Sumber: Terrace at Kuta

Salah satu cara untuk memperkenalkan suatu destinasi wisata ke khalayak umum adalah mempromosikan lewat sebuah film. Contohnya saja pada film Ada Apa Dengan Cinta 2 yang mengambil lokasi syuting di Yogyakarta. Tidak lama setelah film tersebut dirilis, sejumlah lokasi syuting seperti Gereja Ayam, kafe, dan sebagainya menjadi melejit. Begitu pula dengan film Laskar Pelangi yang membuat Belitung ramai dikunjungi wisatawan.

Contoh di atas adalah film produksi dalam negeri. Bagaimana dengan film Hollywood yang kelasnya sudah internasional? Ternyata ada banyak juga loh. Hayo, kira-kira kamu bisa menebak atau mengingatnya kembali tidak?

Pulau Mursala, Tapanuli – Film King Kong

Sumber: Radio Pemuda FM

Siapa sangka kalau film fenomenal King Kong melakukan syuting di Pulau Mursala, Tapanuli? Pemandangan di pulau ini masih cukup asri dan indah. Film yang bercerita tentang hubungan asmara antara king kong dan seorang gadis ini syuting di Pulau Mursala untuk adegan pertemuan king kong dan sejumlah warga yang ada di pulau tersebut.

Dalam film besutan Peter Jackson ini, Pulau Mursala dinamai sebagai Skull Island alias Pulau Tengkorak. Kalau kamu, sudah pernah mendengar nama pulau ini belum?

Hutan Mangrove, Kalimantan – Anaconda The Hunt of Blood Orchid

Film tentang reptile raksasa, Anaconda The Hunt of Blood Orchid ini mengambil lokasi syuting di Hutan Mangrove Kalimantan. Film karya Dwight H. ini bercerita tentang rombongan yang mencari bunga anggrek untuk membuat awet muda dan abadi.

Keindahan Hutan Mangrove Kalimantan ini direkam dengan sempurna. Liuk sungai dan pemandangan hutannya sangat memukau. Masih ragu? Coba deh tonton kembali filmnya.

Ubud, Bali – The Fall

The Fall adalah sebuah film yang dirilis pada tahun 2006 dan mengambil lokasi syuting di Ubud. Beberapa lokasi tersebut adalah hamparan sawah hijau pada adegan kejar-kejaran dan penampilan Tari Kecak di Ubud. Penampilan Tari Kecak sendiri dipimpin oleh seorang penari terkenal, I Ketut Rina. Konon, sang director film ini sangat terpesona dengan keindahan Ubud.

Bali – Eat, Pray, Love

Film Hollywood yang sangat meledak pada tahun 2010 ini dibintangi oleh Julia Roberts. Kamu pasti sudah pernah mendengar tentang film ini kan? Tidak hanya fokus pada satu tempat, film ini bahkan melakukan syuting di beberapa tempat di Bali sekaligus.

Bali dipilih menjadi lokasi syuting adegan di mana sang tokoh dalam film menemukan cinta barunya. Rasanya Bali semakin menjadi romantis saja ya berkat film ini.

Lautan Sumatera – Amphibious

Sebagai negara kepulauan dengan alam laut yang sangat mempesona, rasanya wajar saja jika laut Indonesia menjadi lokasi syuting film ternama. Salah satunya adalah Lautan Sumatera untuk film Amphibious yang dirilis pada tahun 2010 silam.

Film ini sendiri bercerita tentang binatang amfibi raksasa yang mengganggu ketenangan penduduk di tengah kota. Tidak hanya menjadikan Indonesia sebagai lokasi syuting, film ini bahkan melibatkan masyarakat setempat saat syuting.

Pulau Moyo, Nusa Tenggara Barat – The Savage

Sumber: Twitter

Film Hollywood The Savage yang dirilis pada tahun 2012 dan dibintangi oleh Jhon Travolta, Salma Hayek, dan Blake Lively ini mengambil lokasi syuting di Pulau Moyo, Nusa Tenggara Barat. Luas pulau ini hanya 349 kilometer persegi namun ada banyak objek indah yang bisa dikunjungi seperti pantai bersih berpasir putih, air terjun yang pernah disinggahi Putri Diana, hingga Istana Kesultanan Sumbawa.

Bali – Alex Cross

Daya pikat Bali bagi masyarakat dunia tampaknya tidak akan pernah ada habisnya. Hal ini terbukti dari banyaknya film berkelas internasional yang melakukan syuting di sini. Film Hollywood berikutnya adalah Alex Cross. Film tentang detektif yang dirilis pada tahun 2012 ini dibintangi oleh Tyler Perry, Matthew Fox, Edward Burns, Rahel Nichols, dan Jean Reno. Kawasan yang dipilih adalah Karangasem dan Nusa Lembongan. Kawasan ini terlihat sangat cantik dalam film tersebut.

Baca Juga: 6 Tempat Wisata Ini Terkenal Berkat Film

Indonesia – The Philosophers

Film The Philosophers yang dibintangi oleh Cinta Laura ini tidak hanya mengambil 1 lokasi syuting di Indonesia, melainkan banyak. Di antaranya ada Pulau Belitung, Sumatera, Bromo, Candi Prambanan, dan Jakarta. Film ini mengisahkan sekelompok remaja yang bertemu dalam kelas filosofi di sekolah internasional Jakarta. Sangat membantu promosi wisata Indonesia di mata dunia nih.

Yogyakarta – Java Heat

Dari namanya saja kamu pasti sudah tahu kalau lokasinya berada di Jawa tepatnya di Yogyakarta. Latar belakang yang diambil adalah Candi Borobudur. Dalam film ini juga ditampilkan adegan pelepasan 1000 lampion pada perayaan Waisak. Tidak sampai di situ saja, film Java Heat juga melibatkan aktor dalam negeri seperti Ario Bayu dan Atikah Hasiholan.

Semoga dengan film-film berkelas internasional yang syuting di Indonesia ini, nama Indonesia semakin dikenal dan angka wisatawan semakin meningkat ya!

994

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here