumber: Lentera Jogja

Salah satu kriteria wajib sebuah tempat wisata jaman sekarang adalah Instagramable. Biasanya wisatawan yang mengincar tempat wisata Instagramable ini adalah anak muda atau para pecinta fotografi.

Saat kamu berada di Yogyakarta, ada banyak spot jadul alias bangunan peninggalan sejarah seperti candi atau bangunan pemerintahan. Penasaran dengan spot jadul nan Instagramable yang ada di sana? Coba simak dulu daftarnya berikut ini!

Plengkung Wijilan

Sumber: Wisata di Jogja

Plengkung Wijilan yang bernama asli Plengkungan Trunasura adalah sebuah gerbang benteng yang berada di ruas Jalan Wijilan, sebelah timur Keraton Yogyakarta. Salah satu bangunan peninggalan sejarah ini masih cukup terawat hingga saat ini. Dindingnya berwarna putih dengan ukiran sederhana di bagian atasnya.

Pada malam hari, gerbang benteng ini dihiasi dengan cahaya lampu yang membuatnya semakin cantik. Mau berfoto di siang atau malam hari, sama kerennya!

Lokasinya ada di Jalan Wijilan, Panembahan, Kraton Yogyakarta dan bisa kamu kunjungi selama 24 jam.

Masjid Gedhe Mataram Kotagede

Masjid Gedhe Mataram Kotagede adalah masjid tertua yang ada di Yogyakarta. Rumah ibadah ini sudah berdiri sejak tahun 1800-an. Arsitekturnya sangat menarik karena tidak seperti bangunan masjid pada umumnya yang memiliki kubah. Masjid dari bebatuan ini masih kental dengan ornamen arsitektur khas Hindu dan Budha.

Lokasinya tidak jauh dari makam raja-raja Mataram Imogiri dan pemukiman tradisional sehingga kamu bisa sekalian hunting foto ke daerah di sekitarnya. Kawasan tersebut sangat antik karena bangunan-bangunannya bergaya abad ke 16.

Jika kamu ingin ke sini, catatlah alamatnya di Jalan Masjid Mataram, Desa Jagalan, Banguntapa, Bantul. Tiket masuknya gratis, kamu hanya perlu mengeluarkan uang untuk parkir kendaraan saja.

Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg atau yang biasa disebut dengan nama Loji Gede oleh warga setempat, merupakan bangunan peninggalan Belanda yang paling tua di kawasan Titik Nol Kilometer.

Sebelum diubah menjadi museum, kawasan ini dulunya adalah sebuah benteng pertahanan Belanda. Di sini kamu bisa mendapatkan foto arsitektur khas Eropa jadul. Di sini juga ada sebuah kafe yang bisa pengunjung manfaatkan untuk mengisi perut setelah puas berkeliling benteng.

Lokasi Museum Benteng Vredeburg ini ada di Jalan Margo Mulyo nomor 6, Ngupasan, Gondomanan. Spot Instagramable ini buka setiap hari Selasa hingga Minggu pukul 7:30 hingga 16:00 WIB. Tiket masuknya hanya 2 ribu rupiah.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata di Hutan Pinus Mangunan Ini Wajib Dikunjungi!

Pabrik Gula Madukismo

Sumber: Prima BJM

Mau hunting foto sekalian ber-agrowisata? Pilihan yang cocok untukmu adalah kunjungan ke Pabrik Gula Madukismo yang masih aktif beroperasi. Di sini para pengunjung akan diajak untuk melihat proses pembuatan gula sambil berkeliling area pabrik menggunakan kereta api jadul.

Kalau terlalu malas mengikuti program kunjungan karena hanya tertarik hunting foto, kamu bisa juga berkeliling sendiri di sini. Pabrik gula yang sudah berumur puluhan tahun ini akan membawamu menembus waktu ke masa-masa awal revolusi industri di Jawa.

Lokasinya ada di Tromol Pos 49 Padokan, Desa Tirtonirmolo, Bantul dan buka dari jam 8:00 hingga 12:00 WIB. Harga tiketnya sekitar 7 ribu rupiah per orang dengan minimal peserta 40 orang.

Taman Sari Yogyakarta

Kalau spot jadul yang satu ini pasti sudah banyak diketahui oleh para wisatawan yaitu Taman Sari Yogyakarta. Taman Sari Yogyakarta ini dibangun atas permintaan Sri sultan Hamengku Buwono I untuk digunakan sebagai tempat peristirahatan keluarga kesultanan.

Spot yang paling digemari oleh para pengunjung adalah kolam pemandian yang ada di bagian tengah. Namun karena arsitektur bangunan ini sangat cantik dank has Jawa, rasanya setiap sudut di Taman Sari ini sangat worth it.

Lokasinya ada di Komplek Wisata Taman Sari, Jalan Taman, Patehan, Kraton. Spot jadul yang satu ini buka pada pukul 9:00 hingga 15:00 WIB. Tiket masuknya hanya 5 ribu rupiah.

Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo adalah salah satu museum yang memiliki banyak koleksi seputar peradaban Jawa. Di antaranya ada koleksi geologi, biologi, etnografi, arkeologi, historika, numismatika, filologika, keramologika, senirupa, dan tehnologi.

Tidak hanya koleksinya yang menarik, bangunan Museum Sonobudoyo ini juga memiliki halaman yang terdapat sebuah replika gerbang pura khas Bali. Bangunan museum ini sendiri berupa rumah joglo yang dibuat oleh arsitek asal Belanda. Penasaran dengan benda koleksi dari museum ini? Langsung saja mengunjunginya di Jalan Pangurakan nomor 6, Ngupasan, Gondomanan. Harga tiketnya berkisar pada 2 ribu hingga 20 ribu rupiah.

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Spot jadul yang tidak boleh dilewatkan adalah Keraton Ngayogyakarta Hadinigrat. Spot jadul nan Instagramable yang bisa kamu temukan di sini adalah arsitektur bangunan, pertunjukan kesenian, dan aneka koleksi pajangan.

Lokasinya ada di Jalan Rotowijayan Blok nomor 1, Panembahan, Kraton. Harga tiket masuknya hanya 5 ribu rupiah per orang.

Berfoto sana-sini adalah hak kamu, tapi jangan lupa untuk tunaikan kewajibanmu dengan menjaga sikap dan kelestarian spot jadul tersebut. Selamat hunting foto!

738

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here