Sumber: Jak Sabe Wok Siat

Aceh adalah salah satu provinsi yang berada di bagian paling barat Indonesia. Potensi wisatanya cukup menarik, namun sayangnya sering terabaikan oleh wisatawan. Salah satu tempat wisata di Aceh yang menarik adalah Pulau Breueh. Keindahan alamnya masih sangat terjaga dan asri.

Penasaran dengan hal seru apa saja yang bisa kamu temukan di Pulau Breueh Aceh ini? Langsung saja simak daftarnya berikut ini!

Menaiki boat nelayan untuk menjelajah lautan

Untuk tiba di Pulau Breueh, kamu harus menyeberangi lautan menggunakan boat nelayan selama 2 jam. Letak Pulau Breueh ini memang agak terpencil, namun setibanya di sana rasa lelah akan terbayarkan. Dengan menggunakan boat nelayan yang minim fasilitas, kamu akan merasakan petualangan di tengah laut yang sesungguhnya. Sangat cocok untuk kamu yang berjiwa petualang.

Menikmati keindahan matahari terbit

Hal seru lainnya yang bisa kamu temukan di Pulau Breueh adalah menikmati keindahan matahari terbit. Untuk bisa menikmatinya, kamu perlu berangkat dari pukul setengah 4 pagi menggunakan boat nelayan lagi. Nuansanya tidak kalah mempesona dari pemandangan matahari terbenam. Dijamin kamu akan sangat bersyukur atas hari yang baru dan bisa menjalani hari dengan perasaan yang senang.

Desa Meulingge

Sumber: Analisa Daily

Desa Meulingge adalah sebuah wilayah di Pulau Breueh Aceh Besar yang mulai dikenal banyak orang berkat film dokumenter Pulo Aceh Surga yang Terabaikan. Kehidupan warga setempat sangat menarik untuk disimak. Pemandangan alamnya pun tidak kalah menarik. Dari film dokumenter karya Lamp On Aceh Community ini, kita bisa mengetahui kalau kebanyakan warganya tidak bisa membaca dan menulis. Jumlah anak yang putus sekolah pun cukup tinggi. Mungkin kamu tertarik untuk mengadakan kegiatan edukasi atau sosial di sana dan berbaur dengan warga setempat?

Dunia bawah Laut Meulingge

Keindahan alam bawah laut di Indonesia tidak perlu diragukan lagi, termasuk keindahan bawah Laut Meulingge. Di sini kamu bisa bermain bersama ikan-ikan cantik yang berenang dengan lincah serta terumbu karang yang indah.

Untuk tiba di kawasan Meulingge ini, kamu bisa melakukan perjalanan dari Banda Aceh menuju Pelabuhan Meulingge yang lama tempuhnya sekitar 3 jam menggunakan boat nelayan. Setelah itu perjalanan dilanjutkan menggunakan ojek menuju pantai.

Baca Juga: 10 Pulau Cantik Di Indonesia Ini Bisa Bikin Liburanmu Menyenangkan

Keramahan penduduk Pulau Breueh

Hampir sama dengan penduduk lainnya di sejumlah daerah di Indonesia, penduduk Pulau Breueh sangat ramah terhadap wisatawan. Mereka tidak akan segan untuk menawarkan bantuan kepada wisatawan yang membutuhkan.

Di Pulau Breueh tidak ada penginapan seperti hotel. Oleh karena itu, wisatawan yang ingin bermalam biasanya akan mendirikan tenda atau menumpang di rumah penduduk. Kalau kamu ingin mendirikan tenda, pastikan sudah mendapatkan ijin. Kalau kamu ingin menumpang di rumah penduduk, bersikaplah sopan dan santun karena mereka juga sudah membantumu.

Menikmati hidup tanpa gadget

Kamu masih ingat kan kalau Pulau Breueh ini lokasinya cukup terpencil. Wilayahnya terdiri atas perbukitan, hutan, dan pantai. Di sini tidak ada sinyal telepon atau pun internet. Untuk anak jaman sekarang rasanya tidak mungkin untuk lepas dari gadget meski hanya untuk beberapa jam saja. Setuju?

Namun, momen kunjungan ke Pulau Breueh ini bisa jadi momen yang tepat untuk kamu menikmati hidup tanpa gangguan gadget. Khusus untuk kamu yang sudah kecanduan gadget, boleh sekali ke sini untuk detoks dari gadget. Dijamin kamu akan menjadi lebih menghargai kebersamaan dengan teman seperjalanan dan pemandangan alam yang indah. Dan yang paling seru, kamu tidak akan dikejar oleh telepon dan email dari kantor!

Menikmati pemandangan matahari terbenam

Sumber: Pexels

Ada momen matahari terbit, ada juga momen matahari terbenam. Keduanya bisa kamu nikmati dari Pulau Breueh. Spot yang tepat untuk menikmati matahari terbenam adalah Pelabuhan Rinon. Spot ini dikelilingi oleh pegunungan dan air laut di sekitarnya sangat jernih. Dipadukan dengan langit senja berwarna kemerahan, momen ini jadi semakin sempurna!

Menikmati malam di bawah langit penuh bintang

Masih berada di Pulau Breueh setelah matahari terbenam? Kalau begitu jangan buru-buru pulang terlebih dahulu karena malam hari di sana begitu indah. Polusi cahaya yang sedikit membuat langit terlihat terang dengan jutaan bintang. Pemandangan seperti ini tidak akan bisa kamu temukan di tengah kota.

325

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here